Comscore Tracker

Lamsel Rawan Bencana, Bentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan

Pemkab siapkan personel dan truk khusus

Lampung Selatan, IDN Times - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, kabupaten setempat salah satu wilayah rawan bencana di Provinsi Lampung. Oleh karena itu, dibutuhkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) dapat menanggulangi permasalahan tersebut.

“Maka insyallah, pada bulan Januari ini secara resmi kita akan membentuk tim reaksi cepat untuk Kabupaten Lampung Selatan. Saya juga sudah menawarkan, pasukan dan kendaraan. Insyallah Januari akan kami realisasikan 2 truk untuk Tim TRC,” kata Nanang, Minggu (2/1/2022).

Baca Juga: 111.353 Anak Usia 6-11 Tahun di Lamsel Bakal Terima Vaksinasi COVID-19

1. Perubahan iklim tak menentu picu banjir di Lamsel

Lamsel Rawan Bencana, Bentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulanganmonclimatetmoi.ca

Nanang menuturkan, perubahan iklim yang tidak menentu pada beberapa waktu terakhir, mengakibatkan terjadinya banjir pada beberapa wilayah di Lampung Selatan.

“Memang pada bulan Desember ini, iklim sedang tidak bersahabat, sangat memprihatinkan. Ini untuk pembelajaran kita untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu,” ujarnya.

Nanang berharap, terbentuknya TRC PB dapat memberikan dampak yang baik dalam penanganan bencana di Lampung Selatan.

“Mudah-mudahan Lampung Selatan bisa terbebas dari bencana, walaupun wilayah kita ini rawan bencana. Kuncinya ada di kita semua, bagaimana kita bisa menyosialisasikan terhadap masyarakat akan pentingnya penghijauan,” imbuh Nanang.

2. Normalisasi beberapa titik lokasi bencana

Lamsel Rawan Bencana, Bentuk Tim Reaksi Cepat PenanggulanganHujan mengguyur deras di wilayah Lampung Selatan beberapa hari terakhir, menyebabkan bencana di beberapa titik. (Humas Pemkab Lamsel).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan, Dulkahar mengatakan, sesuai dengan arahan dari bupati, pihaknya bersama dengan jajaran terkait telah membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulan Bencana (TRC PB). Pembentukan tim tersebut dilaksanakan guna mempercepat aksi penanggulangan bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi pada beberapa wilayah di Lampung Selatan.

“Alhamdulillah TRC telah terbentuk. Dan alhamdulillah sudah melakukan aksi dibeberapa tempat di Lampung Selatan yang terjadi bencana,” ujarnya.

Dulkahar menambahkan, TRC PB juga telah melaksanakan normalisasi pada beberapa titik lokasi bencana, mulai dari Kecamatan Natar, Jati Agung, Katibung dan Desa Gunung Terang. “Insyaallah atas arahan dari bupati, Kabupaten Lampung Selatan menjadi kabupaten tangguh terhadap bencana,” tandas Dulhakar.

3. Salurkan bansos ke 21 desa terdampak banjir

Lamsel Rawan Bencana, Bentuk Tim Reaksi Cepat PenanggulanganHujan mengguyur deras di wilayah Lampung Selatan beberapa hari terakhir, menyebabkan bencana di beberapa titik. (Humas Pemkab Lamsel).

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melepas keberangkatan kendaraan pengangkut bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat yang tersebar di 21 desa terdampak banjir beberapa hari yang lalu.

Bantuan yang dibawa oleh TRC PB tersebut sebanyak 1.649 paket bantuan sembako dengan rincian masing-masing berisi 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, minyak goreng, sarden dan gula.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang tersebar di Kecamatan Natar, Sidomulyo, Sragi, Katibung, Kalianda, Candipuro, Penengahan dan Rajabasa.

Baca Juga: BPS Nyatakan Penduduk Miskin di Lamsel 14,1 Persen, Pemkab Bilang Ini

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya