Bangun Infrastruktur Serentak, Pemkot Gelontor Rp200 Miliar!

Pembangunan akan berjalan akhir Februari atau awal Maret

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung akan perbaiki jalan dan infrastruktur kota secara serentak di awal 2023. Anggaran digelontorkan hingga Rp200 miliar, 

Hal ini disampaikan Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana ketika menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Bumi Waras, Senin (13/2/2023).

“Pembangunan jalan seluruh kecamatan Insya Allah kita targetkan di 2023 kelar. Bunda tadi bilang gak mau kalau (pembangunan dilakukan per kecamatan) tapi maunya serentak semua kecamatan dilakukan bersama-sama, jadi selesainya juga harus bareng-bareng,” katanya.

1. Pelaksanaan pembangunan jalan dan infrastruktur Februari-Maret

Bangun Infrastruktur Serentak, Pemkot Gelontor Rp200 Miliar!Eva Dwiana menghadiri salah satu Musrenbang Kecamatan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva mengatakan, pembangunan infrastruktur memang menjadi fokus utama Pemkot Bandar Lampung saat ini. Sehingga tak hanya cepat tapi pelaksanaannya juga harus tepat.

“Bunda tadi sudah jelaskan kepada semuanya Insya Allah kalau enggak akhir Februari ya awal Maret kita lakukan semua serentak dibangun di Bandar Lampung jadi bagus semua nanti,” imbuhnya.

Ia meminta semua OPD dan pamong desa untuk ikut serta berpartisipasi dan bersinergi dalam upaya pembangunan ini. Ia juga meminta masyarakat sekitar maklum jika nantinya di jalan-jalan ada perbaikan

Baca Juga: Hore! Koperasi Bandar Lampung Kini Bisa Pinjam Modal Bunga Nol Persen

2. Eva minta masyarakat jangan terprovokasi

Bangun Infrastruktur Serentak, Pemkot Gelontor Rp200 Miliar!Kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui musrenbang adalah forum semua aspirasi desa mulai dari kelurahan sampai kecamatan dikumpulkan baik itu kebutuhan pembangunan secara fisik maupun nonfisik dan nantinya akan disampaikan pada musrenbang tingkat daerah untuk disetujui realisasinya.

“Harapan bunda kumpulnya semua yang ada di sini bisa memberikan masukan dan saran dan juga menginformasikan kepada masyarakat yang ada di Kota Bandar Lampung kalau semuanya bisa terbangun dengan merata,” kata Eva.

Ia juga meminta masyarakat untuk mendukung kegiatan pembangunan dengan cara membuka peluang-peluang usaha di Bandar Lampung misalnya melalui UMKM maupun keramah tamahan di bidang jasa.

“Jadi orang senang ke Bandar Lampung. Di sini tambah ramai. Pokoknya kita harus tampilkan keramah tamahan kita. Jangan terprovokasi apapun dan jaga kekompakan persatuan. Kalau kompak Insya Allah semua pembangunan akan bagus,” ujarnya.

3. Pembangunan superblok dan JPO aestetik juga akan segera dilakukan

Bangun Infrastruktur Serentak, Pemkot Gelontor Rp200 Miliar!Masjid Agung Al-Furqon. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tak hanya pembangunan infrastruktur serentak, Eva melanjutkan, pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) aestetik penghubung pemkot dan Masjid Al-Furqon serta superblok akan segera ditinjau.

“Jembatan, hotel-hotel, ini juga nanti kita akan lihat keuangan daerah. Kalau jalan yang 200 miliar itu kan pakai APBD ya. Superblok itu dari investor, semua kita targetkan tahun ini doakan saja,” imbuhnya.

Sedangkan dana kelurahan yakni Rp200 juta, Eva menyampaikan alokasinya diperuntukan untuk kelurahan di antaranya kegiatan kemasyarakatan, misalnya siskamling, untuk membantu masjid atau mushola, rembuk kelurahan dan sebagainya.

4. Penggunaan dana seluruh lembaga akan didampingi BPKP

Bangun Infrastruktur Serentak, Pemkot Gelontor Rp200 Miliar!Ilustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Eva menambahkan, semua pelaksanaan pembangunan akan mendapat pendampingan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Pokoknya gak jadi masalah walau bukan diperuntukan pembangunan fisik dananya. Yang penting jangan salah dana dan penggunanya,” tambahnya,

Eva mengklaim, pendampingan BPKP ini dilakukan mulai dari lurah, camat, semua OPD, aparat kejari, dan kepolisian. Ia berharap, pembangunan kota dapat berjalan lancar dan hingga Bandar Lampung menjadi kota besar.

Baca Juga: Bandar Lampung Dapat Rp7,4 Miliar dari BKKBN Pusat, Buat Apa Saja?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya