Melongok Dua Aksi Simpatik Personel PJR Ditlantas di Tol Lampung

Pijat badan pengemudi, evakuasi ibu anak jalan kaki di tol

Bandar Lampung, IDN Times - Anggota Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung menunjukkan aksi simpatik saat Operasi Lilin Krakatau 2020. Ada dua aksi simpatik para personel kesatuan ini yang terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Aksi pertama terjadi, Sabtu (26/12/2020) mengevakuasi ibu dan dua anak yang terpantau berjalan kaki di ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Banter) KM 116. Aksi kedua berlangsung hari ini, menolong pengendara yang kedapatan letih fisik. 

Berikut IDN Times rangkum aksi simpatik personel PJR Polda Lampung. 

1. Pengemudi tak mampu kendalikan laju kendaraan

Melongok Dua Aksi Simpatik Personel PJR Ditlantas di Tol LampungAnggota PJR Ditlantas Polda Lampung melakukan aksi simpatik menolong pengendara di Tol Lampung, Minggu (27/12/2020). (IDN Times/Istimewa).

Personel PJR Ditlantas Polda Lampung sedang berpatroli di JTTS ruas Bakter Minggu (27/12/2020) tepatnya di KM 102 jalur A melihat pengemudi tak mampu mengendalikan laju kendaraan. Spontan, personel yang kebetulan melihat kejadian itu memberhentikan kendaraan tersebut. 

"Diketahui saat diperiksa petugas pengendara tersebut ternyata mengalami kelelahan dan muntah muntah. Sehingga tidak dapat mengontrol kendaraannya," ujar Dirlantas Kombes Pol Donny Sabardi H Damanik. 

Ia menambahkan, pengendara bernama Hendra Gunawan itu merupakan warga Gunung Sari, Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara. Saat melintas di Tol Bakter mengendarai Toyota Calya bernopol BE 1657 JD bersama ibunya.

"Pengemudi ini ternyata mengalami sakit pusing dan mual hingga tidak dapat berkonsentrasi dalam berkendara. Hal ini dapat membahayakan diri pengendara maupun kendaraan lainnya," ungkap Donny.

Baca Juga: Pecah Ban Picu Kecelakaan di Tol Lampung, Ini Sorotan Ditlantas Polda 

2. Petugas PJR pijat badan pengemudi

Melongok Dua Aksi Simpatik Personel PJR Ditlantas di Tol LampungAnggota PJR Ditlantas Polda Lampung melakukan aksi simpatik menolong pengendara di Tol Lampung, Minggu (27/12/2020). (IDN Times/Istimewa).

Anggota PJR Ditlantas memutuskan membawa pengemudi tersebut ke Rest Area KM 116 Bakter jalur A. Diketahui, pengendara itu kondisi fisik lemah karena masuk angin.

Personel berinisiatif melakukan perawatan sederhana terhadap si pengemudi. "Anggota juga sempat mengerik tubuh pengendara di rest area, karena diketahui Hendra masuk angin. Setelahnya pengendara merasa enak dan bisa melakukan perjalanan kembali," ujar Dirlantas.

3. Ibu dan dua anak jalan kaki di tol

Melongok Dua Aksi Simpatik Personel PJR Ditlantas di Tol LampungAnggota PJR Ditlantas Polda Lampung melakukan aksi simpatik menolong pengendara di Tol Lampung, Sabtu (26/12/2020). (IDN Times/Istimewa).

Sehari sebelumnya, Sabtu (26/12/2020), anggota PJR Ditlantas Polda Lampung melihat seorang ibu dan dua anaknya berjalan kaki di pinggir jalan tol KM 114 jalur B saat hujan deras. Diketahui ibu dan dua anaknya berjalan kaki lantaran berselisih paham dengan suaminya

"Ibu ini ternyata habis bertengkar dengan suaminya sehingga ibu tersebut diturunkan di tengah jalan bersama anak-anaknya. Rencana mereka akan pulang ke Jakarta," kata Donny.

Merujuk hal itu, anggota PJR  melakukan evakuasi terhadap ibu dan anak tersebut dan diantar ke polsek terdekat yakni Polsek Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. Petugas berinisiatif menolong dan melakukan kontak telepon terhadap kepala keluarga tersebut dan dilakukan mediasi. Ibu dan anak tersebut akhirnya melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta.

Baca Juga: Ibu dan Dua Anak Jalan Kaki Sembari Menangis di Tol Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya