Lamsel Gelar PTM 100 Persen 17 Mei 2022, tapi Ada Syaratnya

Yuk cek syarat apa wajib dipenuhi sekolah

Lampung Selatan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Rencananya pelaksanaan tersebut akan diterapkan 17 Mei 2022 mendatang. Tapi, ada beberapa syarat akan diberlakukan.

Asisten Bidang Adminitrasi Umum Pemkab Lampung Selatan, Badruzzaman, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan menerapkan PTM 100 persen dengan tetap membatasi jam belajar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, untuk sementara kantin sekolah tidak boleh buka.

“Kita akan menerapkan PTM (100 persen). Tapi tentu ini harus kita laporkan terlebih dahulu kepada pak bupati. Meski, Lampung Selatan sudah berada pada PPKM Level 1, bukan berarti kita lengah, kita harus tetap waspada,” ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Hepatitis Akut Saat PTM, Kantin Sekolah Belum Boleh Buka

Vaksinasi siswa 6-11 tahun baru di atas 50 persen

Lamsel Gelar PTM 100 Persen 17 Mei 2022, tapi Ada SyaratnyaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan Polda Lampung dan jajaran, untuk terus menggeber akselerasi vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Badruzzaman menjelaskan, pihaknya tetap terus mendorong capaian vaksinasi diseluruh satuan pendidikan. Ia berharap, jajaran pendidikan bisa terus menginformasikan bila ada tenaga pendidik ataupun ada anak didik belum melakukan vaksin lengkap supaya diinformasikan kepada kepala dinas kesehatan untuk penanganan

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Asep Jamhur menambahan, apabila PTM 100 persen diterapkan, semua harus saling menjaga dan saling mendukung salah satunya harus sudah melakukan vaksinasi.

Ia mencatat, siswa usia 6 – 11 tahun belum 100 persen divaksinasi. Realisasi baru di atas 50 persen.

"Kami juga saling berkoordinasi dengan (dinas) kesehatan dan puskes (program vaksinasi). Ada juga kendala guru belum melakukan vaksin ketiga atau booster. Mereka sempat tidak mau vaksin, tetapi adanya boleh mudik lebaran, alhamdulilah mereka akhirnya mau divaksin,” ujar Asep.

Disdik pantau prokes di sekolah

Lamsel Gelar PTM 100 Persen 17 Mei 2022, tapi Ada SyaratnyaIlustrasi prokes di sekolah (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Asep mengatakan, PTM saat ini sudah diterapkan dari jenjang PAUD, SD dan SMP lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan selalu memantau ditiap sekolah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anak-anak memakai masker dan pembelajaran juga tetap sesuai dengan surat edaran yang ada, masuk 50 persen,” ujarnya.

Asep menambahkan, orang tua murid, guru maupun siswa sudah mulai mengharapkan PTM berjalan 100 persen. Tapi itu semua dapat diimplementasikan selama kolaborasi dari berbagai sektor berlangsung baik.

Tiga indikator penentuan level PPKM

Lamsel Gelar PTM 100 Persen 17 Mei 2022, tapi Ada SyaratnyaWarga melintasi mural tentang pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, Senin (7/2/2022). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Joniyansyah menjelaskan, kabupaten setempat saat ini telah memasuki Level 1. Ada 3 indikator menjadi penentu suatu daerah dijadikan Level 1,2 atau 3, yaitu transmisi komunitas, kapasitas respons dan terkait capaian vaksinasi.

Dari ketiga indikator tersebut, tercatat transmisi komunitas sudah berada ditingkat 1. Indikator yang ada dalam transmisi komunitas ini ada standarnya juga dan sudah dicapai.

Terkait indikator kapasitas respons ada yang memadai tidak memadai. Dan alhamdulilah dari kemarin pun kita sudah memadai. Dan yang ketiga yaitu cakupan vaksin, ini juga ada 2 indikator yang pertama cakupan vaksin lengkap dan cakupan vaksin terhadap lansia ini semua kita sudah capai,” jelas Joniyansyah.

Baca Juga: Dua Minggu PTM 100 Persen Bandar Lampung Lancar, Ekskul Boleh Digelar

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya