Petir Sambar Jeriken BBM Diduga Pemicu Kebakaran Gudang di Gadingrejo

Polsek Gadingrejo masih selidiki

Pringsewu, IDN Times – Polsek Gadingrejo dibantu tim Inafis Satreskrim Polres Pringsewu masih mendalami penyebab terjadinya kebakaran gudang berada di belakang rumah warga di Dusun Purwosari Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo Sabtu sore.

Hasil penyelidikan awal diduga peristiwa kebakaran tersebut dipicu sambaran petir mengenai jeriken berisi BBM yang berada di area gudang. “Penyelidikan masih berjalan namun kuat dugaan penyebab kebakaran akibat adanya sambaran petir yang mengenai jeriken berisi BBM,” jelas Kapolsek Gadingrejo A Y Tobing, Minggu (7/11/2021)

Baca Juga: Dua Personel Polres Pringsewu akan Menikah, Tapi Malah Disidang

1. Gudang tempat penyimpanan burung murai dan BBM

Petir Sambar Jeriken BBM Diduga Pemicu Kebakaran Gudang di GadingrejoIlustrasi burung murai. www.magrigg.co.uk

Bangunan yang terbakar merupakan gudang berukuran 4×6 meter digunakan sebagai tempat penangkaran burung murai dan penyimpanan jeriken berisi bahan bakar minyak (BBM). Bangunan itu terjadi di belakang rumah korban Gunadi (36).

Tobing menjelaskan, peristiwa berawal saat hujan turun disertai petir terjadi pada Sabtu sore. Sesaat setelah terjadi bunyi petir yang cukup keras tiba tiba dari gudang korban muncul api yang kemudian langsung membesar.

“Api diperkirakan muncul dari sambaran petir yang mengenai kumpulan jeriken berisi BBM yang berada di area gudang,” ungkap kapolsek.

2. Api berhasil dipadamkan dua jam setelah kejadian kebakaran

Petir Sambar Jeriken BBM Diduga Pemicu Kebakaran Gudang di GadingrejoKebakaran gudang berada di belakang rumah warga di Dusun Purwosari Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo. (IDN Times/Istimewa).

Lantaran api membesar secara cepat, korban tidak berani mendekat hingga mengakibatkan gudang yang berisi kandang penangkaran burung murai tersebut terbakar sekejap.

Beruntung, sebelum sempat merembet ke bangunan utama rumah korban, api dapat dipadamkan oleh warga bersama petugas Kepolisian dan datangnya dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Api baru bisa dipadamkan dua jam setelah terjadinya peristiwa kebakaran” jelas Tobing.

3. Kerugian ditaksir Rp200 juta

Petir Sambar Jeriken BBM Diduga Pemicu Kebakaran Gudang di GadingrejoIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Kapolsek mengatakan, akibat peristiwa kebakaran tersebut, bangunan gudang terdapat 30 pasang burung jenis murai dan beberapa jeriken BBM hangus terbakar

“Total kerugian akibat peristiwa kebakaran ditaksir mencapai dua ratus juta rupiah,” ungkap Tobing.

Baca Juga: Remaja 14 Tahun Bobol Konter Ponsel di Pringsewu, tapi Terciduk Warga

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya