5 Hektare Lahan di TPA Bakung Terbakar! Pemadaman Masih Dilakukan

Siap bagikan masker ke warga terdampak kebakaran

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandar Lampung mencatat, sekitar 5 hektare lahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung terbakar dari Jumat sore hingga, Sabtu (14/10/2023) sore ini pukul 16.00 WIB. Hal tersebut disampaikan Kadis Damkar Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan kepada awak media.

Ia mengatakan, kebakaran di TPA sampah Bakung berlokasi di Jalan RE Marthadinata Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung ini terjadi sejak, Jumat (13/10/2023) sekitar pukul 17.50 WIB. Kemarin, luas lahan yang terbakar 1,2 hektare.

Itu merujuk laporan warga ke Dinas Damkar. Sejatinya, api sudah sempat berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 02.00 WIB dini hari ini.

" Tapi pagi ini malah muncul lagi dan lahan yang terbakar lebih besar sekitar 3 hektare," papar Anthoni.

Baca Juga: Pemkot Dituding Minta Kembali Uang Bantuan Kebakaran Warga?

1. Fokus lokalisir area

5 Hektare Lahan di TPA Bakung Terbakar! Pemadaman Masih DilakukanProses pemadaman lahan TPA Bakung. Lahan berlokasi di Jalan RE Marthadinata Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung ini terjadi sejak, Jumat (13/10/2023) hingga Sabtu sore ini. (IDN Times/Martin L Tobing).

Anthoni mengatakan, hingga saat ini pihaknya mengerahkan sekitar 26 personel untuk memadamkan api di TPA Bakung. Untuk kendaraan, dikerahkan lima armada dibantu dua armada tangki air PDAM dan dua armada dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung. 

Terkait upaya pemadaman masih berlangsung hingga sore ini, ia menyatakan, Damkar fokus lokalisir area. Tujuannya, api jangan sampai menyebar ke luar TPA.

"Apalagi (menyebar) wilayah perbukitan. Bakal sulit memadamkannya," papar Anthoni.

2. Upaya pemadaman terus dilakukan

5 Hektare Lahan di TPA Bakung Terbakar! Pemadaman Masih DilakukanProses pemadaman lahan TPA Bakung. Lahan berlokasi di Jalan RE Marthadinata Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung ini terjadi sejak, Jumat (13/10/2023) hingga Sabtu sore ini. (IDN Times/Istimewa).

Berdasarkan pantauan IDN Times, api semakin membesar hingga Sabtu sore ini. Terkait hal itu, Anthoni menjelaskan, upaya pemadaman terus dilakukan. 

"Jika api semakin membesar, kita fokus lokalisir daerah-daerah (pemukiman warga). Kita juga sudah koordinasi dengan dinas terkait, camat dan lurah untuk bagikan masker bagi warga sekitar yang terdampak dan harapannya asap tidak sampai ke pemukiman," jelasnya.

Anthoni juga berharap, masyarakat yang kesehariannya beraktivitas di sekitaran TPA Bakung, untuk tidak melakukan aksi pembakaran atau membuang puntung rokok sembarangan. Tujuannya, mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali.

3. Siap bagikan masker ke warga

5 Hektare Lahan di TPA Bakung Terbakar! Pemadaman Masih DilakukanDok. IDN Times/IStimewa

Camat Telukbetung Barat, Idham Basyar Syahputra mengutarakan, penyebab pasti kebakaran belum diketahui pasti. Pihaknya masih terus memantau kondisi terkini upaya pemadaman.

"Di sini kan banyak plastik dan asap, kondisi kemarau angin juga kencang. Jika asap terbawa angin, perlu bagikan masker untuk warga," ujarnya. 

Baca Juga: 200 Hektare Lahan TNWK Terbakar, Pengelola Cemas Muncul Lagi Hot Spot

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya