Batal Beroperasi 2024 Pembangunan Mall Pelayanan Publik Ada 3 Tahap

Anggaran tahap ketiga Rp20 miliar dengan APBD

Bandar Lampung, IDN Times - Tahap dua selesai 31 Desember 2023 mendatang, Mall Pelayanan Publik Kota Bandar Lampung masih belum dapat digunakan karena akan dilanjutkan ke tahap ketiga. 

Hal ini disampaikanSekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan pada IDN Times, Rabu (25/10/2023). Ia mengatakan, Mall Pelayanan Publik masih belum bisa digunakan pada awal 2024 karena masih pada tahap pembangunan.

“Gedung Mall Layanan Publik itu total ada tiga tahap. Yang tahap dua ini selesai akhir Desember 2023 nanti dan kita akan mulai tahap ketiga di 2024,” katanya.

Baca Juga: Bara Api Padam, Tim Pergoki Ada Upaya Pembakaran Kembali TPA Bakung

1. Proges tahap dua Mall Pelayanan Publik sudah 80 persen

Batal Beroperasi 2024 Pembangunan Mall Pelayanan Publik Ada 3 TahapMall Pelayanan Publik Bandar Lampung. (Dinas PU Bandar Lampung)

Iwan mengatakan, progres pembangunan tahap kedua Mall Layanan Publik sudah mencapai 80 persen. Hal ini juga terlihat dari pembangunan fisik luar, hampir semua dinding luar gedung sudah di tahap finishing.

“Kalau tahap kedua ini sudah 80 persen. Kita pakai APBD juga di 2023 waktu itu kita anggarkan Rp20 miliar,” katanya.

Pada pembangunan tahap satu, anggaran pemerintah untuk membuat Mall Layanan Publik ini adalah Rp35 miliar dengan anggaran dari pusat yakni dana PEN. Sedangkan tahap kedua atau di 2023, Kota Bandar Lampung sudah tak lagi mendapatkan dana PEN sehingga pembangunan lanjutannya menggunakan APBD yakni mencapai Rp20 miliar.

2. Anggaran tahap tiga juga mencapai Rp20 miliar

Batal Beroperasi 2024 Pembangunan Mall Pelayanan Publik Ada 3 TahapSekda Balam, Iwan Gunawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan menyebutkan, pembangunan di tahap ketiga ini pihaknya akan menganggarkan melalui dana APBD sebesar Rp20 miliar. Rencananya lelang akan dimulai pada awal 2024 agar pembangunan bisa segera dimulai.

”Tahap ketiga yang dibangun itu ya meneruskan pembangunan dari lima lantai ke atas, sama bagian dalam atau interiornya. Karena sampai tahap dua itu bagian dalam pembangunan baru sampai lantai 5,” ujarnya.

Sebelumnya, Mall Layanan Publik ini ditargetkan akan beroperasi di awal 2024 karena pembangunan tahap dua sudah selesai di akhir 2023. Nyatanya pembangunan tersebut dilanjutkan ke tahap ketiga sehingga waktu operasional mall tersebut juga akan diundur.

3. Apa itu Mall Layanan Publik?

Batal Beroperasi 2024 Pembangunan Mall Pelayanan Publik Ada 3 TahapKantor pelayanan disdukcapil Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui bangunan 10 lantai ini nantinya akan menampung semua bentuk pelayanan masyarakat di Kota Bandar Lampung mulai dari pembuatan dokumen kependudukan, SIM, paspor, urusan pajak, perizinan, pengurusan sertifikat tanah, kejaksaan, hingga lembaga bantuan hukum.

Semua lembaga pemerintahan, BUMD, hingga swasta nantinya akan memiliki ruang khusus di dalam mall pelayanan publik sehingga masyarakat tidak perlu repot mengurus beberapa dokumen karena bisa dilakukan dalam satu tempat.

Meski demikian, pelayanan publik di lembaga masing-masing juga masih tetap akan berjalan seperti biasanya. Sehingga Mall Layanan Publik ini hanya memudahkan masyarakat kalau mau mengurus banyak dokumen sekaligus.

Baca Juga: AKP Andri Kecewa Tak Diberi Penghargaan, Kapolda: Dia Tidak Ikhlas

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya