Tiket Ferizy Bisa Hangus? Ini Kata ASDP Pelabuhan Bakauheni

ASDP siapkan tiga skenario hadapi arus balik lebaran 2023

Lampung Selatan, IDN Times - PT ASDP (Persero) Cabang Bakauheni menyiapkan tiga skenario hadapi arus balik lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Tiga skenario itu yakni, situasi normal, situasi padat dan situasi sangat padat.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni, Capt Rudi Sunarko menjelaskan, dalam skenario itu tentunya menyesuaikan dengan kapasitas kapal dan kapasitas area pelabuhan. Skenario itu diterapkan juga acuannya tiket online Ferizy dibeli pengguna jasa.

“Dari tiket itu kita dapat melihat kuota luas area pelabuhan dan kapasitas kapal. Bahkan di tiket juga tertera jam penyeberangan kapan, kuota per jam untuk (dermaga) reguler dan eksekutif,” paparnya kepada awak media, Selasa (25/4/2023).

1. Ini ketentuan tiket tidak hangus

Tiket Ferizy Bisa Hangus? Ini Kata ASDP Pelabuhan BakauheniPemesanan tiket ferizy. (IDN Times/Istimewa).

Disinggung antisipasi terjadi penumpukan kendaraan penumpang di area pelabuhan, Rudi mengatakan, secara prinsip seharusnya kondisi itu tidak terjadi. Terpenting kedisiplinan pengguna jasa dalam pembelian tiket dan kedatangan ke pelabiuhan.

“Yang datang ke pelabuhan itu pengguna jasa sudah punya tiket dan tahu kapan waktu keberangkatan. Jadi bisa menyesuakan keberangkatan dari sejak pergi dari rumah tiba di pelabuhan,” paparnya.

Dikonfirmasi ada tiket penumpang hangus dan akhirnya membeli kembali tiket baru, Rudi menyampaikan, sistem pembelian tiket di Ferizy ada informasi seputar jadwal keberangkatan kapal.

“Misal tiket (penyeberangan) jam 8, 2 jam sebelum (keberangkatan) dan sesudah jam 8 selama dalam waktu itu bisa diakomodir. Dan juga lihat situasi di area parkir seperti apa,” terang pria berkacamata ini.

Baca Juga: Menko PMK Dua Kali Sambangi Bakauheni Pantau Mudik, Begini Katanya

2. Kendaraan serobot masuk kapal, ASDP bilang dilakukan oknum

Tiket Ferizy Bisa Hangus? Ini Kata ASDP Pelabuhan BakauheniSuasana arus mudik Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Rabu (19/4/2023). (IDN Times Lampung/Martin L Tobing).

Rudi juga angkat bicara terkait kejadian penyerobotan antrean kendaraan hendak masuk dalam kapal, Senin (24/4/2023) sore. Ia menilai, protes disampaikan pemudik yang sudah mengantre lama lalu diserobot pemudik pemilik kendaraan lainnya benar terjadi.

Ditambah lagi, pemudik yang mengantre resmi menyatakan, kendaraan yang menyerobot ada pengawalan.  “Pengawalan itu (dilakukan) oknum, kondisi ini memang merugikan ASDP tapi diluar kebijakan kita,” tukasnya.

Rudi menyatakan, setelah pengguna jasa sudah membeli tiket dan diverifikasi petugas, seharusnya tak ada lagi pengawalan di area pelabuhan. Itu lantaran di area pelabuhan sudah menjadi tanggung jawab ASDP.

“Secara prinsip tiket itu resmi dan sesuai identitas, jam berapa masuknya, nopol dan sebagainya. Jika sudah masuk pintu masuk (pelabuhan) scan barcode. Jika gak sesuai, kendaraan akan diputar balik. Masuk ke pelabuhan tanggung jawab ASDP karena terkait asuransi dan sesuai manifest. ASDP menjaga itu. Diluar itu (pengawalan kendaraan) bukan kebijakan,” paparnya.

3. Terapkan delay system

Tiket Ferizy Bisa Hangus? Ini Kata ASDP Pelabuhan BakauheniPenampakan suasana Pelabuhan Bakauheni H-3 Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Rudi mengatakan, ada dua gelombang arus mudik yakni 25 April dan 30 April. Tapi adanya kebijakan dari pemerintah pemudik dapat menunda kepulangan ke tempat domisili guna mengantisipasi kepadatan kendaraan, ASDP juga mengantisipasi.

“Ada kebijakan dari pemerintah jangan pulang (tanggal) 24 dan 25, bisa diundur tanggal 26 atau 27. Itu kami antisipasi di tanggal-tanggal tersebut agar tak terjadi peningkatan signifikan. Juga diprediksi saat tanggal 1 Mei Hari Buruh mungkin masih terjadi arus balik di sini,” jelasnya.

Terkait penerapan rekayasa lalulintas delay system di area pelabuhan, Rudi mengatakan kondisi itu diterapkan apabila terjadi arus kendaraan padat. Untuk itu, pihaknya berkoodinasi dengan kepolisian dan pengendali pengawas pelabuhan. Tujuannya, memaksialkan area parkir timur, barat, dan tambahan parkir di dermaga satu.

“Jika parkir timur penuh, ke barat dan kendaraan terus diarahkan petugas berputar di area parkir hingga akhirnya bisa masuk ke kapal. Siapa datang duluan, akan masuk kapal duluan. Jadi gak bisa saling serobot,” katanya.

4. Data terkini arus balik di pelabuhan

Tiket Ferizy Bisa Hangus? Ini Kata ASDP Pelabuhan BakauheniPotret malam mudik H-3 Lebaran 2023/1444 Hijriah, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 12 jam (periode 25 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB) atau H+2, tercatat jumlah kapal beroperasi sebanyak 31 unit kapal. Realisasi total penumpang mencapai 76.450 orang atau naik 23 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 62.238 orang.

Tercatat, realisasi kendaraan roda dua telah menyeberang mencapai 8.977 unit atau naik 43 persen dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 6.280 unit. Kendaraan roda empat mencapai 9.027 unit atau naik 12 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 8.047 unit.

Sedangkan truk logistik telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 186 unit atau turun 15 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 219 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 18.346 unit telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H+2 atau naik 25 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 14.660 unit.

Sedangkan total penumpang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H+2 tercatat 629.312 orang atau naik 11 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 566.741 orang. Untuk total kendaraan telah menyeberang tercatat 127.138 unit atau naik 9 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 116.680 unit.

Baca Juga: Pemudik Protes Ada Mobil Serobot Masuk Kapal, Kapolres Minta Maaf

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya