Pemudik Protes Ada Mobil Serobot Masuk Kapal, Kapolres Minta Maaf

Kejadian di area Pelabuhan Bakauheni

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin meminta maaf kepada pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni. Itu terkait kejadian protes sejumlah pemudik kendaraan roda empat, Senin (25/4/2023) sore.

Saat kejadian kemarin sore, merujuk rekaman video diterima IDN Times, sejumlah pemudik protes lantaran tidak terima diserobot sejumlah kendaraan lain saat mengantre hendak masuk ke kapal di Pelabuhan Bakauheni.

Para pemudik yang protes itu menyatakan, mereka tidak terima antrean diserobot kendaran lain lantaran sudah lebih dulu mengantre lama. Tak ayal, pemudik protes itu meluapkan kekesalan kepada petugas berjaga di sekitar lokasi.

Baca Juga: Lokasi Rest Area JTTS Ruas Lampung Arus Mudik dan Balik Lebaran

1. Pemudik sudah antre empat jam, tiba-tiba diserobot mobil lain saat masuk kapal

Pemudik Protes Ada Mobil Serobot Masuk Kapal, Kapolres Minta MaafPenampakan suasana Pelabuhan Bakauheni H-3 Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Melihat kejadian tersebut, personel kepolisian mencoba menenangkan para pemudik itu. Namun para pemudik itu tetap meluapkan emosinya.

"Kalau mau ngomong di depan kamera, itu oknum pejabat yang masuk. Kami nunggu sudah lama loh Pak, empat jam," kata Adit, salah satu pemudik menyampaikan protes.

Adit mengklaim, pemudik kendaraan menyerobot kendaraan pemudik lainnya dikawal sejumlah sepeda motor. "Empat jam lebih kami tadi ngantre untuk bisa masuk ke kapal. Terus mendekati mobil saya masuk, itu ada tujuh mobil masuk ke dalam kapal dikawal pake motor. (mobil) Range Rover, Alphard, Innova tadi saya lihatnya," tukasnya.

Imbas kejadian tersebut, Adit dan sejumlah pemudik lainnya harus menunggu lebih lama untuk bisa naik ke kapal. Itu lantaran menunggu kapal lainnya bersandar di Pelabuhan Bakauheni.

2. Kapolres benarkan kejadian penyerobotan

Pemudik Protes Ada Mobil Serobot Masuk Kapal, Kapolres Minta MaafKapolres Lampung Selatan AKBP Edwin (kanan) dan Kepala KSKP AKP Ridho Rafika memberika keterangan kepada awak media, Selasa (25/4/2023). (IDN Times/Tangkapan Layar).

Terkait hal itu Kapolres AKBP Edwin membenarkan kejadian penyerobotan antar pemudik kendaraan saat akan masuk ke dalam kapal. Ia tak menampik terjadi kesalahpahaman.

"Artinya pada saat antrean yang bersangkutan di depan (pemudik yang antre). Ada celah di belakang, kendaraan mendahului itu menyerobot itu dari belakang. Mendahului lalu masuk ke kapal," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (25/4/2023) sore.

Imbas kejadian itu imbuh Edwin, penumpang yang mengantre lama di area parkir untuk masuk ke dalam kapal meluapkan kekecewaan. Tapi ia mengklaim, penyerobotan dilakukan kendaraan lain tersebut tidak ada pengawalan khusus.

"Saya selaku kapolres sampaikan permohonan maaf karena kami tidak teliti beri pelayanan kepada warga khususny pengguna jalan untuk (penyeberangan) ke Merak.  Ke depan kami lakukan perbaikan untuk beri pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

3. Terapkan delay system

Pemudik Protes Ada Mobil Serobot Masuk Kapal, Kapolres Minta MaafSuasana arus mudik Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Rabu (19/4/2023). (IDN Times Lampung/Martin L Tobing).

Kapolres menjelaskan, guna mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan dan antrean panjang hingga pintu masuk area Pelabuhan Bakauheni, personel menerapkan delay system.

Skema delay system misalnya, di area dalam pelabuhan sudah dibagi parkir untuk kendaraan roda empat, bus, dan truk. Saat terpantau antrean panjang kendaraan menunggu di dermaga, area parkir kendaraan mini bus terpantau panjang, akhirnya diarahkan ke area parkir bus.

"Itu biar gak sampai mengular ke luar agar kendaraan lancar. Karena kemarin arus kendaraan meningkat jadi lakukan perubahan agar tidak terjadi antrean panjang mengular sampai keluar (pelabuhan)," papar Edwin.

"Untuk itu, (kendaraan) kita putar, dari dermaga parkir kendaraan kecil tadi masukkan dulu kee dermaga kendaraan truk. Dari situ putar kembali untuk masuk ke dermaga parkir bus dan akhirnya masuk ke kapal," kata kapolres.

Baca Juga: Update Stok BBM Pertamina Periode Arus Balik Lebaran 2023

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya