Comscore Tracker

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad

Kabid Humas Polda Lampung punya segudang prestasi

Bandar Lampung, IDN Times - Terinspirasi dari sosok ayahanda berprofesi sebagai polisi dan suka menolong orang lain hingga di akhir hidupnya memotivasi Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH. M.Si menjadi polisi.

Motivasi itu pelan tapi pasti dilakoninya hingga berhasil direngkuh. Bahkan saat ini, ia menduduki jabatan penting sebagai Kabid Humas Polda Lampung. Berikut cerita inspiratif Pandra sapaan akrab polisi ini saat diwawancara IDN Times di ruang kerjanya, Jumat (20/11/2020).

1. Meniti karier sebagai anggota Polri sejak 1996

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadKabid Humas Polda Lampung, Zahwani Pandra Arsyad memberikan keterangan kepada awak media usai konferensi pers di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung, Kamis (13/8/2020). (IDN Times/ Martin L Tobing)

Pandra mengatakan, sosok ayahnya menjadi panutan dalam mengarungi hidup. Bapak tiga putra ini ingin sekali membantu banyak orang seperti yang dilakukan oleh ayahnya semasa hidup.

“Mulai dari kakek, ayah sama om saya itu Polri jadi sehari-hari saya melihat kehidupan polisi yang harus bisa menjadi pembina, pengayom dan pelindung masyarakat. Saya masuk ke dunia polisi ini karena saya ingin sekali bisa menolong seperti ayah saya,” terangnya.

Peluang itu datang saat 1996 menjadi awal Pandra berkarier sebagai polisi. Ia mengikuti tes Polri melalui jalur sekolah perwira atau dahulu dikenal dengan sebutan Wamil. Pada saat mendaftar sebagai Polri, ia sudah menyelesaikan gelar sarjana hukum semasa kuliah.

2. Menjadi Abang None Jakarta dan pembawa acara

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadPandra Arsyad saat membacakan nominasi abang none Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Sebelum meniti karier sebagai anggota Polri, Pandra tak menyia-nyiakan bakatnya di dunia hiburan. Terbukti pada 1991 silam, ia menjadi Abang None mewakili wilayah Jakarta Timur.  Pada saat itu Pandra masih menjadi mahasiswa di Universitas Pancasila Jakarta.

Kemudian sejak 2011 hingga 2013 dipercaya sebagai pembawa acara membacakan nominasi Abang None Jakarta.  Pria kelahiran Semarang, 30 Mei 1970 itu menyatakan, banyak mendapatkan pengalaman serta wawasan luas saat menjadi Abang None Jakarta.

"Terutama, tentang bagaimana beradaptasi dengan orang lain. Menjadi abang none itu membuat saya mencintai budaya dan banyak menimba ilmu tentang keberagaman budaya yang ada di Jakarta,” jelasnya.

3. Mengenyam pendidikan reserse dan intelijen ke ke FBI

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadIDN Times/Istimewa

Tak hanya eksis di dunia hiburan, saat menjadi polisi Pandra juga menorehkan sederet prestasi membanggakan. Suami Ny Fitriani ini mendapat beasiswa Polri pendidikan S2 di Universitas Indonesia.

Selain itu, berkesempatan mendalami ilmu reserse dan intelijen lantaran Mabes Polri memberikan peluang kepada Pandra untuk belajar ke Federal Bureau of Investigation (FBI) di Amerika Serikat. Bahkan, 2004 lalu, ia kembali mendapat kesempatan belajar ilmu ekonomi di Hong Kong.

 

4. Gagas kegiatan sosial Jumat Berkah ajak anak panti asuhan nonton gratis ke bioskop

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadNonton bareng jumat berkah bersama anak panti asuhan di bioskop

Sesuai prinsipnya yang ingin terus berguna bagi orang lain. Setiap Jumat Pandra kerap menyisihkan rezekinya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Salah satunya adalah nonton bareng (nobar) Jumat Berkah bersama Zahwani Pandra Arsyad. Kegiatan nonton bareng itu sekaligus memberikan kesempatan bagi anak panti asuhan untuk nonton di bioskop.

“Saya lupa udah berapa panti karena nggak saya hitung. Yang jelas ya itu saya mau bantu para pelaku usaha kan banyak yang turun pendapatannya. Terus anak-anak panti juga bisa nonton film-film di bioskop tentunya dengan protokol kesehatan,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Pandra, setiap hari dia tertantang untuk bisa berbagi kebahagiaan kepada orang-orang di sekitarnya. Menurutnya, berbagi tidak hanya berbentuk materi, tapi membuat orang di sekitar merasa nyaman dan aman adalah hal yang selalu dia upayakan.

5. Hobi memerankan karakter orang lain saat bersama anak

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadKeluarga besar Pandra Arsyad (IDN Times/Istimewa)

Di waktu luang saat tidak sibuk bertugas, Pandra selalu menyempatkan liburan bersama keluarganya. Menurutnya, momen bersama keluarga menjadi paling utama. Biasanya dia menghabiskan waktu di Pulau Tegal atau mencicipi kuliner khas yang ada di Lampung ini.

Saat di rumah Pandra juga kerap melakukan guyonan untuk menghibur anak-anaknya. “Ya saya suka menirukan suara-suara gitu di depan anak-anak saya. Emang suka ngelawak-ngelawak gitu saya hobi bermain karakter,” ujarnya.

Bahkan saat menjabat Kapolres Meranti, dia juga sempat bermain film Garuda Super Hero. Menurutnya sebagai polisi ingin beradaptasi dengan berbagai pengalaman.

Selain itu dia juga sudah mempersiapkan masa-masa pensiunnya yang akan selesai sekitar 8 tahunan lagi. “Ya saya nanti kalau pensiun mau merambah dunia pariwisata karena saya memang minat di situ,” ujar Pandra.

6. Berpartisipasi donor darah 115 kali

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadKabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengikuti kegiatan donor darah. (Dok Polda Lampung).

Mengikuti kegiatan sosial donor darah bak sudah menjadi panggilan hidup Pandra. Tercatat, pria berusia 50 tahun ini sudah mendonorkan darahnya sebanyak 115 kali ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Dia mengaku semakin sehat dan tetap kuat meski sering mendonorkan darahnya. Tak hanya itu di usianya saat ini Pandra merasa dirinya tetap awet muda.

Terkait tips hidup sehat dan awet muda menurutnya rajin berolahraga dan berbagi kepada sesama. “Jangankan darah, kalau bisa nyawa saya, raga saya kalau itu untuk kemanusiaan saya siap. Karena semuanya saya serahkan kepada Allah,” ujarnya

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya