16 Ribu Warga Bandar Lampung Belum Punya KTP, Kok Bisa?

Pemkot akan datangi sekolah untuk perekaman KTP pada pelajar

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung, Febriana mengatakan hingga pertengahan 2023 ini, ada sebanyak 16 ribu warga Bandar Lampung belum memiliki kartu tanda kependudukan (KTP).

Ia menyebutkan, sebanyak 16 ribu wajib KTP tapi belum memiliki KTP ini berasal dari rentang usia berbeda-beda termasuk pelajar sekolah yakni anak di usia 17 tahun ke atas.

“Maka kita berencana untuk menjemput bola sendiri dengan datang ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman E-KTP kepada siswa secara langsung,” katanya, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Ada 96 Kejadian Bencana Alam di Bandar Lampung hingga Pertengahan 2023

1. Pemkot targetkan Desember 2023 semua warga sudah punya KTP

16 Ribu Warga Bandar Lampung Belum Punya KTP, Kok Bisa?Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Febriana menjelaskan, jumlah wajib KTP di Bandar Lampung ada sebanyak 800 ribu orang dan sekitar 784 ribu orang sudah tercatat sebagai penduduk di Kota Bandar Lampung.

Meski begitu, Febriana optimistis pihaknya akan mendatangi secara langsung agar bisa menyelesaikan perekaman KTP ke semua wajib KTP Bandar Lampung hingga 31 Desember 2023.

“Kita targetkan sampai Desember 2023 bisa selesai semua. Tapi untuk saat ini kami memang akan fokus dulu untuk melakukan perekaman ke pelajar yang memang sudah bisa atau wajib memiliki KTP,” ujarnya.

2. Dari perekaman sampai KTP jadi akan diantar ke sekolah

16 Ribu Warga Bandar Lampung Belum Punya KTP, Kok Bisa?Ilustrasi perekaman KTP elektronik (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Febriana menyebutkan, pihaknya telah melakukan perekaman ke SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Setelah itu pihaknya akan mendatangi SMA lainnya agar siswa sekolah tak perlu datang lagi ke dukcapil.

Hal ini dikarenakan siswa SMA saat ini memiliki waktu jam sekolah cukup padat yakni dari pagi hingga sore, sehingga kemungkinan siswa SMA tersebut tidak memiliki waktu dan belum sempat untuk datang ke kantor dukcapil untuk perekaman E-KTP.

“Kita targetnya semua pelajar yang masuk usia wajib KTP yakni mulai 17 tahun tapi belum punya KTP. Nanti dari mulai perekaman sampai jadi KTPnya akan kita berikan juga,” jelasnya.

3. Punya KTP masyarakat bisa berobat gratis di faskes Bandar Lampung

16 Ribu Warga Bandar Lampung Belum Punya KTP, Kok Bisa?RSUD A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Selain itu, Febriana juga mengimbau bagi masyarakat belum melakukan perekaman KTP sebaiknya datang langsung ke kantor dukcapil karena KTP juga berfungsi sebagai kartu berobat gratis bagi masyarakat Bandar Lampung.

“Syarat untuk berobat gratis di faskes kita yakni seluruh puskesmas di Bandar Lampung dan RSUD Dadi itu kan kalau belum punya BPJS boleh pakai KTP. Intinya harus menunjukan kalau dia memang warga Bandar Lampung,” paparnya.

Selain itu, pada Agustus 2023 lalu, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan 13 rumah sakit swasta di Bandar Lampung untuk ikut mensukseskan program brobat gratis dengan KTP ini.

Sehingga tak hanya puskesmas dan RSUD A Dadi Tjokrodipo, tapi masyarakat juga sudah bisa berobat gratis di rumah sakit swasta meski tak memiliki BPJS.

Baca Juga: PKOR Way Halim, Tempat Wisata Kuliner Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya