Bagi Beras dan Minyak Gratis, Cara Polisi Lampung Ajak Warga Vaksinasi

Ada polres beri 1 ton beras gratis

Tulang Bawang, IDN Times - Kepolisian Resort (Polres) Tulang Bawang, Lampung Selatan, dan Tanggamus makin kreatif ajak warga mau divaksinasi. Cara mereka lakukan, masyarakat selesai divaksin dapat beras hingga minyak goreng gratis.

Polres Tulang Bawang misalnya, membagikan 1 ton beras secara gratis kepada masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi serentak. Untuk wilayah hukum Polres Tulang Bawang, kegiatan vaksinasi ini dipusatkan di Balai Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang.

"Kemarin kami melaksanakan kegiatan vaksinasi serentak Indonesia, dalam kegiatan ini diberikan bantuan sebanyak 1 ton beras secara gratis kepada warga dengan kemasan 5 kilogram g untuk 200 orang, dan diserahkan secara simbolis oleh Karo Ops Polda Lampung, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono," kata Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena, Jumat (26/2/2022).

Baca Juga: Dua Wiraswasta Tulang Bawang Pesta Sabu di Rumah, Digerebek Polisi

Gerai vaksinasi buka setiap hari

Hujra menjelaskan, bagi beras gratis imbuhnya, upaya percepatan vaksinasi agar terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity) karena mencermati perkembangan kasus Covid-19 yang cenderung meningkat di Indonesia. Salah satu cara untuk menekan laju penyebaran COVID-19 adalah vaksinasi dosis lengkap (booster).

Selain itu, warga yang sudah divaksin juga harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.Prokes yang dimaksud yakni 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari kerumunan).

"Kami bekerjasama dengan dinas kesehatan setiap hari membuka gerai vaksinasi baik dosis 1, 2, maupun 3 (booster) secara gratis untuk warga masyarakat yang belum divaksin," paparnya

50 karung beras

Bagi Beras dan Minyak Gratis, Cara Polisi Lampung Ajak Warga VaksinasiPolres Tanggamus membagikan 1 ton beras secara gratis kepada masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi serentak. (Dok. Polres Tanggamus).

Polres Tanggamus dan tenaga kesehatan gelar vaksinasi COVID-19 untuk dosis kedua dan ketiga atau booster di Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting. Kegiatan ini, Polres Tanggamus telah menyiapkan 50 karung beras disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera dan lanjut usia di sekitar lokasi. 

Menurut Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu M Yusuf, vaksinasi diikuti oleh 80 warga untuk dosis II dan juga 80 warga untuk dosis III. Lokasi vaksin tepatnya di halaman mess PT Java Comfeed. 

"Kegiatan vaksin berlangsung lancar yang kebetulan jumlah sasarannya juga tidak banyak. Sehingga bisa berjalan sukses," imbuhnya. 

Yusuf menyatakan, pihaknya akan terus mendorong vaksinasi kepada masyarakat. Hal itu sebagai bentuk dukungan Polri kepada pemerintah melindungi masyarakat dari penularan COVID-19. 

Warga sulit dapat minyak goreng dikasih gratis

Polres Lampung Selatan menggelar vaksinasi COVID-19 tahap satu, dua dan tiga (booster) dan membagikan minyak goreng gratis di Kecamatan Tanjung Bintang dan Tanjungsari Lampung Selatan. Jenis vaksin disiapkan yakni Sinovac, Pfizer, dan Astra Zeneca.

“Pada kegiatan vaksinasi hari ini, Polres Lampung Selatan menyiapkan 1000 dosis vaksin, dan untuk minyak goreng kami siapkan untuk masyarakat sekitar 2.000 liter. Selain minyak goreng, kami juga menyiapkan beras gratis buat masyarakat, Insya Allah jika ada rezeki program vaksin dan minyak goreng ini akan kami lanjutkan, ke wilayah-wilayah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan,” jelas Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan minyak goreng. "Oleh karena itu kami mengambil inisiatif, selain kegiatan vaksinasi, kami juga membantu masyarakat dengan membagi minyak goreng secara gratis bagi masyarakat yang sudah divaksin," katanya.

Hal ini juga bertujuan mendorong masyarakat untuk mau dengan sukarela melaksanakan vaksinasi mulai dosis kesatu sampai ketiga (booster). "Harapan kami dengan adanya program vaksin dan minyak goreng gratis ini, seluruh warga masyarakat Lampung Selatan, melaksanakan vaksinasi, kata Edwin

Baca Juga: Remaja 15 Tahun Tanggamus Bobol 2 Rumah, Sempat Makan di Rumah Korban

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya