Lampung Peringkat Satu Produksi Padi Tertinggi 2019-2020, Kok Bisa?

Gubernur Arinal raih penghargaan dari Wapres

Bandar Lampung, IDN Times - Pembangunan sektor pertanian di Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan dan mampu tumbuh secara positif meskipun dalam pandemik COVID-19. Merujuk besaran produksi padi Provinsi Lampung 2020 mencapai 2,65 juta ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 22,47 persen dari produksi padi tahun 2019. 

Menurut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi momentum itu harus terus dijaga. Satu caranya, meluncurkan kebijakan strategis yaitu program Kartu Petani Berjaya (KPB). 

"Program ini diharapkan memberikan berbagai kemudahan kepada petani dalam proses produksi dan pemasaran hasil pertanian. Karena tumbuh dan berkembangnya sektor pertanian berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lampung," ujarnya melalui pernyataan resmi pascamenerima penghargaan dari Kementerian Pertanian karena berhasil meraih peringkat satu Kategori Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (13/9/2021). 

Baca Juga: Lampung Begawi, Ajang Promosi UMKM dan Pariwisata di Lampung 

1. Peringkat satu kategori provinsi peningkatan produksi padi tertinggi 2019-2020

Lampung Peringkat Satu Produksi Padi Tertinggi 2019-2020, Kok Bisa?Panen padi kelompok tani mitra binaan PTPN VII digelar di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (18/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian karena berhasil meraih peringkat satu Kategori Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020. Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Penghargaan ini berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 465 / Kpts / KP. 590 / M / 08 / 2021 tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada lima gubernur dan lima bupati untuk Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020. 

Penghargaan juga diberikan kepada lima gubernur dan lima bupati untuk Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode Januari 2020 sampai Juni 2021. 

Wapres mengucapkan selamat kepada para gubernur dan bupati daerahnya terpilih mendapatkan penghargaan bidang pertanian tahun 2021. "Anda telah bekerja keras dan menginspirasi kepala daerah yang lain untuk juga bekerja keras, berpacu meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Ma'ruf. 

2. Ketangguhan sektor pertanian dimasa krisis ditopang kerja keras dan sinergi insan pertanian serta pemda

Lampung Peringkat Satu Produksi Padi Tertinggi 2019-2020, Kok Bisa?Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian karena berhasil meraih peringkat satu Kategori Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (13/9/2021). (IDN Times/Istimewa). 

Wapres Ma'ruf mengatakan, ketangguhan sektor pertanian dimasa krisis seperti ini, tidak dapat dilepaskan dari kerja keras dan sinergi para insan pertanian serta komitmen kuat dari pemerintah daerah. Ia menyebutkan, roda pembangunan pertanian nasional tidak akan bisa digerakan tanpa adanya kerjasama, kerja bersama yang integratif dan kolaboratif antara pemerintah pusat dan daerah. 

"Atas dasar sinergi antara pemerintah pusat dan daerah itu, performa sektor pertanian selama pandemi telah menjadi andalan dalam proses pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Menurut Ma'ruf, amat penting bagi pemerintah pusat untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten. Apresiasi ini karena telah berkontribusi dan berprestasi dalam rangka meningkatkan produksi pangan, dan ekspor pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 

"Penghargaan bidang pertanian ini diberikan khusus kepada kepala daerah yang telah menciptakan terobosan dan inovasi serta berhasil secara nyata mendorong daerahnya dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian nasional," ujarnya. 

3. Pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Sumatera

Lampung Peringkat Satu Produksi Padi Tertinggi 2019-2020, Kok Bisa?idntimes.com

Ma'ruf menerangkan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah yang telah berkontribusimemenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian. 

Penghargaan ini juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 diperingati 24 September 2021 mendatang. 

Merujuk data resmi dilansir BPS per Agustus 2021, pertumbuhan ekonomi Lampung juga menunjukan tren positif. Besaran pertumbuhan ekonomi Triwulan I-2021 secara q-to-q, Lampung tumbuh 3,04 persen dan Triwulan II-2021 tumbuh 6,69 persen. Angka ini merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Sumatera.

Baca Juga: Program Merdeka Ekspor, Lampung Capai Rp660,5 Miliar Sasar 47 Negara

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya