Akibat ODGJ Bakar Sampah, Tiga Rumah di Bandar Lampung Terbakar

Kerugian mencapai Rp20 juta

Bandar Lampung, IDN Times - Akibat ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) membakar sampah, tiga rumah di Kelurahan Pesawahan, Telukbetung Selatan Bandar Lampung terbakar pada Senin (9/10/2023) dini hari.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pihaknya mendapat laporan kebakaran tersebut dari warga pada pukul 00.11 WIB. 

“Lokasi tepatnya ada di Gang KP. Muncang Jalan Laksamana Malahayati RT.021 Lingkungan dua, dekat SMAN 8 Bandar Lampung,” kata Anthoni ketika dihubungi IDN Times, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: 200 Hektare Lahan TNWK Terbakar, Pengelola Cemas Muncul Lagi Hot Spot

1. Salah satu rumah dihuni oleh keluarga

Akibat ODGJ Bakar Sampah, Tiga Rumah di Bandar Lampung TerbakarKebakaran oleh ODGJ di Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Anthoni mengatakan, rumah-rumah tersebut milik Agus Setiawan, Jimi Tri Harsono, dan Hartono. Pokok terbakar adalah rumah di bagian dapur seluas 7x3 meter di salah satu rumah, dan dua rumah lainnya hanya terbakar di bagian lisplang rumah dengan luas 3x1 meter.

“Rumah Pak Agus Setiawan yang terbakar di bagian dapurnya. Di rumah itu dihuni oleh Bapak Atalik. Satu keluarga ada 4 orang. Sedangkan dua rumah milik Pak Jimi Tri Harsono dan Hartono tidak dihuni oleh siapapun atau rumah kosong,” katanya.

Tim pemadam kebakaran berhasil memadamkan api pada pukul 01.28 WIB. Anthoni menyebut meski rumah Agus Setiawan dihuni keluarga, namun tidak ada korban dalam peristiwa ini.

2. Kronologi dan kerugian korban

Akibat ODGJ Bakar Sampah, Tiga Rumah di Bandar Lampung TerbakarKebakaran oleh ODGJ di Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Anthoni menjelaskan, kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula ketika seorang ODGJ membakar sampah di sekitar rumah tersebut. Kemudian ketika api membesar, ODGJ tersebut pergi begitu saja meninggalkan kobaran api.

“Menurut pernyataan RT dan babinsa seperti itu. Setelah itu api semakin membesar dan warga segera melapor ke kami pada tengah malam tadi,” imbuhnya.

Anthoni mengatakan, peristiwa tersebut diperkirakan kerugian dari ketiga rumah tersebut mencapai Rp15 juta-Rp20 juta. Dalam proses pemadaman, tim menghabiskan sekitar 11 tangki air.

3. Tujuh mobil dikerahkan untuk memadamkan api

Akibat ODGJ Bakar Sampah, Tiga Rumah di Bandar Lampung TerbakarKebakaran oleh ODGJ di Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Sementara jumlah unit pemadaman, Anthoni menyebutkan pihaknya mengerahkan 7 unit mobil yakni Unit Mobil 010 Banteng 1 Mako Tendean, Unit Mobil 011 Banteng 2 Mako Tendean, dan Unit Mobil 020 Bukit Asam Mako Tendean.

“Empat unit dari pos siaga kecamatan yakni Unit Mobil Karba dari Pos Siaga Teluk Betung Selatan, Pos Siaga Bumi Waras, Pos Siaga Kedamaian, dan Pos Siaga Tanjung Karang Timur,” katanya.

Ia mengatakan, jika ingin melapor pemadam kebakaran Bandar Lampung bisa hubungi di nomor kontak 0721-252741, 0821-7522-9572, atau 0821-7522-9463.

Baca Juga: Pemkot Dituding Minta Kembali Uang Bantuan Kebakaran Warga?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya