Operasi Microsleep HK di Tol Lampung, 100 Pengemudi Ngantuk dan Lelah

Operasi tekan angka lakalantas di jalan tol

Bandar Lampung, IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar melakukan operasi microsleep Maret ini. Tujuannya, menekan angka kecelakaan lalu lintas disebabkan menurunnya kesadaran pengemudi akibat kelelahan saat berkendara.

Branch Manager PT Hutama Karya (Persero) Ruas Tol Bakauheni–Terbanggi Besar, Hanung Hanindito menjelaskan, operasi microsleep Maret ini digelar 14 Maret dan 19 Maret 2022. Operasi ini bekerjasama dengan personel Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Polda Lampung dan personel Marinir dari Brigif IV/BS.

Baca Juga: Kecelakaan Truk Vs Truk di Tol Terpeka Lampung, Satu Luka Berat

100 pengemudi lelah dan mengantuk

Operasi Microsleep HK di Tol Lampung, 100 Pengemudi Ngantuk dan LelahPT Hutama Karya (Persero) pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar melakukan operasi microsleep Maret ini. (Dok. Hutama Karya).

Hanung mengatakan, operasi microsleep berlokasi di Rest Area 116B dan Rest Area 87B, mulai pukul 00:00-03:00 WIB. Operasi ini menjaring sebanyak 500 kendaraan untuk masuk dan beristirahat di rest area.

"Diketahui sebanyak 100 pengemudi terbukti dalam keadaan lelah dan mengantuk. Sehingga kami sarankan untuk beristirahat terlebih dahulu," jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (21/3/2022).

Bakal terus digelar berkala

Operasi Microsleep HK di Tol Lampung, 100 Pengemudi Ngantuk dan LelahPT Hutama Karya (Persero) pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar melakukan operasi microsleep Maret ini. (Dok. Hutama Karya).

Menurut Hanung, operasi microsleep akan tetap dilakukan secara berkala, untuk terus menekan angka fatalitas akibat lakalantas. Selain itu melihat persiapan personel menghadapi Ramadan dan Lebaran 1 Syawal 1443 H yang akan datang.

"Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara di kecepatan maksimal 100 km/jam. Pastikan juga periksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk, serta selalu SETUJU (Selamat Sampai Tujuan) keselamatan adalah nomor satu," paparnya.

Gelar donor darah

Operasi Microsleep HK di Tol Lampung, 100 Pengemudi Ngantuk dan LelahPT Hutama Karya (Persero) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Cabang Bakauheni–Terbanggi Besar mengadakan kegiatan donor darah. (Dok. Hutama Karya).

PT Hutama Karya (Persero) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Cabang Bakauheni–Terbanggi Besar mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Gerbang Tol
Itera Kotabaru akhir pekan lalu. Kegiatan itu dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun PT Hutama Karya (Persero) ke-61.

Hanung menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti seluruh karyawan, tim Satuan PJR Polda Lampung dan personel pengamanan dari Brigif 4 Marinir/BS. Hanung mengatakan, kegiatan donor darah ini adalah kegiatan pertama dari rangkaian kegiatan HUT HK ke-61 di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Lampung yang membutuhkan.

Rangkaian kegiatan HUT HK ke-61 akan dilanjutkan dengan perlombaan internal bagi
karyawan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terdiri dari turnamen E-Sport Mobile
Legend, dan futsal. Kegiatan lain adalah penanaman pohon di Rest Area KM 87 Jalur A. 

Baca Juga: Mantap! JTTS Jalan Tol Indonesia Pertama Terapkan Tilang Elektronik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya