Rumah Sakit Darurat COVID-19 Lampung Siap Beroperasi, Ini Fasilitasnya

Berkapasitas 200 kamar, berlokasi di Asrama Haji Lampung

Bandar Lampung, IDN Times – Rumah Sakit Darurat dan Ruang Isolasi Darurat diinisiasi Kementerian BUMN siap beroperasi. Rumah sakit berlokasi di Asrama Haji Jalan Soekarno-Hatta, Bandar Lampung tersebut dibangun sebagai upaya antisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan staf khusus Menteri BUMN, dr.  Fathema Djan Rachmat, Minggu (8/8/2021). Ia menyampaikan, Kementerian BUMN bersama Pemerintah Provinsi Lampung mempersiapkan tempat isolasi dengan kapasitas  sebanyak 200 kamar dengan fasilitas penunjang lainnya.

Baca Juga: RSUD A Dr Dadi Tjokrodipo Kini Punya 50 Tempat Tidur Pasien COVID-19

1. Siap beroperasi

Rumah Sakit Darurat COVID-19 Lampung Siap Beroperasi, Ini FasilitasnyaGedung Multazam Asrama Haji Lampung (IDN Times/Istimewa)

Fathema menyampaikan, beberapa peralatan kesehatan telah dipersiapkan dan saat ini ruang isolasi darurat telah siap beroperasi.

Ia menambahkan, beberapa infrastruktur sebagai  hal vital yang merupakan syarat utama telah dipersiapkan, yaitu  listrik, air, lift, oksigen, perpipaan gas medis, negatif preasure tata udara, nurse call, AC.

“Kabar  yang cukup menggembirakan bahwa seluruh persiapan  sudah seluruhnya terpenuhi. Termasuk kehadiran perawat yang berasal dari Lampung maupun Jakarta dan  alat- alat kedokteran telah siap,” paparnya.

2. Ditinjau menteri agama dan menteri BUMN

Rumah Sakit Darurat COVID-19 Lampung Siap Beroperasi, Ini FasilitasnyaMenteri BUMN Erick Thohir (Humas BUMN)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan meninjau Rumah Sakit Darurat dan Ruang Isolasi Darurat hari ini. Rumah Sakit Darurat itu diberi nama RS Pertamina Bintang Amin  Ext Asrama Haji Lampung.

Asrama Haji Lampung direncanakan mulai beroperasi sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 pekan kedua Agustus 2021. Itu lantaran telah dilakukan rancangan tata ruang menjadi tempat pelayanan kesehatan pasien COVID-19.

Asrama Haji Lampung dengan kelengkapan fasilitas ruang Intensive Care Unit (ICU) sekitar 21 tempat tidur dan High Care Unit (HCU) 4 tempat tidur. Fasilitas lain tersedia seperti ventilator dan HFNC (alat bantu pernasapasan), gas medis dan Ruangan Pertekanan Negatif.

3. Sebanyak 650 pasien sembuh dari COVID-19

Rumah Sakit Darurat COVID-19 Lampung Siap Beroperasi, Ini FasilitasnyaIlustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sebanyak 437 penambahan kasus positif COVID-19  di Provinsi Lampung terjadi, Sabtu (7/8/2021). Data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan, dari data tersebut, 99 didapatkan dari hasil penelusuran (tracing) dan 338 adalah kasus baru.

Dari 437 penambahan pasien positif COVID-19 ini, tercatat 296 orang menjalani isolasi mandiri dan 141 dirawat di rumah sakit rujukan setempat. Penambahan 437 pasien positif itu, kumulatif kasus COVID-19 Lampung secara keseluruhan dari 15 kabupaten/kota 38.949 kasus.

Sedangkan untuk kasus kesembuhan, bertambah 650 orang. Total kasus kesembuhan di Lampung hinga kini berjumlah 29.628 orang.

Baca Juga: Menag dan Erick Thohir Rencana Tinjau Asrama Haji Lampung Besok

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya