CASN 2024 Buka 2,3 Juta Formasi, Pemkot Balam Data Kebutuhan di OPD

Persiapkan diri sembari menunggu pengumuman selanjutnya

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Bandar Lampung akan mengajukan beberapa formasi teknis di lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung pada pembukaan CASN 2024.
  • Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan pembukaan 2,3 juta formasi ASN terdiri dari CPNS dan PPPK, termasuk tenaga teknis.
  • Pihak BKD melakukan pendataan formasi yang dibutuhkan oleh OPD-OPD pemkot sambil menunggu arahan Kemenpan RB terkait rekrutmen CASN 2024.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung akan mengajukan beberapa formasi teknis di lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung pada pembukaan CASN 2024.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandar Lampung, Herliwaty ketika diwawancarai dikantornya, Selasa (9/1/2024).

“Kemungkinan besar kita akan buka lowongan (CASN) tahun ini. Saya belum bisa pastikan karena hal itu perlu kita data dulu dari OPD-OPD yang memang membutuhkan tenaga teknis,” katanya.

1. Pemerintah Indonesia kembali membuka lowongan ASN sebanyak 2,3 juta formasi

CASN 2024 Buka 2,3 Juta Formasi, Pemkot Balam Data Kebutuhan di OPDIlustrasi ASN di Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Diketahui pada 5 Januari 2024, Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengumuman melalui siaran pers Pemerintah Indonesia akan membuka formasi CASN di Tahun 2024. Tak tanggung-tanggung, pemerintah akan membuka sebanyak 2,3 juta formasi ASN terdiri dari CPNS dan PPPK.

Tak seperti pembukaan PPPK sebelumnya, kali ini tak hanya tenaga kesehatan dan guru, pemerintah juga berencana akan membuka lowongan tenaga teknis. Meski demikian, Herliwaty mengaku pihaknya masih akan terus memantau perkembangan juklak juknis pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 tersebut.

2. Tenaga diperlukan OPD akan diusulkan segera ke pusat

CASN 2024 Buka 2,3 Juta Formasi, Pemkot Balam Data Kebutuhan di OPDKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sembari menunggu arahan dari Kemenpan RB terkait peraturan maupun juklak juknis pelaksanaan rekrutmen CASN 2024, Herliwaty mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pendataan di OPD-OPD pemkot.

“Makanya kita juga belum tahu jumlah formasi (pemkot) berapa karena kita juga masih menunggu arahan Kemenpan RB. Jadi selama kita menunggu kita akan lakukan pendataan dulu saja,” ujar Herliwaty. 

Oleh karenanya, ia berharap seluruh OPD di Bandar Lampung bisa dengan cermat menentukan tenaga teknis apa yang dibutuhkan oleh OPD-nya. Itu agar BKD bisa mengusulkannya ke pusat.

3. Sembari menunggu pengumuman selanjutnya, persiapkan diri dengan baik

CASN 2024 Buka 2,3 Juta Formasi, Pemkot Balam Data Kebutuhan di OPDKepala BKD Kota Bandar Lampung, Herliwaty. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Herliwaty mengatakan, cukup senang dengan pembukaan CASN 2024 ini. Ia berharap direkrutmen kali ini juga akan lebih banyak talenta muda dan terbaik lolos sehingga bisa mengabdi kepada negara dan masyarakat dengan baik.  

“Semoga selain kesehatan dan guru/dosen, di tahun ini kita juga ada kuota tenaga teknis. Kita doakan saja. Karena teknis memang diperlukan juga. Misalnya di dinas perindustrian bisa saja membutuhkan tenaga IT, atau bagian hukum misalnya butuh tenaga ahli,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat khususnya para pencari kerja untuk tetap bersabar dan mempersiapkan diri sembari menunggu pengumuman CASN 2024 berikutnya. “Siapkan diri saja, misalnya dengan belajar. Karena sudah diumumkan oleh Pak Presiden. Jadi tunggu dan pantau saja terus perkembangannya,” kata Herliwaty

Baca Juga: SDB, Sekolah Disabilitas Negeri Pertama di Lampung Mulai Beroperasi

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya