Sopir Pikap Diduga Ngebut, Tiga Penumpang Meninggal Dunia di Lamsel

Angkut 15 penumpang

Bandar Lampung, IDN Times - Terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal di Jalan Ir Sutami, Desa Kertosari, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Kecelakaan tunggal itu berupa kendaraan roda empat pikap Daihatsu Gran Max warna hitam nomor polisi BE 8650 PN

Kasatlantas Polres Lamsel, AKP Edwin Widya Dirotsaha Putra saat dikonfirmasi IDN Times, mengatakan, kecelakaan tersebut mengakibatkan tiga warga meninggal dunia, lima luka berat, dan tujuh luka ringan.

Baca Juga: Mapolsek Candipuro Lampung Selatan Dibakar Massa, Ini Kata Kapolsek

1. Korban meninggal dunia dari desa yang sama

Sopir Pikap Diduga Ngebut, Tiga Penumpang Meninggal Dunia di LamselLakalantas tunggal di Jalan Ir Sutami, Desa Kertosari, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (23/5/2021) (Dok Polres Lampung Selatan).

AKP Edwin mengatakan, penumpang meninggal dunia di lokasi kejadian yakni Samin (66), warga Dusun III RT 005/006, Desa Gunung Pasir Jaya, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur.

Korban meninggal dunia lainnya yaitu Sri Rahayu (41), ibu rumah tangga asal dusun yang sama. Selain itu, Melina Dwi Kariya Wati (19) juga meninggal dunia di lokasi kejadian.

“Sedangkan korban luka ringan dan luka berat saat ini semuanya dapat perawatan medis di Rumah Sakit Urip Sumoharjo. Khusus pengemudi luka ringan. Untuk para korban merujuk identitas semuanya berasal dari daerah yang sama,” jelas Kasatlantas.

2. Diduga pengemudi lajukan kendaraan kecepatan tinggi

Sopir Pikap Diduga Ngebut, Tiga Penumpang Meninggal Dunia di LamselPetugas mengevakuasi korban kecelakaan bus PO Sri Padma Kencana di Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). Hingga Rabu (10/3) malam, petugas kepolisian mencatat sebanyak 22 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut dan 28 korban selamat dilarikan ke RSUD Kabupaten Sumedang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

AKP Edwin mengatakan, berdasarkan keterangan saksi di tempat kejadian perkara dan pengemudi, kronologi kejadian bermula saat pikap melaju dari arah Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung menuju Lampung Timur.

Pikap itu mengangkut 12 penumpang di belakang dan tiga di depan berikut pengemudi. Pengemudi kendaraan itu diduga melaju kecepatan tinggi.

“Sesampainya di TKP pikap ini mengalami pecah ban belakang sebelah kanan hingga hilang kendali. Kemudian berbalik arah hingga penumpang yang dibelakang terpental kemudian kendaraan ini masuk ke dalam siring (drainase) yang berada dikanan jalan,” papar Edwin.

3. Kondisi jalan baik

Sopir Pikap Diduga Ngebut, Tiga Penumpang Meninggal Dunia di LamselPetugas tengah melakukan pekerjaan rutin, berupa pengecatan marka jalan dan median jalan Jalur Pantura Losari, Kabupaten Brebes hingga perbatasan Kabupaten Pemalang. IDN Times/Haikal Adithya

Kasatlantas menerangkan, informasi lakalantas tersebut diterima pihaknya dari masyarakat wilayah setempat. Upaya yang dilakukan petugas mendatangi TKP dan melakukan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP). Petugas yang datang ke TKP yakni Kasatlantas AKP Edwin, Iptu Ilham Effendi, Bripka Dini Ferindra, dan Bripka Reyza Aditya

Personel yang bertugas kemudian mencatat keterangan saksi, mengantar korban ke rumah sakit, mengecek dan mencatat identitas korban, serta mengamankan barang bukti. Imbas kejadian ini, kerugian material ditaksir Rp20 juta

“Kalau dari kondisi jalan, rigit cor beton, lurus dan datar kondisi baik, terdapat marka terputus, arus lalin normal lancar sebelah kiri dan kanan jalan terdapat perkebunan karet PTPN. Cuaca juga cerah pada sore hari,” papar AKP Edwin.

Baca Juga: Kades Diduga Provokasi Warga Bakar Polsek Candipuro Lampung Selatan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya