TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BPBD Bandar Lampung Siap Salurkan Air Bersih di Musim Kering

BPBD catat Way Laga jadi paling sering kekeringan.

Ilustrasi Kekeringan (pixabay.com/Seaq68)

Intinya Sih...

  • BPBD Bandar Lampung siap salurkan bantuan air bersih untuk warga yang kekeringan di enam titik dalam sehari.
  • Bantuan air bersih sudah disalurkan sejak akhir Juli 2024 dan BPBD selalu siap membantu meskipun sudah turun hujan.
  • Wakhidi menekankan pentingnya koordinasi antara warga dan pihak pemangku setempat untuk melapor jika daerahnya mengalami kekeringan.

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandar Lampung siap menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang mengalami kekeringan.

Kepala BPBD Bandar Lampung, Wakhidi mengatakan, pihaknya bisa mendistribusikan bantuan air bersih di enam titik dalam sehari selama kekeringan di Bandar Lampung.

“Biasanya kita selalu distribusikan ke Kecamatan Sukabumi, di Way Laga, termasuk di Way Gubak dan di Campang Jaya. Yang pasti dalam sehari itu bisa enam titik kita salurkan bantuan air bersih. Kita jalan bersama Damkar, Pol PP, dan Dishub,” katanya.

1. Berlangsung dari Juli

Kepala Dinas BPBD Bandar Lampung, Wakhidi. (IDN Times/Muhaimin)

Wakhidi menyampaika, pihaknya sudah menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di Bandar Lampung sudah berlangsung sejak akhir Juli 2024. Meskipun sudah turun hujan, ia memastikan pihaknya akan selalu siap jika ada warga yang membutuhkan air.

“Bantuan ini sudah ada sejak akhir Juli hingga kemarau selesai. Namun ini seharusnya kemarau semalam malah hujan deras. Tapi prinsipnya, kita BPBD selalu siap setiap jika ada permintaan air bersih dari warga. Pasti kita salurkan,” tambahnya.

2. Siap siaga

Wakhidi menjelaskan dalam hal bantuan air bersih ini, ia juga menyampaikan pihaknya selalu siap siaga dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kita siap siaga untuk menyalurkan bantuan air bagi warga Bandar Lampung yang mengalami kekeringan," ujarnya.

3. Warga kekeringan silahkan lapor

Wakhidi juga menekankan pentingnya koordinasi antara warga dan pihak pemangku setempat untuk mengetahui di mana saja warga yang terdampak kekeringan akibat kemarau.

Untuk itu ia mengimbau diharapkan lapor jika daerahnya mengalami kekeringan sehingga pihaknya bisa mengirimkan bantuan air bersih.

“Di sini juga butuh adanya koordinasi masyarakat dengan RT dan lurah, lalu akan diteruskan ke camat juga. Jika ada kekeringan disarankan melapor. Kita selalu siap terkhusus kepentingan masyarakat. Pasti kami selalu siap,” pungkasnya.

Berita Terkini Lainnya