Warga Way Kanan Keluhkan Blank Spot Komunikasi, Kadiskominfo Beber Ini

Minim menara telekomunikasi?

Way Kanan, IDN Times - Warga sejumlah kampung di Kabupaten Way Kanan mengeluhkan blank spot. Imbasnya, warga kesulitan berkomunikasi melalui telepon seluler atau gawai lainnya.

Blank spot adalah kondisi suatu tempat tidak tersentuh atau tidak terlingkupi sinyal komunikasi untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital jaringan internet.

1. Hingga akhir 2021 ada 134 lokasi menara telekomunikasi

Warga Way Kanan Keluhkan Blank Spot Komunikasi, Kadiskominfo Beber IniTeknisi melakukan perawatan perangkat Base Transceiver Station milik XL Axiata (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Menanggapi keluhan masyarakat terkait blank spot, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan, Achmad Gantha, akan segera menindaklanjuti keluhan tersebut. Terdapat 134 lokasi menara telekomunikasi exsisting tersebar di berbagai daerah di wilayah setempat hingga akhir 2021 lalu.

“Memang dari data yang ada saat ini di Kecamatan Negeri Agung, baru terdapat lima menara telekomunikasi yang exsisting. Kita akan coba komunikasikan lagi dengan penyedia layanan telekomunikasi untuk mengatasi blank spot yang dikeluhkan masyarakat,” terangnya, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Hore! Porkab Way Kanan dan Festival Olahraga Tradisional Resmi Dibuka

2. Rumuskan cell pan menara baru

Warga Way Kanan Keluhkan Blank Spot Komunikasi, Kadiskominfo Beber IniIDN Times/Daruwaskita

Gantha mengatakan, Dinas Kominfo telah merumuskan cell plan menara baru di Kabupaten Way Kanan dengan potensi Potensi New Site 4G-1. Cell Plan Menara baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat telah kita rencanakan sebanyak 121 Menara Telekomunikasi.

"Dan ini akan kita segerakan. Sesegera mungkin kita komunikasikan dengan penyedia maupun instansi terkait, agar tidak ada lagi blank spot di kabupaten kita ini,” tegas pria pernah menjabat staf ahli bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik ini.

3. Pasang jaringan internet di kampung lewat Dana Desa

Warga Way Kanan Keluhkan Blank Spot Komunikasi, Kadiskominfo Beber IniAldio.mi

Kadis Kominfo menyatakan, selain rencana pembangunan menara baru sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam  Cell Plan,  untuk mengatasi blank spot Dinas Kominfo juga telah melakukan pendataan potensi Internet Masuk Desa.

“Kita sudah mendata dan mengusulkan juga beberapa tempat khususnya daerah atau kampung yang blank spot. Terkait adanya rencana pemasangan jaringan internet di kampung-kampung anggarannya lewat ADD,” katanya.

4. Ada 113 data blank spot dan low signal di Way Kanan

Warga Way Kanan Keluhkan Blank Spot Komunikasi, Kadiskominfo Beber Inide-yuan.com

Diketahui, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto saat memimpin Rapat Pembahasan Penanganan Desa Blank Spot Internet di Provinsi Lampung tahun lalu menyampaikan pada Musrenbangnas Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan selain akan dimulainya konektivitas 5G. Itu guna menghadapi kompetisi global yang semakin cepat.

Tercatat, masih terdapat 749 desa di Provinsi Lampung  belum terjangkau jaringan internet (Blank Spot). Dari total itu, 113 data blank spot dan low signal di Kabupaten Way Kanan.

Sekdaprov meminta agar pemerintah daerah segera menyusun langkah percepatan pembangunan infrastruktur Internet di desa/kampung. Pemerintah Kabupaten Way Kanan masih dalam proses pengusulan kepada provider/investor yang ditandatangani oleh Bupati Way Kanan melalui Dinas Kominfo dan Dinas PMK bekerjasama mendorong agar masyarakat dapat menikmati layanan Internet serta menyukseskan Program Smart Village.

Baca Juga: Satpam Perusahaan Swasta Way Kanan Perkosa hingga Hamil Anak Tiri

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya