Bocah SD Gagalkan Jambret HP, Kapolda Lampung Beri Hadiah Spesial

Kejadian gagalkan aksi jambret viral di medsos

Bandar Lampung, IDN Times - Rizky Maulana tercatat siswa Sekolah Dasar berusia 12 tahun. Namanya beberapa hari terakhir menjadi buah bibir warganet. 

Pasalnya, ia berani menggagalkan aksi penjambretan handphone miliknya. Tak tanggung-tanggung, satu pelaku ditarik hingga terjatuh dari sepeda motor.

Ternyata, dari postur tubuh bocah SD tersimpan keberanian dan "kenekatan" untuk melawan penjambret. Berikut IDN Times rangkum ceritanya.

Baca Juga: Polda Lampung Musnahkan Ratusan Kilo Narkotika Senilai Rp200 Miliar

1. Refleks kejar pelaku

Bocah SD Gagalkan Jambret HP, Kapolda Lampung Beri Hadiah SpesialRizky Maulana (12) bertemu Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, Rabu (25/10/2023). (Dok. Polda Lampung).

Rizky mengaku, tidak berpikir panjang saat dia mengejar pelaku penjambretan mengambil ponselnya, Jumat pekan lalu. "Reflek aja. Langsung ngejar pas diambil (dirampas)," katanya saat diwawancarai di Polda Lampung, Rabu (25/10/2023).

Ia menambahkan, berani mengejar si pelaku  jambret dengan harapan bisa mengambil kembali ponselnya. Dalam pikirannya, dia hanya ingin agar si pelaku tidak kabur dan bisa tertangkap.

Bahkan dia tidak sadar jika ponselnya itu telah terjatuh dari genggaman si pelaku. "Saya tarik jaketnya sampai saya juga jatuh. Ini kemarin sempat sakit, Om. Pokoknya dia (pelaku) harus ketangkap," kata dia.

2. Dapat hadiah dari kapolda

Bocah SD Gagalkan Jambret HP, Kapolda Lampung Beri Hadiah Spesial2. Dapat hadiah dari kapolda

Rafi Manaf, ayah Rizky mengatakan, tidak menyangka sang buah hati berani mengejar pelaku. Alhasil, dia pun bangga begitu melihat rekaman video CCTV saat Rizky melawan penjahat.

"Ya bangga, bisa ketemu kapolda juga tadi, diundang ke ruangan," kata Rafi.

Atas keberaniannya, Rizky pun diundang oleh Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika ke ruang kerjanya. Rizky bercerita langsung ke kapolda detik-detik dia mengalami penjambretan.

Rizky pun mendapat reward berupa bantuan pendanaan untuk sekolah dan diajak berkeliling Polda Lampung menggunakan mobil golf.

Kapolda Lampung mengatakan, reward itu hanya hadiah kecil untuk Rizky yang kebetulan berulang tahun pada 29 Oktober nanti. "Cuma hadiah kecil buat penyemangat sekolah,"

3. Terekam CCTV

Bocah SD Gagalkan Jambret HP, Kapolda Lampung Beri Hadiah Spesialilustrasi CCTV (freepik.com/Freepik)

Diketahui, video Rizky menggagalkan aksi penjambretan viral di media sosial. Pelaku ditarik hingga terjatuh dari sepeda motornya oleh sang bocah.

Video rekaman kamera CCTV durasi 1.27 menit memperlihatkan detik-detik terjadinya aksi penjambretan. Dalam video itu, Rizky tampak sedang bermain ponsel sambil duduk di kursi depan rumah bersama teman-temannya.

Kemudian muncul sepeda motor jenis Honda Beat warna putih-biru yang ditumpangi tiga orang mengenakan hoodie masuk ke gang di samping rumah sang bocah. Detik berikutnya, Rizky terlihat mengejar dan menarik pelaku hingga terjatuh dari sepeda motor. Ponsel yang dirampas juga terlihat jatuh ke jalan.

Baca Juga: AKP Andri Kecewa Tak Diberi Penghargaan, Kapolda: Dia Tidak Ikhlas

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya