TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Plus Minus jadi Orang Baik Suka Menolong, Kepedulianmu Dimanfaatin

Terlalu baik malah jadi celah orang memanfaatkan

ilustrasi bicara (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau bisa memilih menjadi orang jahat atau baik dalam hidup ini, kita pasti memilih untuk jadi orang baik. Namun pada kenyataannya menjadi orang baik pun serba salah, terutama kalau terlalu baik suka membantu orang lain. Kebaikanmu awalnya tulus dari hati malah terkadang tak dihargai dan dijadikan celah untuk bisa memanfaatkan. 

Itulah kenapa penting sekali untuk tahu plus minusnya menjadi baik, supaya gak terobsesi dan menjadi orang baik begitu saja. Di satu sisi mungkin membuatmu jadi dipandang baik dan disukai orang, tapi di sisi lain ada juga minusnya yaitu sebagai sasaran mereka ingin memanfaatkan.

Beberapa plus minusnya bisa disimak lebih jelas dalam pembahasan di bawah ini. 

1. Citramu terkenal baik

ilustrasi bicara (pexels.com/William Fortunato)

Sisi plusnya kalau menjadi orang baik suka membantu ialah personal branding mungkin terkenal positif dan baik di mata orang sekitar. Kebaikanmu sebenarnya membentuk branding diri mungkin bisa menguntungkan dirimu sendiri untuk hal-hal tertentu. Bahkan membuat orang gak percaya terhadap rumor dan gosip buruk tentangmu karena saking terkenal baiknya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kentara Teman Cowok Menyukaimu, Pernah Ngalamin?

2. Mudah disukai orang dan masuk circle mana saja

ilustrasi berkumpul (pexels.com/Kampus Production)

Percaya atau tidak, sering membantu orang lain sedikit banyaknya membentuk image dirimu jadi positive vibes, lho. Hal ini tentu menguntungkan dalam kehidupan sosialmu, dimana kamu jadi mudah disukai orang dan bisa masuk ke circle mana saja. Karena semua orang pasti senang kalau punya teman terkenal baik dan suka membantu. 

3. Orang-orang respek padamu

ilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sisi plus lainnya kalau suka bantu orang ialah membuat sebagian besar orang kamu temui jadi respek padamu. Terlepas dari kebaikan kecil atau besar kamu lakukan untuk orang lain, mereka respek atas usahamu yang tulus. Maka dari itu sebenarnya membuat orang lain menghormati dan menghargai keberadaanmu itu mudah, yakni jadilah orang baik. 

4. Kepedulianmu jadi kesempatan orang memanfaatkan

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Cottonbro)

Meskipun banyak orang respek dan menghormatimu, gak semuanya benar-benar tulus memandang kebaikanmu. Untuk sebagian orang justru kebaikanmu menjadi celah dan kesempatan bagi mereka untuk memanfaatkan. Memanfaatkan sifat baikmu yang suka membantu untuk keuntungannya sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Percintaan Tetap Romantis, Berani Coba?

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya