Polri Super App, Aplikasi Sediakan 13 Layanan Mudah Diakses Warga

Hanya perlu satu aplikasi untuk mengakses seluruh layanan

Tanggamus, IDN Times - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah meluncurkan aplikasi Polri Super App tahun ini. Tujuannya, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan berbagai layanan kepolisian.

Aplikasi itu bertujuan menyederhanakan dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari kepolisian. Polri Super App juga sebagai bentuk realisasi komitmen Polri untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan publik Polri terintegrasi yang menjadi bagian dalam 16 Program Prioritas Presisi.

Baca Juga: Lima Aplikasi Karya Anak Bangsa Cocok untuk Healing Akhir Pekan

1. Gabungkan aplikasi-aplikasi pelayanan masyarakat di kepolisian

Polri Super App, Aplikasi Sediakan 13 Layanan Mudah Diakses WargaIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Kasihumas Polres Tanggamus, Iptu M Yusuf, mengatakan, SuperApps tersebut nantinya akan menggabungkan aplikasi-aplikasi pelayanan masyarakat di kepolisian. Itu lantaran, ada 13 layanan utama kepolisian dapat diakses masyarakat.

"Mulai dari informasi daerah rawan, pengaduan masyarakat, pengurusan SIM, STNK dan SKCK secara online, informasi E-Tilang,  hingga informasi mengenai Pos Polisi,” jelasnya, Kamis (17/11/2022).

Berbagai layanan tersebut sebelumnya hanya dapat diakses satu persatu. Warga harus memiliki macam-macam aplikasi di smartphone mereka, atau saat mengakses lewat komputer. Tapi melalui SUperApps, seluruh layanan tersedia di satu aplikasi.

2. Perpaduan empat kebijakan utama transformasi dan digitalisasi

Polri Super App, Aplikasi Sediakan 13 Layanan Mudah Diakses WargaIlustrasi digitalisasi (marketeers)

Yusuf menyampaikan, Polri Super App yang dirilis bersamaan saat peringatan HUT Bhayangkara ke-76, ini menjadi 'gong' perpaduan empat kebijakan utama transformasi dan digitalisasi.

Deskripsi teknis Polri Super App secara sederhananya menjadi penyatuan manajemen berbagai satuan kerja atau unit organisasi Polri menjadi satu aplikasi. Dampak dari integrasi data seluruh satuan kerja ini memungkinkan masyarakat di mana pun berada, hanya perlu memanfaatkan satu aplikasi untuk mengakses seluruh layanan kepolisian.

“Polres Tanggamus berharap ke depannya dengan mengunggah aplikasi Polri Super App ini, dapat menjawab kebutuhan dari masyarakat secara sederhana, itu nanti akan disatukan dalam satu wadah namanya SuperApps,” ucapnya.

3. Cara mengunduh

Polri Super App, Aplikasi Sediakan 13 Layanan Mudah Diakses WargaPixabay

Yusuf mengatakan, untuk memiliki aplikasi Polri Super App, masyarakat pengguna ponsel Android dapat mengunduh di Play Store. Sedangkan pengguna iPhone tersedia di App Store.

Terkait pascamengunduh aplikasi Polri Super App dan cara menggunakan, Yusuf mengatakan pengguna diminta melakukan tiga aktivitas dasar, seperti pendaftaran akun, verifikasi, user types and permission.

Baca Juga: 7 Aplikasi Wajib Kamu Punya Sebelum Liburan ke Korea Selatan!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya