Mengenal Gemes Lansia, Program Dicanangkan Bupati Dewi Handajani

Meningkatkan angka harapan hidup lansia

Tanggamus, IDN Times - Bupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri Pencanangan Gemes Lansia (Gerakan Memeriksa Kesehatan Lansia) di Kabupaten Tanggamus, Selasa (7/9/2021). Kegiatan berlokasi di Puskesmas Talangpadang ini, Bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Camat Talangpadang Agustam Hamid dan Kepala UPT Puskesmas Talangpadang dr. Eka Priyanto.

Kegiatan ini diikuti secara virtual meeting oleh Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Ekbang Sukisno, para Kepala OPD, serta camat dan kepala UPT puskesmas se -Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga: Pemkab Tanggamus Jadwalkan Belajar Tatap Muka 9 September 2021

1. Meningkatkan angka harapan hidup lansia

Mengenal Gemes Lansia, Program Dicanangkan Bupati Dewi HandajaniBupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri Pencanangan Gemes Lansia (Gerakan Memeriksa Kesehatan Lansia) di Kabupaten Tanggamus, Selasa (7/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Bupati Dewi mengatakan, kegiatan ini adalah upaya dari Pemerintah Kabupaten Tanggamus memfasilitasi lansia agar selalu sehat, baik secara fisik maupun psikologis, dalam rangka meningkatkan angka harapan hidup para lansia di Kabupaten Tanggamus.

"Mudah-mudahan ini berjalan dengan baik, memberikan manfaat dan menjadi upaya kita bersama, agar bagaimana caranya ini menjadi program yang bersinambungan dan bermanfaat, serta bisa dirasakan oleh masyarakat, terkhusus bagi para lansia," harapnya.

Dewi menambahkan, melalui program tersebut, diharapkan agar lansia yang memiliki penyakit yang serius dan kronis, seperti; hipertensi, diabetes, jantung, kolesterol, maka dapat terpantau dan dapat segera ditangani.

2. Ke depan libatkan kader kesehatan dan tokoh masyarakat

Mengenal Gemes Lansia, Program Dicanangkan Bupati Dewi HandajaniBupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri Pencanangan Gemes Lansia (Gerakan Memeriksa Kesehatan Lansia) di Kabupaten Tanggamus, Selasa (7/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, menerangkan, pendampingan lansia dilakukan seumur hidup terhadap lansia. Berupa pemberian fasilitas pelayanan kesehatan secara homecare, ataupun ke fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

"Ke depan, kami akan bekerjasama dengan pemerintah pekon dalam pendampingan terhadap lansia, yang melibatkan kader kesehatan, keluarga dan tokoh masyarakat," jelasnya. 

Bupati Dewi Handajani juga memberikan tali asih kepada para lansia yang hadir. Bupati juga melakukan kunjungan ke rumah tiga orang lansia, yang sudah dalam kondisi tidak dapat berjalan, yakni Ibu Partini, Ibu Husna dan Bapak Musamman, di Pekon Sukanegeri Jaya, Kecamatan Talangpadang.

3. Wabup tinjau vaksinasi COVID-19 di Makodim Tanggamus

Mengenal Gemes Lansia, Program Dicanangkan Bupati Dewi HandajaniPolres Tanggamus kembali mendapatkan tambahan 300 dosis vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Istimewa).

Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi'i, meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat diselenggarakan oleh Kodim 0424 Tanggamus di Aula Jenderal Sudirman Makodim Tanggamus, Selasa (7/9/2021). Turut mendampingi Wabup, Dandim 0424/Tgm, Letkol Arm Micha Arruan, dan Kajari Tanggamus Yanuardi. 

Wabup mengapresiasi Kodim 0424 Tanggamus serta mengucapkan terima kasih, atas  terselenggaranya vaksinasi tersebut. Itu sebagai langkah percepatan vaksinasi COVID-19 untuk tercapainya herd immunity di Kabupaten Tanggamus. Syafi'i juga menghimbau masyarakat yang mengikuti vaksinasi, agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun telah divaksin, tetap terapkan protokol kesehatan," ujarnya. 

Baca Juga: Kala Santri Ponpes di Tanggamus Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya