Patung Bung Karno 7 Meter di Bandar Lampung Diresmikan Megawati

Ada filosofi khusus patung Bung Karno

Bandar Lampung, IDN Times - Taman UMKM Bung Karno diresmikan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri secara virtual, Kamis (28/10/2021). Di taman itu berlokasi di Jalan Gatot Subroto Bandar Lampung itu, ada patung Bung Karno setinggi 7 meter.

Megawati mengapresiasi pendirian patung Bung Karno. "Terimakasih kepada Lampung karena telah membuat patung beliau (Soekarno), selain sebagai anaknya, saya secara ideologi mengikuti pemikiran beliau," katanya.

1. Megawati berharap tiap daerah ada patung Bung Karno

Patung Bung Karno 7 Meter di Bandar Lampung Diresmikan MegawatiTaman UMKM Bung Karno diresmikan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri secara virtual, Kamis (28/10/2021). (IDN Times/Istrimewa).

Menurut Megawati, akan banyak pertanyaan apa manfaatnya pendirian patung. Ia menilai itu simbolis lantaran kalau hanya diucapkan, tidak dimungkinkan orang dapat melihat sosok presiden pertama Indonesia.

Megawati mengatakan, sosok Soekarno saat ini terkesan ingin ditenggelamkan atau dilupakan. Namun ia meyakini hal yang telah dibuat seorang pemimpin tidak bisa dihapuskan oleh sejarah.

“Beliau adalah proklamator, bapak bangsa dan pahlawan nasional,  Hal tersebut harus selalu diingatkan, Jadi kalau memungkinkan, tidak perlu terburu-buru, kalau bisa setiap daerah patung beliau," kata dia.

"Kalau bisa, seluruh pahlawan diwujudkan dalam bentuk fisik (patung). Saya saja kalau tidak diberitahu ayah saya (Soekarno) saya tidak mengetahui bagaimana sosok pahlawan lain," imbuh Megawati.

Baca Juga: Pedagang Pasar SMEP Protes Tak Dapat Kios, Eva Dwiana Minta Maaf

2. Ada filosofi khusus

Patung Bung Karno 7 Meter di Bandar Lampung Diresmikan MegawatiTaman UMKM Bung Karno diresmikan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri secara virtual, Kamis (28/10/2021). (IDN Times/Istrimewa).

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, patung Bung Karno ada filosofi khusus. Gestur mengangkat tangan bermakna Bung Karno sedang mendoakan kesejahteraan dan keamanan Kota Bandar Lampung.

“Filosofinya untuk mendoakan kita semua, karena biasanya patung-patung Bung Karno yang sudah ada itu memegang tongkat atau sedang menunjuk,” ujarnya.

Eva menambahkan, masyarakat tidak hanya bisa menikmati patung Bung Karno tersebut tapi tersedia wifi gratis di seputaran taman. “Ditambah lagi 30 Oktober besok ada peresmian wisata kuliner dari UMKM,” ujarnya.

3. Bazar kuliner tiap Sabtu dan Minggu

Patung Bung Karno 7 Meter di Bandar Lampung Diresmikan Megawatithestar.com.my

Eva menjelaskan, ada sekitar 600 UMKM terlibat dalam bazar tersebut. Masing-masing UMKM akan mengisi lapak dagangan di sisi kanan kiri Jalan Gatot Subroto.

"Tapi karena masih pandemik COVID-19 baru sekitar 300 UMKM akan mengisi lapak setiap Sabtu dan Minggu. Untuk pendaftaran UMKM bisa koordinasi dengn dinas perindustrian dan perdagangan kapan ada bukaan lagi," imbuhnya.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP M Rohmawan menyampaikan, selama Wisata Kuliner UMKM berlangsung, kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman menuju Garuntang akan dialihkan ke Jalan Gajah Mada mengarah BPK Penabur.

Sementara kendaraan menuju Jalan Gatot Subroto - Jalan Ahmad Dahlan, dialihkan ke turunan DAMRI menuju Jalan Yos Sudarso. "Kalau kendaraan dari Garuntang menuju kota, dialihkan ke Jalan Dr HM Tabrani Daud arah BPK Penabur," kata Rohmawan.

4. Ada pengalihan lalu lintas

Patung Bung Karno 7 Meter di Bandar Lampung Diresmikan MegawatiIlustrasi lalu lintas. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rohmawan juga mengimbau kendaraan besar atau tangki SPBU tidak melalui Jalan Gatot Subroto. Karena apabila dialihkan ke Jalan DR HM Tabrani Daud akan mengalami kesulitan di sekitar flyover atau BPK Penabur.

"Polresta Bandar Lampung akan membantu sepenuhnya kegiatan wisata kuliner ini. Untuk kendaraan berat seperti truk juga diimbau jangan melintas Jalan Gatot Subroto setiap Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Baca Juga: Wisata Kuliner Bandar Lampung Buka Sabtu-Minggu, Lalu Lintas Dialihkan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya