Ini Perusahaan di Lampung Bersertifikat Energi Hijau dari PLN

Kolaborasi PLN dengan pelaku industri dukung energi bersih

Bandar Lampung, IDN Times - PLN berkomitmen memberikan kemudahan bagi pelanggan. Kemudahan ditawarkan PLN terkait kemudahan pemenuhan target penggunaan energi terbarukan transparan, akuntabel dan diakui secara internasional dalam kegiatan usahanya melalui pemanfaatan REC (Renewable Energy Certificate). 

Saat ini, PT PLN (Persero) memberikan Layanan Sertifikat Energi Energi Hijau atau lebih dikenal dengan Renewable Energy Certificate (REC) kepada perusahaan membutuhkan sertifikat penggunaan Green Energy guna mendukung kebutuhan perusahaannya.

1. Kolaborasi PLN dengan pelaku industri

Ini Perusahaan di Lampung Bersertifikat Energi Hijau dari PLNunplash.com

Senior Manager Niaga & Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Yuliandra Syahrial Nurdin mengapresiasi dukungan para pelanggan PLN telah mendukung program transisi energi bersih dengan memanfaatkan REC.

“Ini menjadi bukti nyata kolaborasi PLN dengan para pelaku industri untuk mendukung transisi energi bersih di Provinsi Lampung tercatat total bauran energi EBT sebesar 39 persen.  Pendapatan dari REC ini nantinya akan dialokasikan untuk pengembangan EBT,” terangnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2022).

PLN memastikan, energi digunakan pelanggan berasal dari pembangkit listrik berbasis EBT diverifikasi oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat. 

Baca Juga: Begini Cara PLN Lampung Antisipasi Bahaya Kebakaran Akibat Listrik

2. Nilai satu unit REC 1 MWh

Ini Perusahaan di Lampung Bersertifikat Energi Hijau dari PLNPLN Ulu Belum Lampung. (Dok. PLN UID Lampung).

Yuliandra menyebutkan, saat ini pembangkit green energy milik PLN di Provinsi Lampung sudah terdaftar di APX adalah PLTP Ulu Belu. REC merupakan sertifikat atas produksi energi listrik dihasilkan pembangkit energi terbarukan.

Adapun nilai satu unit REC setara dengan penggunaan energi listrik sebanyak 1 Mega Watt hour (MWh). Pelanggan dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate.

“Kita bersyukur, ada salah satu perusahaan daur ulang kertas yang berada di Lampung Tengah kini menjadi perusahaan pertama di Lampung yang memanfaatkan REC PLN untuk memenuhi kebutuhan pasar. Kita berharap kedepannya bermunculan perusahaan-perusahaan lain yang gunakan REC,” imbuhnya.

3. Gunakan REC PLN 100 unit

Ini Perusahaan di Lampung Bersertifikat Energi Hijau dari PLNPLN UID Lampung menggelar Periode Siaga 1 April hingga 10 Mei 2022. (Dok. PLN UID Lampung).

Tommy Darmalie selaku Direktur PT Sinar Bambu Kencana bergerak dibidang industri daur ulang kertas mengatakan perusahaan dikelolanya itu telah menggunakan Renewable Energy Certificate (REC) atau serifikat energi baru terbarukan dari PLN. "Saat ini, kami telah menggunakan REC PLN sebanyak 100 unit, rencananya ke depan akan kami tambah sesuai kebutuhan," ujarnya.

Perusahaan yang dikelolanya itu berada di Kabupaten Lampung Tengah, dengan kapasitas produksi sebesar 12 ribu ton kertas per tahun. Kapasitas produksi yang cukup besar di pabriknya itu, ditunjang dengan daya listrik PLN sebesar 690 kilovolt Amper (kVA).

Tommy mengatakan, banyak perusahaan di pasaran Eropa dan Amerika mendukung gerakan green technology atau renewable energy sebagai pemenuhan tuntutan pasar global. Berdasarkan hal itu, pihaknya mengambil langkah untuk memanfaatkan penggunaan energi hijau yang dipasok PLN dengan dibuktikan melalui kepemilikan REC untuk perusahaanya itu.

"Jadi ini sangat baik dalam mendukung dan memperluas pasar global kami dengan memiliki green label dari REC PLN di kancah pasar internasional," jelasnya.

4. Terbantu pelayanan REC

Ini Perusahaan di Lampung Bersertifikat Energi Hijau dari PLNPT Sinar Bambu Kencana bergerak dibidang industri daur ulang kertas mengatakan perusahaan dikelolanya itu telah menggunakan Renewable Energy Certificate (REC). (Dok. PLN Lampung)

Dia juga mengapresiasi pelayanan PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Metro. Itu karena, pihaknya mengaku sangat terbantu atas pelayanan dan informasi yang diberikan terkait REC.

"Pelayanan PLN UP3 Metro sangat membantu kami, informasi yg diberikan terkait REC juga sangat jelas, prosesnya sangat mudah dan cepat," jelasnya.

Baca Juga: PLN Lampung Dorong Kemandirian Disabilitas lewat Dapur Dif_able 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya