Polres Pringsewu dan Tanggamus Kian Masif Gelar Vaksinasi COVID-19

Demi target herd immunity 70 persen

Pringsewu, IDN Times – Persentase masyarakat di Kabupaten Pringsewu sudah divaksin COVID-19 mencapai 60 persen lebih. Namun, itu belum memenuhi target herd Immunity 70 persen ditetapkan pemerintah hingga akhir 2021.

Dalam rangka percepatan vaksinasi, Polres Pringsewu menggelar kegiatan vaksinasi di salah satu gerai vaksin yang berada di kantor Pekon Fajar Agung, Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Kegiatan itu dipantau langsung Wakapolres Pringsewu, Kompol Leksan Ariyanto.

Baca Juga: Dua Korban Lakalantas di Pringsewu Simpan Sabu di Kotak Rokok

1. Optimis herd immunity tercapai akhir tahun ini

Polres Pringsewu dan Tanggamus Kian Masif Gelar Vaksinasi COVID-19Wakapolres Pringsewu, Kompol Leksan Ariyanto meninjau vaksinasi di kantor Pekon Fajar Agung, Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. (Dok Polres Pringsewu).

Kompol Leksan menjelaskan, pihaknya meninjau langsung sebagai bentuk upaya mendukung program pemerintah dalam mempercepat penanganan vaksinasi. “Kami melakukan pengecekan langsung untuk memastikan kegiatan vaksinasi berjalan aman dan lancar sesuai dengan tujuan yang di inginkan. Dan jika ada kendala dapat segera dilakukan penanganan secepatnya,” ujarnya, Rabu (15/12/2021).

Ia menambahkan, pemerintah saat ini gencar menyelenggarakan vaksinasi guna memutus mata rantai COVID-19. Terlebih lagi munculnya varian baru COVID-19 seperti Omicron yang saat ini sedang mewabah di berbagai negara dan perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

Menurut Leksan, masifnya vaksinasi yang dilakukan pemerintah saat ini, target vaksinasi diharapkan segera tercapai sehingga herd immunity dapat segera terbentuk dan pandemik bisa dikendalikan.

2. Vaksinasi di Pekon Batu Bedil Tanggamus lebihi target

Polres Pringsewu dan Tanggamus Kian Masif Gelar Vaksinasi COVID-19Polres Tanggamus melalui unsur terpadu Tim II dan Tim V melaksanakan vaksinasi di Balai Rakyat Pekon Batu Bedil Kecamatan Pulau Panggung, Selasa (14/12/2021). (Dok Polres Tanggamus).

Kegiatan serupa digelar Polres Tanggamus melalui unsur terpadu Tim II dan Tim V. Tim ini kembali melaksanakan vaksinasi. Kali ini vaksinasi tim tersebut dipusatkan di Balai Rakyat Pekon Batu Bedil Kecamatan Pulau Panggung, Selasa (14/12/2021).

Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus, Iptu Musakir mengatakan, masyarakat sangat antusias mengikuti vaksin. Alhasil, kerja keras tim terpadu tersebut terbayarkan karena kembali berhasil mencatatkan lampuan target.

"Masyarakat sangat antusias dan dari target 400 dosis berhasil  disuntik 516 dosis. Terima kasih kepada tim dan masyarakat. Semoga nelalui vaksinasi tersebut, masyarakat terhindar COVID-19 dan pandemi segere berakhir," tandasnya.

3. Jenis vaksin digunakan

Polres Pringsewu dan Tanggamus Kian Masif Gelar Vaksinasi COVID-19Polres Tanggamus melalui unsur terpadu Tim II dan Tim V melaksanakan vaksinasi di Balai Rakyat Pekon Batu Bedil Kecamatan Pulau Panggung, Selasa (14/12/2021). (Dok Polres Tanggamus).

Terkait jenis vaksin yang digunakan, Kapolsek mengatakan, 47 dosis AstraZeneca untuk dosis 1, lalu 393 dosis AstraZeneca untuk dosis 2. Ada juga 49 dosis Sinovac untuk dosis 1 dan 27 dosis Sinovac untuk dosis 2.

"Dari keseluruhan penyuntikan dosis, seluruh masyarakat dalam keadaan sehat usai divaksin," ujarnya.

Baca Juga: Dua Pekerja Pembersih Rumput Jalinbar Tanggamus Ditabrak Mobil Innova

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya