Duh! 5 Tahanan Polsek Pulau Panggung Tanggamus Melarikan Diri

Memanjat dinding dan potong jeruji besi

Tanggamus, IDN Times - Lima tahanan Polsek Pulau Panggung melarikan diri, Selasa (25/1/2022) sekitar pukul 02.00 WIB. Tahanan melarikan diri dengan cara memanjat dinding dan memotong jeruji besi atas ruangan olah raga dan berjemur tahanan.

Hal itu disampaikan Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, saat dikonfirmasi, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: 7 Warga Pesta Sabu di Rumah Ditangkap, Ada Residivis dari Lapas Anak

1. Pakai gergaji potong jeruji besi

Duh! 5 Tahanan Polsek Pulau Panggung Tanggamus Melarikan DiriIlustrasi gergaji (Pexels/Ksenia Chernaya)

Satya mengatakan, tahanan memotong besi jeruji menggunakan gergaji besi. Kemudian turun menggunakan tali yang sengaja dibuat dari sobekan kain yang disambung.

"Di lokasi ditemukan gergaji besi yang diduga digunakan untuk memotong besi ruang tahanan. Sedang dilakukan pendalaman terkait siapa yang membantu memberikan gergaji tersebut hingga bisa berada diruang tahanan," ujarnya.

Kapolres menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi akibat adanya dugaan kelalaian petugas jaga tahanan atau petugas piket Polsek.

"Diduga kelalaian petugas. Dan saat ini tim gabungan Reskrim dan Polsek maupun Polres masih berada di lapangan untuk mencari keberadaan tahanan yang melarikan diri," jelasnya.

2. Terlibat kasus curat

Duh! 5 Tahanan Polsek Pulau Panggung Tanggamus Melarikan DiriIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolres juga mengimbau para tahanan untuk menyerahkan diri dan mengikuti proses hukum. Menurut Satya, kelima tahanan tersebut ditahan dalam perkara pencurian dengan pemberatan (Curat) sedang dalam proses penyidikan sesuai laporan polisi tanggal 18 Desember 2021 atasnama pelapor Eva Diana Sari.

Identitas tahanan tersebut, di antaranya berinisial BU alias Bul (24), HR (18), DS (18), RI (28) warga Pekon Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. Sedangkan HE (31), warga Dusun Kampung Asam Pekon Gunung Meraksa Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus.

"Hasil penyelidikan dan pengejaran, berhasil diamankan seorang tahanan berinsial DS (18) saat ia bersembunyi di wilayah Kecamatan Ulu Belu, Tanggamus," jelasnya.

3. Pendekatan kepada pihak keluarga

Duh! 5 Tahanan Polsek Pulau Panggung Tanggamus Melarikan Diriilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Satya menjelaskan, tindak lanjut terhadap 4 tahanan belum tertangkap masih dalam pencarian tim gabungan. Polres Tanggamus telah melaksanakan pendekatan kepada pihak keluarga melalui kepala pekon untuk memberitahukan kepada tim agar dilakukan penjemputan.

"Mohon doa semua masyarakat agar para tahanan yang melarikan diri dapat kembali ditangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya," tegasnya.

Baca Juga: Satu Keluarga Meninggal Ditabrak Pikap, Polda Lampung Kerahkan Tim Khusus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya