Kerap Terjadi Lakalantas, Pemkot Metro Perbaiki Jalan Budi Utomo

Padahal jalan itu kewenangan Pemprov Lampung

Metro, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), mulai memperbaiki Jalan Budi Utomo. Jalan ini merupakan jalur yang melintas di Kelurahan Margodadi, Kecamatan Metro Selatan.

Jalan Budi Utomo yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung. Tapi  saat ini mulai diperbaiki oleh Pemkot setempat.

Baca Juga: Metro Lokus Penurunan Stunting, Perlu Percepatan Verifikasi dan Validasi

1. Kerap terjadi lakalantas

Kerap Terjadi Lakalantas, Pemkot Metro Perbaiki Jalan Budi UtomoIlustrasi Kecelakaan Kendaraan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan keterangan para warga, kondisi jalan rusak kerap memicu  kecelakaan lalulintas. Terbaru, seorang pria mengalami patah tulang kaki akibat terjatuh saat melintasi jalan tersebut. 

Camat Metro Selatan Yulia Chandra Sari, mengatakan tumpukan material seperti batu belah, batu sabes dan batu split terlihat disepanjang ruas jalan sebagai sarana perbaikan jalan. Material batu belah dari Dinas PUTR Kota Metro, untuk penanganan kondisi darurat Jalan Budi Utomo.

2. Metode perbaikan jalan

Kerap Terjadi Lakalantas, Pemkot Metro Perbaiki Jalan Budi UtomoPemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), mulai memperbaiki Jalan Budi Utomo per Senin (10/1/2022). (Dok Pemkot Metro).

Yulia menjelaskan, pengerjaan perbaikan jalan menggunakan metode Lapen (lapisan penetrasi). Berdasarkan keterangan dari Dinas PUTR, Lapen materialnya terdiri dari batu belah/onderlah.

"Setelah itu dilapis dengan batu 3:5cm dan batu 1:2 kemudian dilapis screening dan di cor aspal cair. Pengerjaan ini untuk penanganan jalan sepanjang sekitar 250 meter,” katanya.

3. Pakai dana APBD Kota Metro

Kerap Terjadi Lakalantas, Pemkot Metro Perbaiki Jalan Budi UtomoPemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), mulai memperbaiki Jalan Budi Utomo per Senin (10/1/2022). (Dok Pemkot Metro).

Yulia menjelaskan, dana pemeliharaan berasal dari dana APBD Kota Metro melalui dinas PUTR. Terkait administrasi, pihak PUTR sudah berkoordinasi dengan PU Provinsi Lampung, terkait penanganan darurat jalan Budi Utomo yang jadi kewenangan provinsi.

“Semoga dengan perbaikan jalan ini dapat memudahkan masyarakat dalam transportasi dan mengurangi kecelakaan. Semoga juga dapat mengurangi kemacetan,” ungkapnya.

Masyarakat sekitar juga mengharapkan, pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi segera melakukan perbaikan jalan Budi Utomo di Margodadi hanya satu kilometer, dari perbatasan Margorejo dan perbatasan Rejomulyo.

Baca Juga: Kinerja Pelayanan Publik Metro Disorot Ombudsman, Wali Kota Bilang Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya