TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Harus Kamu Lakukan jika Takut Kehilangan Pasangan

Bukan malah posesif dan mengekangnya!

Ilustrasi pasangan(pexels.com/Katerina Holmes)

Gak ada satu orang pun di dunia ini ketika menjalin hubungan mau kehilangan pasangannya. Rasa takut kehilangan saat berhubungan sangatlah wajar.

Meskipun wajar, hal ini malah sering disalah artikan oleh orang-orang hingga maknanya jadi berubah. Kebanyakan orang justru menjadi toxic dan posesif ketika takut kehilangan pasangannya.

Padahal gak perlu sampai mengekang seperti itu. Apalagi, kalau takut kehilangan harusnya lima hal di bawah inilah mesti kamu lakukan.

1. Jaga baik perasaannya dengan sepenuh hati

Ilustrasi pasangan(pexels.com/Alex Green)

Kalau kamu memang takut kehilangan pasanganmu maka hal pertama mestinya kamu lakukan ialah menjaga baik-baik perasaannya sepenuh hati. Mulai dari berhati-hati berbicara agar tidak melukai ataupun menyinggung perasaannya.

Kamu juga harus menjaga sikap agar ia tidak tersakiti. Karena rasa takut kehilanganmu tak ada artinya jika selama berhubungan kamu sama sekali tak menjaga perasaannya dengan bertindak sesuka hati bukan mainan bisa diperlakukan seenaknya.

Baca Juga: Jangan Balikan jika Kamu dan Mantan Berada di 5 Kondisi Ini 

2. Hargai kepercayaan ia berikan padamu

Ilustrasi pasangan(pexels.com/Jonathan Borba)

Kemudian hal kedua harusnya kamu lakukan kalau takut kehilangan pasangan ialah menghargai kepercayaan ia berikan padamu. Karena kepercayaan itu mahal harganya, dan sulit untuk kembali percaya kalau kamu pernah mengecewakannya.

Sebab tanpa adanya kepercayaan maka hubungan pun diambang kehancuran, kamu juga harus terima jika dia memutuskan pergi dan siap-siaplah untuk kehilangannya. Jadi jaga baik-baik kepercayaannya selagi ia di sisimu, ya!

3. Jangan sembunyikan apapun dan jujurlah padanya

Ilustrasi diskusi(pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Kamu juga harusnya jangan menyembunyikan apapun dari dia dan jujur jika memang takut kehilangan dirinya yang kamu cintai. Terimalah dia sepenuhnya sebagai pasanganmu dengan membiarkannya masuk ke dalam hidupmu secara perlahan, dan caranya ya dengan keterbukaan.

Karena kalau sama-sama sayang mestinya tak ada yang harus dirahasiakan, bukan? Jujur juga bukan suatu hal sulit dilakukan jika itu untuk menjaga pasanganmu.

4. Dukung dirinya berkembang dan majulah bersamanya

Ilustrasi bicara(pexels.com/Mikhail Nilov)

Jadilah pasangan suportif dengan mendukung dirinya berkembang dan melangkah majulah bersamanya kalau kamu mencintainya dan takut kehilangannya. Karena lebih dari cinta, setiap orang membutuhkan sosok pasangan mau berkembang bersama.

Sebab bukan tak mungkin hubunganmu langgeng dan dia betah denganmu hingga kalian menikah. Pokoknya jangan membatasinya kalau mau dia betah di sisimu.

Baca Juga: 5 Hal Kecil Bisa Menyabotase Kepercayaan dalam Hubungan

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya