Alhamdulillah! 304 PPPK Bandar Lampung Mendapatkan SK Mengajar

Akan ada pengangkatan PPPK untuk pegawai OPD Pemkot

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 304 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru SD dan SMP di Bandar Lampung mendapatkan SK mengajar, Kamis (27/7/2023).

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, ini kedua kalinya Pemkot Bandar Lampung menyerahkan SK guru di Bandar Lampung. Tahap pertama Juli 2022 lalu dan penyerahan tahun ini sebanyak 304 guru.

“Alhamdulillah kita mengangkat lagi guru PPPK yang ada di Bandar Lampung dan alhamdulillah Kota Bandar Lampung ini (jumlah PPPK 2023) terbanyak di seluruh provinsi,” katanya saat diwawancarai usai melakukan penyerahan SK di Gedung Semergou.

Baca Juga: Trakindo Customer Day, Dukung Infrastruktur dan Konstruksi Lampung

1. Pemkot berencana mengangkat pegawai kontrak Pemkot Bandar Lampung menjadi PPPK

Alhamdulillah! 304 PPPK Bandar Lampung Mendapatkan SK MengajarWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva berharap, PPPK ini nantinya bisa bekerja dengan baik dan semaksimal mungkin mendidik anak-anak muridnya sekolah-sekolah Bandar Lampung. 

“Ini Insya Allah kita juga akan angkat nih pegawai kontrak kita (pegawai pemkot) jadi PPPK. Harapan kita yang sudah lama mengabdi ini bisa diangkat,” ujarnya.

Sehingga dipembukaan PPPK berikutnya, Eva mengatakan akan memprioritaskan pegawai OPD yang sudah mengabdi selama 10-20 tahun atau yang sudah lanjut usia. “Soalnya kita dahulukan apa, nanti takutnya baru dilantik, setahun udah pensiun,” timpalnya.

2. Dua pegawai PPPK mengundurkan diri

Alhamdulillah! 304 PPPK Bandar Lampung Mendapatkan SK MengajarPPPK Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bandar Lampung, Herliwaty mengatakan sejatinya jumlah PPPK lolos ada 307 orang. Namun 2 orang mengundurkan diri dan 1 orang lainnya tidak ada formasi.

“Sehingga yang mendapatkan petikan SK ada 304 orang. Terkait alasan mengundurkan diri ini kami juga kurang tahu ya mungkin saja tidak boleh oleh suami dan lain-lain,” imbuhnya.

3. PPPK akan mendapatkan gaji pertama Agustus 2023

Alhamdulillah! 304 PPPK Bandar Lampung Mendapatkan SK MengajarIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Herliwaty mengatakan, guru PPPK ini nantinya akan mendapat gaji pertama Agustus 2023. Itu dikarenakan SPT-nya mulai Agustus. Sedangkan anggarannya berasal dari APBD Pemerintah Kota Bandar Lampung.

“Memang sempat gaji PPPK itu gajinya dari pusat tapi itu hanya beberapa bulan lalu selanjutnya pakai anggaran kita. Untuk gajinya per orang itu 3,3-3,5 juta jadi kalau dikalikan 304 itu satu kali gajian itu kita alokasikan sekitar 1 M,” jelasnya.

Sedangkan terkait pengangkatan PPPK di tingkat OPD pada pembukaan PPPK berikutnya, jumlah formasi akan ditentukan oleh BKN namun masih disesuaikan dengan kebutuhan OPD.

Baca Juga: Dekat dengan Masjid Al Bakrie, Angle's Wing Nihil Musik Hingar Bingar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya