7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk Pikuk

Suasana terkini daerah berjuluk Kota Tapis Berseri

Bandar Lampung, IDN Times - Periode Ramadan 1442 Hijriah, ruas jalan protokol hingga landmark terkemuka di Kota Bandar Lampung penuh geliat aktivitas.

Bahkan, pada sore hari, landmark seperti Tugu Adipura, flyover Jalan Sultan Agung, Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Elephant Park dan sebagainya ramai dikunjungi masyarakat atau lalu lalang kendaraan.

Kondisi berbeda terjadi, Kamis (13/5/2021) bertepatan Idul Fitri 1442 Hijriah. Hiruk pikuk suasana perkotaan tak terlihat. Bahkan, jalanan pun sepi dilintasi kendaraan. Berikut IDN Times rangkum suasana terkini daerah berjuluk Kota Tapis Berseri ini

1. Tugu Adipura

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukTugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Landmark paling hits di Bandar Lampung minim dilintasi kendaraan. Hari normal, lalu lalang kendaraan hal lazim di sini. Bahkan, saat momentum liburan, tak lengkap rasanya berkunjung ke Kota Tapis Berseri tanpa berfoto di Tugu Adipura

2. Elephant Park

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukLampung Elephant Park. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Momentum Ramadan khususnya ngabuburit, banyak masyarakat menghabiskan waktu di sini menunggu waktu berbuka puasa.

Di sini terdapat wahana permainan, beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan basket, skateboard, dan wahana permainan anak. Jajanan pasar pun banyak dijual para pedagang.

3. Lungsir

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukPersimpangan Lungsir Bandar Lampung. (IDN Times/Silviana).

Wilayah ini terletak di bilangan Jalan Diponegoro. Lokasinya juga berada di pusat kota dan dekat komplek perkantoran Pemerintah Kota Bandar Lampung. Di sini juga banyak dimanfaatkan untuk berfoto karena ada Tugu Pengantin. Bahkan pada malam hari, suasana di sini lebih gemerlap karena banyak lampu-lampu menyala

Baca Juga: Kandungan Gizi Lontong, Ketupat dan Nasi, Banyak Mana? 

Baca Juga: Lima Kue Lebaran Khas Lampung, Bikin Ngiler

4. PKOR Way Halim

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukPusat Kegiatan Olahraga (PKOR) berlokasi di Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung. (IDN Times/Martin L Tobing)

Sesuai namanya, beragam fasilitas olahraga ada di sini. Mulai dari Stadion Sumpah Pemuda tempat laga kandang tim sepak bola Liga 2 Badak Lampung, area jogging, skate park, panjat dinding, lapangan badminton, lapangan softball, dan taman.

Pagi atau sore, PKOR Way Halim menjadi pilihan masyarakat berolahraga atau menghabiskan waktu bersama keluarga untuk olahraga ataupun sekadar melepas penat. 

5. Flyover Sultan Agung

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukMural di Flyover Sultan Agung Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ini merupakan fasilitas terbaru yang diresmikan awal April 2021 lalu oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. Letaknya sangat strategis karena di sekitar lokasi ada Mal Boemi Kedaton dan salah satu ruas jalan protokol.

6. Masjid Agung Al-Furqon

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukMasjid Agung Al-Furqon (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ini merupakan masjid terbesar di Bandar Lampung dan memiliki menara setinggi sekitar 100 meter. Lantaran pandemik dan mengikuti anjuran pemerintah, pengurus masjid tidak menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di sini.

Kala malam hari, suasana di sini kerap dikunjungi warga. Ditambah lagi letaknya satu area  bilangan Lungsir.

7. Jalan Raden Intan

7 Potret Kota Bandar Lampung Momen Idul Fitri 2021, Sepi Hiruk PikukJalan Raden Intan Bandar Lampung, Kamis (13/5/2021). (Martin L Tobing).

Jalan protokol terkemuka di Kota Tapis Berseri dan saban siang sampai sore kepadatan kendaraan hal lumrah di sini. Apalagi di bilangan jalan ini menjadi pusat bisnis, dekat Stasiun Tanjungkarang, dan menjadi jalan utama penghubung menuju ruas jalan lainnya di Bandar Lampung.

Baca Juga: Menilik Tradisi Lebaran Khas Lampung, 'Hilang' Saat Pandemik

Baca Juga: Warga Sempat Ngotot Ingin Salat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Furqon

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya