Ribuan Warga Salat Id di Stadion Way Dadi, Khatib Soroti Dunia Maya

Dihadiri Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dan wakil

Bandar Lampung, IDN Times - Ribuan warga Kota Bandar Lampung Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Stadion Mini Way Dadi, Sabtu (22/4/2023). Warga mulai berbondong datang ke stadion tersebut mulai pukul 06.30 dan salat digelar tepat pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dalam stadion, panitia menggelar terpal di rumput untuk tempat warga mengikuti salat. Selan itu, warga juga membawa sajadah.

Salat Id di Stadion Way Dadi juga dihadiri Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Wakil Wali Kota Deddy Amarullah dan mantan wali kota Herman HN.

Baca Juga: Ide Ucapan Idul Fitri ala Gen Z, Sekaligus Kode Keras Buat Gebetan 

1. Soroti manusia hidup dunia nyata dan maya

Ribuan Warga Salat Id di Stadion Way Dadi, Khatib Soroti Dunia MayaWarga Kota Bandar Lampung Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Stadion Mini Way Dadi, Sabtu (22/4/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Kasimun selaku Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Bandar Lampung dan khatib Salat Id di Stadion Way Dadi menyampaikan khotbah cukup menarik. Ia menyoroti era saat ini manusia hidup di dunia nyata dan maya.

Dalam khotbahnya ia menyampaikan, dunia nyata kini tergerus dunia maya. Bahkan saat berkumpul di hari raya, warga asik dengan handphonenya masing-masing berselancar di dunia maya bermain game atau melihat media sosial.

"Yang dekat dijauhkan yang jauh didekatkan. Interaksi langsung dengan orang-orang disampingnya gak lama lalu asik dengan HP-nya lagi. Mulai acuh terhadap saudara dan sekeliling, bahkan dengan yatim piatu," katanya.

2. Ada Fatwa MUI

Ribuan Warga Salat Id di Stadion Way Dadi, Khatib Soroti Dunia MayaWali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana (tengah) Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Stadion Mini Way Dadi, Sabtu (22/4/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Kasimun menambahkan, kondisi warga terlalu aktif di media sosial saat hari besar keagamaan seharusnya tidak terjadi. Apalagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan Fatwa Nomor: 24 Tahun 2017 Tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial.

Dalam fatwa MUI tersebut tercantum beberapa hal diharamkan bagi umat Islam dalam penggunaan media sosial. Misalnya, setiap muslim bermuamalah melalui media sosial diharamkan melakukan gibah atau membicarakan keburukan atau aib orang lain, fitnah, naminah (adu domba), dan penyebaran permusuhan.

MUI juga mengharamkan nullying , ujaran kebencian serta permusuhan atas dasar suku, agama, ras atau antargolongan. Haram juga bagi umat muslim menyebarkan hoaks.

3. Wali kota bilang antusias masyarakat luar biasa

Ribuan Warga Salat Id di Stadion Way Dadi, Khatib Soroti Dunia MayaWali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana (tengah) Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Stadion Mini Way Dadi, Sabtu (22/4/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat diwawancarai usai Salat Id mengatakan, bersyukur cuaca pagi ini saat salat cerah. Padahal semalam Kota Bandar Lampung diguyur hujan.

"Antusias  masyarakat luar biasa. Saya juga mohon doanya kepada masyarakat Kota Bandar Lampung tetap waspada (COVID-19). Apalagi yang tinggalkan rumah (mudik) tetap waspada, informasikan ke RT supaya dijaga dan kembali dari mudik aman.

Terkait kegiatan usai Salat Id, Eva mengatakan akan menggelar open house di rumah. Ia mengajak masyarakat untuk datang bersilaturahmi.

Wakil Wali Kota Bandar Lampung, Deddy Amarullah menambahkan, momen Idul Fitri jadi momentum untuk kebaikan bersama. Terkait kegiatan bakal dijalani hari ini, ia mengatakan bakal menghadiri open house digelar wali kota.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah Bandar Lampung Antusias Salat Idul Fitri

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya