PLN dan Mitra Kolaborasi Terapkan Sistem Manajemen Antipenyuapan

Guna ciptakan iklim usaha sehat dan bersih

Bandar Lampung, IDN Times -  PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung kembali menyelenggarakan Collective Action.

Collective Action merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap semester dengan melibatkan seluruh vendor/mitra Kerja PLN UID Lampung.

Baca Juga: Cerita UMKM Roti dan Kue Binaan PLN Sukses Raup Omzet Ratusan Juta

Tercipta iklim usaha sehat dan bersih

PLN dan Mitra Kolaborasi Terapkan Sistem Manajemen AntipenyuapanIlustrasi partner bisnis/Catherineary.com

I Gede Agung Sindu Putra, General Manager PLN UID Lampung mengatakan, Collective Action digelar guna memastikan berjalannya implementasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di lingkungan PLN UID Lampung. Sehingga diharapkan dapat tercipta iklim usaha yang sehat dan bersih.

"Ini sejalan dengan visi dan misi PLN, pelaksanaan Sistem Manajemen Anti Penyuapan akan mendorong PLN menjadi lebih lincah, lebih efektif dan lebih optimal," paparnya dalam keterangan resmi, Selasa (31/5/2022).

Prinsip 4 No's

PLN dan Mitra Kolaborasi Terapkan Sistem Manajemen Antipenyuapansouthernutahcares.com

Menurut Sindu, penerapan SMAP juga mendorong semua pihak baik PLN atau vendor/mitra dapat melaksanakan prinsip 4 NO’s. Rinciannya, No Bribery (hindari/menolak segala bentuk suap menyuap dan pemerasan), No Kickback (hindari/menolak meminta komisi, tanda terima kasih baik dalam bentuk uang dan dalam bentuk lainnya).

Selain itu, No Gift (hindari/menolak penerimaan/ pemberian hadiah atau gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku) dan No Luxurious Hospitality (hindari/menolak penyambutan dan jamuan yang berlebihan).

Pertahankan zero accident

PLN dan Mitra Kolaborasi Terapkan Sistem Manajemen AntipenyuapanFreepik

Sindu mengatakan, PLN UID Lampung telah memiliki Sistem Manajemen Terintegrasi. Sebagai perusahaan profesional, manajemen PLN harus memastikan semua proses bisnisnya telah memiliki standar mutu yang terbaik yang sesuai dengan ISO 9001.

Ia juga mengapresiasi dukungan seluruh mitra dapat mempertahankan zero accident atau nihil kecelakaan kerja. Sehingga, hal itu menjadikan PLN UID Lampung menerima penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia atas usaha mempertahankan zero accident.

Baca Juga: Sukseskan Lomba Selancar Dunia di Krui, PLN Suplai listrik 400 KVA

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya