14 Awak Bus di Terminal Rajabasa Tes Urine oleh BNN, Hasilnya?

BNN akan lakukan tes urine ke pool bus juga

Intinya Sih...

  • 14 pengemudi dan awak bus di Terminal Tipe A Rajabasa Bandar Lampung melakukan tes urine sebagai antisipasi keamanan dalam perjalanan mudik angleb 2024.
  • Tes urine dilakukan dua kali oleh BNN dan Kesehatan Polda Lampung, dengan hasil negatif dari 4 orang yang diuji.
  • Pihak BNN akan melakukan pengecekan urin di pool-pool bus untuk memastikan keselamatan perjalanan mudik.

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 14 pengemudi dan awak bus di Terminal Terminal Tipe A Rajabasa Bandar Lampung melakukan tes urine sebagai antisipasi keamanan dalam perjalanan mudik di angkutan lebaran (angleb) 2024.

Hal ini disampaikan Kepala Terminal Tipe A Rajabasa Bandar Lampung Marsusi kepada IDN Times, Jumat (5/4/2024). Ia mengatakan, tes urine ini dilakukan dua kali yakni 4-5 April 2024.

“Kemarin tes urine ini dilakukan oleh teman-teman BNN. Mereka melakukan uji sampling terhadap pengemudi dan awak bus di Terminal Rajabasa. Jadi karena mereka sifatnya bergerak dan tidak selalu berada di terminal maka tidak semua bisa dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik 2024 Bandara Radin Inten II Mencapai 4.800 Penumpang

1. Tes urine pada awak bus hasilnya negatif

14 Awak Bus di Terminal Rajabasa Tes Urine oleh BNN, Hasilnya?Terminal Bus Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Marsusi mengatakan, pengujian oleh BNN dilakukan secara sampling kepada empat orang dan hasilnya negatif. Sementara hari ini, tes urin dilaksanakan oleh Kesehatan Polda Lampung kepada sepuluh orang awak bus.

“Namun untuk yang hari ini kita belum terima hasil ujinya. Jadi nanti akan kami tanyakan ke pihak lapangan atau Polda Lampung untuk pemeriksaan ini,” ujarnya.

Marsusi mengatakan, dalam tes urine tersebut, variabel yang diuji di antaranya adalah ada tidaknya kandungan bahan narkotika dan alkohol dari minuman keras pada awak pengemudi.

2. BNN akan melakukan pemeriksaan urine pengemudi dan awak bus di pool bus

14 Awak Bus di Terminal Rajabasa Tes Urine oleh BNN, Hasilnya?Terminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Koordinator Lapangan Perizinan Terminal Tipe A Rajabasa Bandar Lampung, Andi Chandra menambahkan pihak BNN juga sempat mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan urin di pool bus juga.

“Karena di sini hanya sedikit yang diperiksa, BNN rencananya akan melakukan pengecekan urin di pool-pool bus. Katanya mereka juga sudah menyurati kepala pool untuk uji urin,” katanya.

Sandi salah satu kernet bus jurusan Kotabumi di Terminal Rajabasa mengaku belum tes urine di Terminal Rajabasa maupun di pool busnya.

“Enggak, saya belum tes. Kurang tahu juga kayaknya sopirnya saja yang dites. Saya cuma kernet saja,” katanya singkat.

3. Persiapan angleb 2024 dari segi fasilitas pokok dan penunjang

14 Awak Bus di Terminal Rajabasa Tes Urine oleh BNN, Hasilnya?Kepala Terminal Tipe A Rajabasa Marsusi. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Marsusi menyampaikan, Terminal Rajabasa juga mendapat kunjungan dari Ombudsman RI perwakilan Lampung untuk meninjau kesiapannya pada angleb 2024. Khususnya pada fasilitas pokok dan penunjang.

“Dan memang kita sudah siap dari segi konstruksi, penerangan dan fasilitas umum seperti kita siapkan ruang tunggu, kamar mandi. Lalu kita juga menyediakan tempat bermalam atau meningap bagi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan di malam hari terutama untuk perempuan, anak kecil, ibu hamil, orang tua, dan disabilitas,” paparnya.

Marsusi mengatakan, pihaknya telah menyediakan empat ruangan masing-masing lantainya sudah dilapisi ambal. Keempat ruangan ini pun selalu terisi penuh oleh penumpang.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Diberangkatkan Polda Lampung Mudik Gratis 2024 

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya