Comscore Tracker

Keren! Warga Kota Metro Kini Bisa Nikmati Pojok Baca Digital

Satu-satunya daerah di Lampung ada fasilitas Pocadi

Metro, IDN Times - Kota Metro akan segera memiliki Pojok Baca Digital (Pocadi). Fasilitas itu rencananya akan diresmikan Rabu (23/12/2020) mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro, Syachri Ramadhan, mengatakan, Pocadi merupakan hibah dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penyerahan simbolis peralatan Pocadi sudah dilakukan Tim Teknis Perpusnas RI.

Baca Juga: Cagar Budaya Rumah Dokter Saksi Sejarah Perkembangan Kota Metro

1. Diharapkan dapat tumbuhkembangkan budaya literasi

Keren! Warga Kota Metro Kini Bisa Nikmati Pojok Baca DigitalKota Metro menjadi satu-satunya daerah penerima Pojok Baca Digital (Pocadi) di Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Layanan Pocadi berlokasi di pusat kota tepatnya di seputaran Masjid Taqwa dan Taman Merdeka Kota Metro. Menurut Syachri, sebagai fasilitas layanan perpustakaan, Pocadi akan menjadi salah satu media yang bisa dimanfaatkan masyarakat menumbuhkembangkan budaya literasi.

"Kami berharap Pocadi akan menjadi ruang publik yang menarik untuk mencari informasi dan referensi. Keberadaan Pocadi di depan Masjid Taqwa diharapkan menjadi daya tarik tersendiri dimana masyarakat akan dimanjakan dengan akses yang mudah untuk beribadah sekaligus media informasi," paparnya, Minggu (20/12/2020).

2. Satu-satunya daerah di Lampung terima Pocadi

Keren! Warga Kota Metro Kini Bisa Nikmati Pojok Baca DigitalKota Metro menjadi satu-satunya daerah penerima Pojok Baca Digital (Pocadi) di Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Kota Metro menjadi satu-satunya daerah penerima Pojok Baca Digital (Pocadi) di Provinsi Lampung. Penghargaan itu direngkuh sebagai apresiasi penerapan perpustakaan berbasis inklusi sosial.  

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro, Syachri Ramadhan, menjelaskan secara nasional ada 20 daerah yang mendapatkan bantuan pojok baca digital. “Alhamdulillah, di Lampung Metro menjadi satu-satunya daerah yang terpilih untuk mendapatkan hibah Pocadi tahun ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan yang akan didapatkan adalah perangkat TIK, tiga unit computer e-book, satu unit televisi, rak buku berkapasitas 300 eksemplar dan juga meja kursi.

3. Minat literasi masyarakat tinggi

Keren! Warga Kota Metro Kini Bisa Nikmati Pojok Baca DigitalPojok baca digital. (pusjasa.perpusnas.go.id).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro Syachri Ramadhan, menjelaskan, angka kunjungan perpustakaan secara langsung setiap tahunnya terus meningkat. Selain kunjungan langsung, kunjungan melalui ePusda, sejak dipublikasikan lewat media sosial per 4 Juli 2019 lalu, setidaknya sudah dikunjungi 906 orang.

Rinciannya, 85 persen pengunjung rata-rata berusia antara 19 hingga 39 tahun dan 39 persen dari jumlah itu berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa, 15 persen sisanya berusia di atas 40 tahun yang terdiri dari ibu rumah tangga dan pekerja lepas. Saat ini terdapat sedikitnya 1.800 judul buku yang bisa diakses dengan mudah melalui ePusda Kota Metro. Bandar Lampung per 28 Juli 2020.

Baca Juga: 85 persen pengunjung ePusda Kota Metro Kaum Gen Z dan Milenial

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya