TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Hal Kecil Membuat Hubungan Jadi Langgeng, Setia Selamanya!

Menjaga kualitas yang menjadi kuncinya

Pixabay/thetruthpreneur

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apa membuat suatu hubungan jadi awet dan langgeng.

Untuk membuat hubungan kita bersama teman, keluarga, atau bahkan pasangan supaya bisa langgeng dan setia selamanya, itu bukan harta dan sebagainya, melainkan karena satu hal kecil ini.

Hal kecil ini bisa bikin hubungan jadi makin awet selamanya, berikut sederet tips bisa dilakukan.

1. Hadir sepenuhnya saat mereka bercerita

ilustrasi pasangan (pexels.com/Gary Barnes)

Hal kecil membuat suatu hubungan jadi langgeng adalah hadir sepenuhnya saat mereka bercerita. Saat teman, keluarga, atau pasangan lagi bercerita, posisikan diri ke dalam ceritanya, mendengarkan dengan seksama ceritanya sampai selesai dan memberi respons terbaik jika dimintai solusinya. 

Nah kalau begitu, cerita mereka akan merasa dihargai karena kita sepenuhnya hadir, yaitu mendengar dan menanggapinya dengan baik. Selain itu juga mereka jadi merasa lebih nyaman ngobrol sama kita karena kebijakan kita.

Baca Juga: 4 Cara Mengetahui Kejujuran Gebetan, Biar Gak Jadi Korban Ghosting

2. Mau diajak deep talk atau membahas hal penting

ilustrasi ngobrol (pexels.com/William Fortunato)

Terutama untuk orang-orang terdekat seperti keluarga dan pasangan, penting banget kalau mereka mau diajak deep talk atau membahas hal-hal penting. Salah satu membuat hubungan jadi langgeng yaitu jika keduanya selalu menyempatkan waktu untuk mengobrol lebih dalam. 

Membahas hal kecil seperti apa yang sudah dilakukan seharian, menanyakan kabar atau kondisi lainnya, hingga membahas hal besar seperti tujuan masa kini dan masa depan bersama. Jika kita bisa menjaga komunikasi secara bersama, pasti hubungan jadi lebih langgeng dan setia selamanya.

3. Minta maaf jika menyakitinya

ilustrasi meminta maaf (pexels.com/SHVETS production)

Maaf merupakan jurus ampuh dalam memperbaiki kesalahan dalam suatu hubungan. Jika punya kesalahan dan tak sengaja telah menyakiti teman, keluarga, atau pasangan, pentingnya untuk segera meminta maaf dengan tulus dari hati. 

Perlu diingat lagi, setiap hubungan tidak ada yang sempurna, pasti ada kalanya berselisih karena suatu hal. Untuk mengatasi perselisihan tersebut, baiknya renungkan diri atas perbuatan kita sebelum terjadinya perselisihan, dan segera meminta maaf. Itu karena minta maaf bisa menjaga hubungan tetap harmonis.

4. Terbuka terhadap pandangan orang lain

ilustrasi ngobrol (unsplash.com/Mimi Thian)

Salah satu hal yang membuat suatu  hubungan langgeng adalah selalu terbuka terhadap pandangan mereka. Setiap orang punya pandangannya sendiri, jadi, suatu perbedaan bukanlah hal merusak, melainkan hal bisa menyatukan satu sama lain.

Orang bisa menerima pandangan sekalipun berbeda dengannya, berarti ia menghargai pendapat orang tersebut. Ia tahu setiap manusia punya referensinya sendiri. Dengan adanya perbedaan, bisa menjaga hubungan jadi makin baik.

5. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang

ilustrasi bersama keluarga (pexels.com/Arina Krasnikova)

Agar hubungan tetap langgeng dan harmonis, sempatkan waktu luang untuk berkumpul bersama. Entah kumpul bersama teman, keluarga, atau pasangan kalian bisa menjaga tali hubungan tetap awet.

Menghabiskan waktu sama mereka dengan obrolan, atau main bersama, maka hubungan akan tetap langgeng selamanya. Kita masih berhubungan baik dengan mereka, sudah pastinya akan setia bersama selamanya

Baca Juga: 5 Words Of Affirmation Sehari-hari Jaga Kualitas Hubungan Sehat

Verified Writer

Gebialya

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya