Dorong UMKM Go Internasional, Rumah BUMN Gelar Workshop Export Class

Langkah awal pelaku UMKM mulai berorientasi pasar internasio

Bandar Lampung, IDN Times - Rumah BUMN Bandar Lampung menggelar Pelatihan Strategi dan Peluang Ekspor bagi UMKM Binaan Rumah BUMN Bandar Lampung. Gelaran pelatihan menghadirkan narasumber berpengalaman dari PT Arjuna Triartha Logistik.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan kapasitas pelaku UMKM terutama UMKM binaan Rumah BUMN Bandar Lampung. Satu caranya Workshop Export Class Lampung digelar, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: PLN Peduli-Rumah BUMN Gelar Pelatihan Dorong Pelaku UMKM Taat Perizinan

1. Langkah awal pelaku UMKM mulai berorientasi pasar internasional

Dorong UMKM Go Internasional, Rumah BUMN Gelar Workshop Export ClassPelatihan strategi dan peluang ekspor bagi UMKM binaan Rumah BUMN Bandar Lampung, Selasa (25/10/2022). (Dok. Rumah BUMN).

Managing Partners sekaligus Direktur Niaga PT Arjuna Triartha Logistik, Merli Yunita Sari menyebutkan pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai ekspor perlu diberikan pada pelaku UMKM. Harapannya, dapat menjadi sebuah langkah awal pelaku UMKM untuk dapat mulai berorientasi pada pasar internasional.

“Terdapat beberapa langkah perlu dirancang dari awal, untuk pelaku UMKM agar dapat melakukan ekspor tersebut, seperti legalitas, riset pasar, sampai korespondensi,” jelasnya.

Merli menambahkan, selaku konsultan ia harus memiliki misi untuk dapat memberikan akses informasi dan pendampingan bagi pelaku UMKM  mengarahkan setiap langkah untuk menembus pasar internasional.

2. Ternyata ekspor tak perlu produksi jumlah besar

Dorong UMKM Go Internasional, Rumah BUMN Gelar Workshop Export ClassIlustrasi Ekspor (IDN Times/Arief Rahmat)

Salah satu peserta pelatihan, Laila Qoriah pemilik Keripik Pisang Siger Gold menuturkan, setelah mengikuti pelatihan ekspor ini, harapan untuk bisa ekspor produknya menjadi terasa lebih mudah.

“Karena di bayangan saya untuk ekspor itu perlu produksi dalam jumlah besar atau satuan ton. Tapi ternyata saat ini sudah banyak UMKM yang melakukan penjualan dengan skala kecil,” jelasnya.

Laila menambahkan, sebagai pelaku UMKM, merasa senang karena mendapat dukungan penuh dari berbagai instansi dan lembaga dalam meningkatkan kapasitas UMKM.

3. Orientasinya tidak hanya untuk penjualan dalam negeri

Dorong UMKM Go Internasional, Rumah BUMN Gelar Workshop Export Classhttp://premieroffshore.com/which-countries-tax-worldwide-income/

MSB Komunikasi & TJSL PLN UID Lampung, Elok Faiqoh Saptining Ratri mengatakan, pelatihan di Rumah BUMN diharapkan dapat selalu menjadi jawaban dari apa yang dibutuhkan oleh Mitra Binaan yang tergabung di Rumah BUMN Bandar Lampung.

"Meningkatkan kapasitas UMKM itu penting demi keberlangsungan pelaku UMKM itu sendiri dan menjadi penentu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jadi, orientasinya tidak hanya untuk penjualan dalam negeri tapi bisa jauh sampai pasar internasional," jelasnya. 

Baca Juga: Dongkrak Penjualan UMKM Binaan, Rumah BUMN Gelar Pelatihan Desain Kemasan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya