TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

HUT ke-77 RI, Sang Saka Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Sepagoh

Libatkan 110 personel gabungan

Pengibaran bendera merah putih raksasa di Bukit Sepagoh pada 17 Agustus 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Bandar Lampung, IDN Times - Tim gabungan TNI-Polri bersama organisasi relawan dan pencinta alam mengibarkan bendera merah putih raksasa ukuran panjang 25 meter dan lebar 12 meter. Pengibaran tersebut dilaksanakan di Bukit Sepagoh, Sukarame Dua, Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung, Rabu (17/8/2022).

Ketua Tim Pelaksana Pengibaran Bendera, Diki Satria mengatakan, pengibaran bendera raksasa ini melibatkan sebanyak 110 personel gabungan dengan waktu pembentangan mulai pukul 10.17 WIB.

"Ini kegiatan kolaborasi lintas instansi dan organisasi, bendera raksasa ini akan dibawa ke atas bukit secara bertahap, karena memang medannya cukup terjal," ujarnya saat ditemui IDN Times.

Baca Juga: Pencinta Selam Bakal Kibarkan Bendera di Dasar Laut Teluk Lampung

1. Beri pesan khusus kepada masyarakat

Pengibaran bendera merah putih raksasa di Bukit Sepagoh pada 17 Agustus 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Diki melanjutkan, tim gabungan sengaja memilih Bukit Sepagoh sebagai lokasi pengibaran bendera merah putih raksasa dikenal memiliki medan pendakian cukup curang. Bukan tanpa alasan, tim ingin menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat.

"Biar kita merasakan, bagaimana para pendahulu mengibarkan bendera saja sangat sulit, mulai dari kesulitan untuk melawan intimidasi hingga kesulitan lainnya," imbuh dia.

Rencananya sebelum dibentangkan di tebing bukit, bendera raksasa tersebut lebih dulu dibawa ke puncak Bukit Sepagoh memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. "Kita pasang anchor poin, jadi bendera akan dibentangkan secara horizontal dan tim penerjun baru mengibarkan bendera dengan teknik repling," tambahnya.

2. Faktor cuaca menghadirkan tantangan tersendiri

Tim gabungan akan mengibarkan bendera merah putih raksasa ukuran panjang 25 meter dan lebar 12 meter di Bukit Sepagoh. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Selain keterjalan medan bukit, Diki juga menyebut, faktor cuaca turut memberikan tantangan tersendiri pada proses pengangkutan hingga pemasangan bendera raksasa tersebut. Oleh karenanya, ia pun berharap cuaca dapat bersahabat dengan salah satu kegiatan semarak kemerdekaan tersebut.

"Alhamdulilah hari ini cerah, kami memang mengharapkan cerah dengan kondisi angin tidak bertiup kencang, sehingga kegiatan berjalan lancar," ucapnya.

Baca Juga: Cerita Rendy Hogan, Anak Bhabimkabtimas Terpilih Paskibraka Istana

Berita Terkini Lainnya