Comscore Tracker

Badak Lampung Berharap Tuah Positif Jadi Tuan Rumah Grup A Liga 2

Skuat gelar latihan perdana 25 Agustus 2020

Bandar Lampung, IDN Times – Manajemen Badak Lampung FC (BLFC) mengapresiasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola Tanah Air memilih BLFC sebagai salah satu tuan rumah penyisihan Liga 2. Proses drawing atau undian babak penyisihan grup kompetisi Liga 2 2020 digelar PT LIB di Jakarta, Rabu (19/8/2020). Hasil undian, Liga 2 dibagi menjadi empat grup rencananya diikuti oleh 24 klub peserta.

Hasil drawing babak penyisihan grup Liga 2 2020, Grup A diisi tim BLFC, Babel United FC, Perserang Serang, PSBS Biak, Cilegon United FC, Persewar Waropen. Sedangkan grup B, PSCS Cilacap (tuan rumah), Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, PSKC Cimahi, Persis Solo, Persigo Semeru.

Sementara Grup C  PSPS Pekanbaru (tuan rumah), Mitra Kukar FC, Martapura FC, Putra Sinar Giri FC, AS Abadi Tiga Naga, dan PSIM Yogyakarta. Grup D diisi tim PSMS Medan (tuan rumah), Sulut United FC, Semen Padang FC, Persekat, Persijap Jepara, dan Sriwijaya FC.

1. Dari awal BLFC berniat menjadi tuan rumah

Badak Lampung Berharap Tuah Positif Jadi Tuan Rumah Grup A Liga 2Stadion Sumpah Pemuda markas Badak Lampung FC (IDN Times/Instagram @badaklampungfc)

Media Officer BLFC Imam Rizaldi, menerangkan, pihaknya dari awal memang berniat menjadi tuan rumah kelanjutan kompetisi Liga 2. Kompetisi dihentikan PSSI sejak pertengahan Maret 2020 lalu terkait pandemik COVID-19.

“Keinginan ini juga selaras dengan masukan dari suporter kami yang ingin Badak Lampung jadi tuan rumah kelanjutan kompetisi (Liga 2). Jadinya kami ajukan dan kami apresiasi akhirnya terpilih jadi tuan rumah,” ujarnya kepada IDN Times, Kamis (20/8/2020).

Kompetisi Liga 2 2020 terbagi ke dalam empat grup, dimana tiap grup akan terisi enam klub dengan format single round robin. Nantinya, dua tim teratas dari masing-masing grup dipastikan melaju ke babak delapan besar.

Perihal peluang lolos babak penyisihan berbekal tuan rumah grup A, Imam menyatakan, kekuatan seluruh tim Liga 2 merata. Setiap tim memiliki peluang yang sama lolos dari babak penyisihan masing-masing dari empat grup. “Kans (BLFC) terbuka lebar. Apalagi jadi tuan rumah ada nilai plus. Semoga itu juga picu para pemain memberikan penampilan terbaik,” terangnya.

Baca Juga: Isi Lengkap Buku Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 dan Liga 2 2020

2. Skuat Laskar Saburai berkumpul 24 Agustus

Badak Lampung Berharap Tuah Positif Jadi Tuan Rumah Grup A Liga 2Badak Lampung FC (IDN Times/Instagram @badaklampungfc)

Manajemen BLFC menyatakan, para pemain tim ini akan berkumpul pada Senin (24/8/2020) mendatang. Keesokan harinya digelar latihan perdana tim berjuluk Laskar Saburai ini pasca kompetisi Liga 2 dihentikan sementara oleh PSSI.

Media Officer BLFC Imam Rizaldi, menjelaskan, skuat akan dilatih Pelatih Fisik Asep Suryadi. Sedangkan pelatih Rafael Berges Martin belum bisa menemani anak asuhnya karena sedang mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). “Itu hanya hari pertama saja, latihan berikutnya coach Rafa (sapaan akrab pelatih) sudah pimpin latihan,” jelasnya.

Terkait para pemain akan dilakukan rapid test sebelum mengikuti latihan perdana, Imam menyatakan, mayoritas para pemain sudah melakukan rapid test mandiri. Bahkan, pemain BLFC yang berdomisili di Lampung melakukan rapid test melalui dokter. Ke depan, secara berkala setiap 14 hari sekali, para pemain akan rutin mengikuti rapid test.

3. Digelar tanpa penonton, inisiatif gelar live streaming

Badak Lampung Berharap Tuah Positif Jadi Tuan Rumah Grup A Liga 2Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Bandar Lampung markas Badak Lampung FC. (IDN Times/Instagram badaklampungfc))

Bergulirnya kompetisi Liga 2 mulai 17 Oktober 2020 bakal tanpa penonton. Itu terkait pandemik COVID-19 masih belum berakhir.

Menyiasati hal tersebut, manajemen BLFC berencana menyiarkan pertandingan secara live streaming melalui saluran resmi YouTube klub ini. Media Officer BLFC, Imam Rizaldi, menjelaskan, inisiatif menggelar live streaming tujuannya mengakomodir keinginan para suporter untuk dapat menyaksikan langsung tim kesayangannya bertanding.

“Datang langsung ke stadion nonton langsung tidak memungkinkan. Opsinya kami gelar live streaming, suporter bisa nonton masing-masing dari rumah. Kami juga belum tahu apakah ada siaran langsung dari televisi nasional, jika tidak ada, kami akan gelar live streaming sendiri," terangnya.

4. Siapkan sarana terbaik sebagai tuan rumah

Badak Lampung Berharap Tuah Positif Jadi Tuan Rumah Grup A Liga 2Kondisi terkini kawasan Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) berlokasi di Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung, Minggu (2/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Terpilih sebagai tuan rumah Grup A lanjutan kompetisi Liga 2, manajemen BLFC berbenah terkait sarana dan prasarana stadion. Satu fokus perhatian adalah rumput lapangan.

“Rumput akan kami rawat pastinya karena sudah lama ga dipakai. Beberapa bagian dalam stadion juga akan dibenahi. Untuk lampu, masih berfungsi baik,” terang Media Officer BLFC, Imam Rizaldi.

5. PSSI berharap kompetisi Liga 2 berkualitas

Badak Lampung Berharap Tuah Positif Jadi Tuan Rumah Grup A Liga 2instagram/liga2match

Kompetisi Liga 2 2020 akan digulirkan pada 17 Oktober-5 Desember 2020 diikuti oleh 24 klub peserta dan akan dibagi ke dalam empat grup. Direktur Operasional PT LIB, Irjen Pol (P) Sudjarno, memimpin secara langsung proses drawing tuan rumah Liga 2 2020, Rabu (19/8/2020). Hasilnya, terpilih empat klub yang berhak menjadi tuan rumah babak penyisihan grup yaitu Badak Lampung FC (Grup A), PSCS Cilacap (Grup B), PSPS Pekanbaru (Grup C) dan PSMS Medan (Grup D). Setelah menentukan empat tuan rumah, Sudjarno juga secara acak memilih 20 tim untuk mengisi empat grup yang telah ditentukan.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, semua pihak harus menghargai hasil drawing yang diselenggarakan secara transparan dan disaksikan publik. "Mari kita buktikan kepada seluruh masyarakat Indonesia di tengah pandemi corona yang masih terjadi kita masih bisa menggelar kompetisi Liga 2 yang berkualitas," ujarnya dilansir dari situs resmi PSSI.

Hal senada juga diungkapkan Sudjarno. Ia mengatakan, fair play dan sportivitas di atas segalanya.  "Pasti akan muncul respon yang beragam dari hasil drawing tuan rumah atau peserta dari masing-masing grup. Apapun hasilnya harus kita hormati bersama, dan berharap Liga 2 musim ini berkualitas, menjunjung tinggi fair play dan patuh pada peraturan yang telah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] PSSI Pastikan Liga 1 dan Liga 2 2020 akan Dilanjutkan!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya