Hore! PLN akan Hadirkan ‘Terang’ di 8 Desa Pematang Sawa Tanggamus

Percepat pembangunan infrastruktur listrik Rp61 miliar

Tanggamus, IDN Times –  Warga delapan desa di Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung sejak lama berkeinginan area tempat tinggal ada jaringan listrik. Itu lantaran, sebelum listrik masuk desa hadir, warga hanya mengandalkan lampu minyak.

Listrik baru hadir di desa kecamatan tersebut 2017 lalu. Itu melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), namun belum berfungsi optimal.

1. PLN akan hadirkan terang di delapan desa Tanggamus

Hore! PLN akan Hadirkan ‘Terang’ di 8 Desa Pematang Sawa TanggamusPT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi (UID) Lampung akan menghadirkan ‘terang” di delapan desa Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus. (IDN Times/PLN UID Lampung).

Kabar baik pun tiba. PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi (UID) Lampung akan menghadirkan ‘terang” di delapan desa Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Rencana itu disambut antusias warga. Adanya listrik PLN, warga berharap pasokan listrik menjadi semakin handal sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan perekonomian warga.

“Terima kasih untuk PLN hadir untuk memperjuangkan terangnya desa-desa di Pematang Sawa. Dengan listrik PLN ini, pikiran kami bisa terang juga. Karena kalau dunia ini gelap, pikiran juga ikut gelap,” celoteh warga Pematang Sawa Kamto Mulyono.

Baca Juga: Cerita Erick Thohir 3 Hari 'Sulap' Asrama Haji Lampung jadi RS COVID-19

2. Mempercepat pembangunan infrastruktur listrik senilai Rp61 miliar

Hore! PLN akan Hadirkan ‘Terang’ di 8 Desa Pematang Sawa Tanggamusanggaran

PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi (UID) Lampung mempercepat pembangunan infrastruktur listrik senilai Rp61 miliar. Pembangunan itu bertujuan menghadirkan ‘terang' di delapan desa Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Delapan desa tersebut yaitu, Teluk Brak, Karang Brak, Tirom, Way Asahan, Kaur Gading, Way Asahan, Tampang Tua dan Tampang Muda. Untuk melistriki delapan desa tersebut, PLN akan membangun jaringan listrik sepanjang 60 kilometer.

“Ada potensi sekitar 2.500 calon pelanggan untuk desa yang akan dibangun infrastruktur listrik di Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus,” terang General Manager PLN Lampung, I Gede Agung Sindu Putra dalam pernyataan tertulis, Senin (9/8/2021).

3. Pembangunan konstruksi jaringan listrik ada tantangan

Hore! PLN akan Hadirkan ‘Terang’ di 8 Desa Pematang Sawa TanggamusIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Gede, konstruksi jaringan listrik bukan tanpa tantangan. Pasalnya, desa-desa tersebut memiliki letak geografis yang berada di antara perbukitan, akses jalan yang tidak layak untuk mobilisasi material, serta berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS).

Pembangunan jaringan listrik dilakukan tidak melalui rute jalan yang sudah ada, namun melalui rute baru yang menghubungkan antara bukit ke bukit.

“Kami membangun jaringan listrik di sini bukan melalui rute jalan biasa, namun kami melalui rute baru. Hal ini dilakukan selain untuk memangkas jarak, juga dikarenakan untuk menghindari masuknya jaringan listrik ke TNBBS,” jelasnya.

4. Rasio desa berlistrik (RDB) di Lampung sebesar 99,43 persen

Hore! PLN akan Hadirkan ‘Terang’ di 8 Desa Pematang Sawa Tanggamuswisatasumatera.com

Sindu mengatakan, tantangan-tantangan dihadapi membangun konstruksi listrik tidak membuat tim PLN menyerah. Semangat dan tekad yang bulat pihaknya terus berupaya menerangi pelosok Provinsi Lampung menjadi modal.

Saat ini, rasio desa berlistrik (RDB) di Lampung sebesar 99,43 persen. Sementara itu, RDB Lampung pada tahun ini diproyeksikan meningkat menjadi 99,7 persen.

“Target tersebut dapat tercapai apabila jaringan kelistrikan delapan desa di Kabupaten Tanggamus berhasil dioperasikan,” kata Sindu.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa ITERA Bikin Teknologi Penyuling Air Laut Tenaga Surya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya