Ada Rekayasa Lalulintas dari Pintu Tol ke Dermaga Eksekutif Bakauheni

Perhatikan sosialisasi di sepanjang rest area ya

Lampung Selatan, IDN Times - Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin menyampaikan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan pengamanan Operasi Ketupat Krakatau 2022, sudah melakukan beberapa kesiapan.

Ia mengatakan, Polres Lampung Selatan telah melakukan berbagai upaya persiapan yaitu menyampaikan kepada rekan-rekan Organda dan Dishub Provinsi agar waktu pembelian tiket nantinya telah dilengkapi dengan hasil Swab RT-PCR atau antigen.

Itu dimulai dari saudara-saudara kita yang ada di Aceh hingga Lampung, dan kami juga sudah mensosialisasikan diseluruh pintu Tol Lampung Selatan secara visual,” ujar Edwin, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: HK Pastikan Tak Tambah Gardu Masuk dan Keluar Tol Lampung Ruas Bakter 

Rekayasa lalulintas menuju dermaga eksekutif

Ada Rekayasa Lalulintas dari Pintu Tol ke Dermaga Eksekutif BakauheniPelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Edwin menjelaskan, pihaknya telah melakukan rekayasa arus lalulintas diarea Pelabuhan Bakauheni. Selain itu, sosialisasi melalui banner pemberitahuan di Rest Area Km. 98 B, Km. 78 B, Km. 39 B, 27 B dan 20 B untuk kendaraan yang akan menuju dermaga eksekutif dari jalan tol agar keluar di pintu tol Bakauheni Utara Km 8.

"Ini agar tidak terjadi crossing diarea seaport interdictions. Kami juga pasang water berrier dan beton berrier didepan seaport interdictions agar tidak terjadi crossing," paparnya.

Edwin menambahkan, polres setempat telah membentuk Tim Anti Begal bertugas di 3 kawasan yakni, barat, tengah dan timur. Polres Lampung Selatan juga membentuk Tim Satgas melalui Sabara dengan tim patrolinya bersama dengan Unit Satreskim Lampung Selatan.

"Dari 3 alur barat, tengah dan timur telah dirikan pos pantau, dengan 3 tim patroli yang terdiri dari 27 personil dengan wilayah timur, barat dan utara,” tutur Edwin.

Puncak arus mudik 30 April dan arus balik 7-9 Mei

Ada Rekayasa Lalulintas dari Pintu Tol ke Dermaga Eksekutif BakauheniIlustrasi terminal pelabuhan Bakauheni Lampung (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni, Suharto menjelaskan, dalam rangka angkutan lebaran 2022 diprediksi akan terjadi kenaikan yang sangat signifikan. Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik-arus balik, ASDP Bakauheni telah menyiapkan 71 armada. Rinciannya, 63 Kapal reguler, 5 Kapal Express dan 3 Kapal tidak operasi (docking).

“Biasanya ada pertanyaan, apakah cukup 68 kapal? Jadi jawabnya nanti 68 kapal ini yang akan dioperasikan hanya sebagian. Jadi 68 ini sebenarnya sudah lebih dari cukup, karena disetiap dermaga itu ada 5 kapal, kalau ada 7 dermaga jadi hanya 35 kapal yang dioperasikan," paparnya.

"Diprediksi nanti yaitu roda 2 dan kendaraan kecil sehingga untuk kapasitas angkut kapal, InsyaAllah dengan 35 kapal perhari, akan bisa menampung jumlah pemudik yang diperkirakan akan naik,” jelas Suharto.

Suharto memerkirakan, puncak arus mudik dari Merak ataupun dari Bakauheni terjadi 30 April 2022. Sedangan arus balik dari Bakauheni menuju Merak sekitar 7-9 Mei 2022 akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Syarat penyeberangan merujuk SE Kemenhub

Ada Rekayasa Lalulintas dari Pintu Tol ke Dermaga Eksekutif Bakauhenikabarpenumpang.com

Terkait persyaratan mudik bagi pemudik melalui jasa penyeberangan ASDP,  Suharto mengatakan, sesuai Surat Edaran Nomor 16 dan Surat Edaran Kemenhub Nomor 38 Kementerian Perhubungan.

Surat ini menyatakan, pemudik yang sudah vaksin 1, 2 dan 3 maka tidak ada persyaratan antigen ataupun PCR. Namun jika baru vaksin dosis 1 dan 2 maka harus melampirkan atau melakukan Swab antigen ataupun PCR.

“Kita siapkan dari karyawan ASDP, gabungan TNI dan Polri kemudian dari posko dan Satgas semuanya kita sudah siap dan akan membentuk Tim Posko Gabungan.

Baca Juga: ASDP Bakauheni Prediksi Puncak Arus Mudik H-2 dan Arus Balik H-7

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya