Perampok Rp50 Juta dan Tembak Karyawan BRILink Tewas Ditembak Polisi

Ditembak karena lakukan perlawanan aktif saat ditangkap

Lampung Timur, IDN Times - Abdian alias Andrian alias Doni pelaku perampokan sadis karyawan BRILink Way Bungur, Lampung Timur meninggal dunia. Pelaku meninggal dunia di rumah sakit Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Minggu (30/1/2022) dini hari.

Jenazah pelaku bersama Tim Polda Lampung dalam perjalanan ke Lampung dan akan diautopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. Tim Gabungan Tekab 308 Polda Lampung, Polres Lampung Timur dan Jatanras Polda Sumsel dan Polres OKI menangkap pelaku di wilayah Sumatra Selatan. Ia ditembak karena melakukan perlawanan aktif saat ditangkap petugas.

Baca Juga: Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku Penembak Karyawati BRI-Link Lamtim 

1. Temukan senjata api rakitan

Perampok Rp50 Juta dan Tembak Karyawan BRILink Tewas Ditembak Polisi(Perdagangan dan pembuatan senpi ilegal di Tangerang) IDN Times/Candra Irawan

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditres Krimum) Polda Lampung, Kombes Reynold Elisa P Hutagalung, membenarkan penangkapan pelaku yang menjadi buruan polisi itu. “Tim sedang bekerja maksimal untuk mengumpulkan seluruh barang bukti," jelasnya.

Tim gabungan saat menangkap pelaku imbuhnya, menemukan beberapa senjata api rakitan. “Ini pelaku tunggal yang melakukan eksekusi terhadap korban. Detail pelaku dan kronologis masih butuh waktu untuk dilengkapi untuk dikabarkan ke publik,” katanya.

2. Petugas lengkapi bukti lain

Perampok Rp50 Juta dan Tembak Karyawan BRILink Tewas Ditembak PolisiIlustrasi pemasangan garis polisi di TKP. IDN Times/M.Idris

Reynold menjelaskan, pihaknya juga masih melengkapi bukti lain, yang berusaha dihilangkan pelaku. “Kita lanjut kerja dahulu semaksimal mungkin supaya rampung semua karena memang ada beberapa upaya pelaku mengaburkan jejak. Karena pelaku sudah mengganti warna motor yang digunakan dari merah jadi hitam. Petugas juga masih melakukan pemeriksaan semua yang terkait,” katanya.

Kapolres Lampung Timur, AKBP Zaky Alkazar Nasution membenarkan pelaku perampok sadis di wilayah hukumnya sudah tertangkap. “Iya benar sudah ditangkap, besok akan kami ekspose di Mapolres Lampung Timur,” kata Zaky.

3. Ternyata napi buronan Lapas Kendal

Perampok Rp50 Juta dan Tembak Karyawan BRILink Tewas Ditembak PolisiIlutrasi DPO. IDN TImes/M Shakti

Diketahui, terjadi perampokan uang tunai Rp50 juta sekaligus pembunuhan korban Leli Agustin. Korban adalah pegawai BRILink milik saksi Tri Lestari, di Jalan Lintas Timur, Desa Tambah Subur, Kecamatan Way Bungur Lampung Timur. Korban ditembak saat berusaha mempertahankan uang milik pengelola BRILink di areal depan kantornya.

Abdian alias Andrian alias Doni ternyata juga buron Lembaga Permasyarakatan (LP) Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Ia adalah narapidana kasus perampokan yang kabur sejak Maret 2021 lalu.

Bahkan, pelaku juga rupanya yang sempat viral merampas motor Yamaha NMax, dan membunuh korbannya pada 16 Januari 2022. Informasi lain dihimpun, pelaku adalah warga Kabupaten OKI Sumsel kerap merantau dan melakukan aksi kejahatan.

Di Lampung Timur pelaku tinggal di kediaman mertua, dan memiliki istri dengan satu orang anak.

Baca Juga: Karyawati BRILink Lamtim Meninggal Ditembak Perampok, Kerugian Rp50 Juta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya