Keren! Museum Mini Persalinan Pertama Lampung Diresmikan di Metro

Museum Mini Santa Maria

Metro, IDN Times - Museum Mini Santa Maria Metro akan diresmikan dan dibuka untuk umum, Sabtu (12/2/2022) sore ini. Klinik Santa Maria sendiri merupakan rumah sakit persalinan pertama sekaligus tertua di Lampung berdiri sejak 1938. Bahkan, Pemerintah Kota Metro menetapkan bangunan ini sebagai cagar budaya lho pertengahan 2021 lalu.

Suster (Sr) Fransisco, perwakilan Klinik Bersalin Santa Maria menjelaskan, museum mini beroperasi berkat kerja sama dan dukungan dari berbagai kalangan. "Kami bersyukur berkat kerja sama dan berbagai kalangan museum mini ini dengan segala keterbatasannya semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Ia menambahkan, museum mini ini menyajikan koleksi berbagai alat yang digunakan sepanjang perjalanan sejarah Klinik Santa Maria.

Baca Juga: Komunitas Sepeda Potret Hadirkan Pojok Onthel di RIS Metro

1. Ragam kegiatan semarakkan pembukaan museum

Keren! Museum Mini Persalinan Pertama Lampung Diresmikan di MetroMuseum Mini Santa Maria Metro akan diresmikan dan dibuka untuk umum, Sabtu (12/2/2022). (IDN Times/Istimewa).

Menyemarakkan pembukaan Museum Mini Santa Maria,  digelar berbagai kegiatan mulai dari pemutaran dokumenter Jejak Klinik Santa Maria karya Billy Barley dan penampilan penyanyi cilik Dzamira Nada Farisya (7) hari ini. Selain itu di hari yang sama Gink Technology juga akan merilis aplikasi Metro Walking Tour.

Even lainnya akan digelar, Minggu (13/2/2022) peluncuran buku Dakwah Islam dan Misi Katolik di Lampung abad 20 karya Agus Mahfudin Setiawan Dosen UIN Raden Intan Lampung. Selain peluncuran buku juga akan digelar Bincang Ontel bersama komunitas Onthelist 

"Kegiatan pembukaan museum ini sengaja dilakukan selama dua hari agar tidak terjadi penumpukan pengunjung jika digelar sekaligus dalam waktu yang sama," jelas Adi Setiawan dari penerbit Pensil Bersejarah. 

2. Pameran ontel edisi khusus

Keren! Museum Mini Persalinan Pertama Lampung Diresmikan di MetroMuseum Mini Santa Maria Metro akan diresmikan dan dibuka untuk umum, Sabtu (12/2/2022). (IDN Times/Istimewa).

Pembukaan Museum Mini Santa Maria juga akan dimeriahkan pameran sepeda onthel digelar Paguyuban Onthel Ria Metro (Potret). Ketua  Potret, Akhmad menjelaskan koleksi akan ditampilkan adalah koleksi khusus sudah cukup langka.

"Lewat pameran ini, Potret ingin memulai literasi terkait sejarah sepeda dengan menampilkan koleksi-koleksi unik yang dimiliki oleh anggota-anggota kami. Sekaligus memberikan literasi sejarah sepeda onthel itu sendiri sebagai budaya bangsa," jelasnya.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Metro Siti Rogayati Seprita, mengatakan pembukaan museum mini ini juga rencananya akan dihadiri oleh wakil gubernur Lampung, wali kota Metro dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain itu, sejumlah tokoh nasional juga telah mengirimkan video ucapan selamat atas pembukaan museum mini pertama di Kota Metro ini, di antaranya dr.Jihan Nurlela anggota DPD RI, Itet Sumarijanto anggota DPR RI dan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

3. Museum pertama di Metro

Keren! Museum Mini Persalinan Pertama Lampung Diresmikan di MetroMuseum Mini Santa Maria Metro akan diresmikan dan dibuka untuk umum, Sabtu (12/2/2022). (IDN Times/Istimewa).

Ancilla Hernani dari Sahabat Santa Maria menjelaskan, kehadiran museum mini ini juga sekaligus menjadi museum pertama di Kota Metro. "Kota Metro sendiri telah memiliki Perda terkait Permuseuman sejak tahun 2020 dan akhirnya pada tahun 2022 berkat gotong-royong berhasil mendirikan museum mini ini," katanya.

Menurutnya, museum mini ini menjadi museum pertama sejak Kota Metro berdiri 84 tahun lalu. Ia juga berharap ke depan akan semakin banyak museum yang berdiri di Kota Metro.

Peresmian museum ini akan dimulai walking tour para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Metro Sabtu sore ini. Ketua IDI Metro, dr. Agung mengatakan kegiatan pembukaan museum akan dimeriahkan dokter-dokter muda sedang ko asisten (koas) di Kota Metro dan juga para onthelist.

"Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan kelak akan menjadi duta bagi kehadiran museum ini sekaligus mempromosikan Kota Metro saat kembali ke daerahnya,. Kami juga berharap ke depan wisata kesehatan dan heritage di Kota Metro akan dapat berkembang," jelas Agung.

Baca Juga: Melongok Kampung Tematik Bung Yoss Metro, Ada Mural dan Kuliner Jadul

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya