Mantap! PLN UID Lampung Tambah Dua SPKLU di Tol Trans Sumatera

Sambut pemudik periode Nataru

Bandar Lampung, IDN Times - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah dua titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas Jalan Tol Trans Sumatera Provinsi Lampung. Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik saat Natal dan Tahun Baru mengendarai kendaraan listrik dan melintasi ruas tol tersebut.

General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra selaku menuturkan, penambahan dua titik SPKLU di Tol Trans Sumatera sebagai komitmen PLN mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

"Saat ini PLN sedang dalam periode Siaga Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga penambahan dua titik SPKLU dapat menambah kenyamanan bagi pengguna kendaraan listrik baik yang melintas atau yang akan masuk ke Provinsi Lampung," tambahnya, Rabu (21/12/2022)

Baca Juga: PLN Lampung Dorong Kemandirian Disabilitas lewat Dapur Dif_able 

1. Cek lokasi SPKLU terbaru

Mantap! PLN UID Lampung Tambah Dua SPKLU di Tol Trans SumateraPLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah dua titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas Jalan Tol Trans Sumatera Provinsi Lampung. (Dok. PLN UID Lampung).

Sindu mengatakan, dua titik SPKLU itu berada di Rest Area Tol Trans Sumatera Km 163A (Kabupaten Lampung Tengah arah Sumatra Selatan) dan Km 172B (Kabupaten Tulang Bawang Barat arah Bakauheni).

Penambahan dua SPKLU melengkapi SPKLU sebelumnya telah beroperasi sebanyak tiga titik sejak 2021 lalu. Rinciannya, SPKLU pada Rest Area Tol Trans Sumatera Km 20B, Rest Area Tol Trans Sumatera Km 49 A dan Els Coffee Roastery Jalan Soekarno Hatta Bandar Lampung.

"Jadi, sekarang telah terdapat lima SPKLU yang beroperasi di Provinsi Lampung, pengguna kendaraan listrik pasti akan lebih nyaman" ujarnya.

2. Sudah terintegrasi PLN Mobile

Mantap! PLN UID Lampung Tambah Dua SPKLU di Tol Trans SumateraPLN Mobile (Dok. PLN)

Sindu menerangkan, SPKLU sudah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile. Sehingga menurutnya masyarakat pengguna kendaraan listrik akan lebih merasa nyaman, mudah dan praktis dalam pengisian daya baterai kendaraan listriknya.

"Selain itu, kita juga mendapat kemudahan dalam mencari lokasi SPKLU yang terdekat dengan PLN Mobile. Intinya mudah sekali menggunakan PLN Mobile,” katanya.

3. Segini rincian biaya pengisian baterai

Mantap! PLN UID Lampung Tambah Dua SPKLU di Tol Trans SumateraPLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menambah dua titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas Jalan Tol Trans Sumatera Provinsi Lampung. (Dok. PLN UID Lampung).

Terkait biaya, pengisian baterai dilakukan di SPKLU PLN biayanya sebesar Rp2466 per Kilowatt Hour (kWH). Namun, jika melakukan pengisian baterai di rumah atau Home Charging maka dikenakan biaya sesuai tarif daya kontrak,.

Misalnya, pada tarif rumah tangga daya 3500VA keatas, maka biaya pengisian daya baterai sebesar Rp1699 per kWH.

"Kabar gembira bagi pengguna kendaraan listrik yang memiliki Home Charging yang telah terdaftar dan terintegrasi pada aplikasi PLN Mobile, saat ini PLN memberlakukan promo diskon sebesar 30 persen untuk pengisian daya baterai pada rentang waktu pukul 22.00 hingga pukul 05.00," jelas Sindu. 

Baca Juga: Ini Perusahaan di Lampung Bersertifikat Energi Hijau dari PLN

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya