Skema Kemenhub Antisipasi Arus Balik Lebaran 2023 di Bakauheni dan Tol

Disiapkan opsi bongkar kendaraan via pelabuhan alternatif

Bandar Lampung, IDN Times - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah antisipasi periode arus balik Angkutan Lebaran 2023. Di Lampung misalnya, langkah antisipasi fokus ke layanan jasa penyeberangan laut.

Layanan jasa penyeberangan laut dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan ke Pelabuhan Merak Banten. Juga disiapkan opsi bongkar kendaraan melalui pelabuhan alternatif lainnya.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Ajak Pemudik Motor Manfaatkan Pelabuhan Panjang

1. Skema layanan kendaraan di pelabuhan

Skema Kemenhub Antisipasi Arus Balik Lebaran 2023 di Bakauheni dan TolPenampakan suasana Pelabuhan Bakauheni H-3 Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Junaidi, mengatakan pelayanan kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni periode H+1-H+7 khusus kendaraan roda 2, roda 4, bus dan truk golongan V B.

Sedangkan untuk pelayanan kendaraan truk golongan VI B, VII, VIII dan IX dari Pelabuhan Panjang Bandar Lampung menggunakan kapal PT. ALP dengan lintas Panjang- Indah Kiat dan dapat dialihkan juga melalui Pelabuhan BBJ.

"Khusus kendaraan roda 2 periode H+6 sampai dengan H+8 dapat dialihkan sebagian dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan melalui KM Dobonsolo; jelasnya dalam keterangan resmi diterima IDN Times, Minggu (23/4/2023).

2. Pengaturan penundaan perjalanan

Skema Kemenhub Antisipasi Arus Balik Lebaran 2023 di Bakauheni dan TolPT Hutama Karya (Persero) mencatat lebih dari 17.790 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) H-3 Idul Fitri 1443 Hijriah. (Dok. HK).

Junaidi menjelaskan, untuk menghindari antrean kendaraan turun dari kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak, beberapa kapal beroperasi dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dapat dialihkan untuk melakukan bongkar kendaraan (unloading) di Pelabuhan Ciwandan. Proses pengalihan menerapkan pola tiba
bongkar berangkat (TBB).

Ia juga menilai, pengaturan penundaan perjalanan (delaying system) menuju Pelabuhan Bakauheni dapat dilakukan di Rest Area KM 87, KM 67, KM 49, KM 33 dan KM 20 Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar–Bakauheni.

3. Perlu sosialisasi masif penjualan tiket

Skema Kemenhub Antisipasi Arus Balik Lebaran 2023 di Bakauheni dan TolPemesanan tiket ferizy. (IDN Times/Istimewa).

Menurut Junaidi, agar langkah antisipasi itu berhasil diterapkan, perlu sosialisasi masif dan mulai melakukan penjualan tiket angkutan lebaran 2023 melalui aplikasi Ferizy pada lintas Merak-Bakauheni, Panjang-Ciwandan, dan Panjang-Indah Kiat.

Selain itu, menyiapkan sistem penjualan tiket dengan baik dan menyesuaikan kuota penjualan tiket sesuai dengan kapasitas dan jadwal kapal operasi. Diharapkan juga koordinasi, komunikasi dan kolaborasi secara intensif kepada BPTD, kepolisian,
KSOP, PT Pelni, PELINDO, PT MMS, PT BBJ dan stakeholder lainnya guna langkah langkah antisipasi dan cara bertindak di lapangan.

Baca Juga: Cerita Pemudik Motor, 14 Tahun Tak Pulang ke Cileungsi, Rindu Masakan Ibu

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya