Comscore Tracker

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 Jam

Di agenda besar, bahkan ada vaksin dan vitamin gratis, lho!

Bandar Lampung, IDN Times - Kalau kamu punya peliharaan kucing atau pecinta kucing dan sering melakukan street feeding, pasti tahu betul biaya perawatan kesehatan di dokter hewan atau paling tidak konsultasinya saja.

Tapi apa jadinya kalau kamu bisa konsultasi dengan para ahli ini tanpa biaya sepeserpun? Ternyata di Komunitas Pecinta Kucing Lampung (Pecicilan) kamu bisa lakukan ini lho.

Pasalnya, tidak hanya pawrent dari masyarakat biasa saja, kamu bisa ketemu pakar-pakar kucing termasuk dokter hewan di komunitas ini!

1. Sejarah singkat

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 JamGathering Pecicilan. (Instagram/pecicilanofficial)

Ketua Komunitas Pecinta Kucing Lampung, Heri menyampaikan komunitas ini didirikan pertama kali 13 September 2013. Pecicilan hadir di Lampung sebagai wadah berbagi untuk para cat lovers Lampung.

Awalnya Pecicilan diinisiasi pertama kali oleh tiga orang pecinta kucing yang memang senang berkumpul untuk bersilahturahmi dan membicarakan segala hal terkait kucing. Hingga akhirnya anggota semakin banyak dan mereka akhirnya membentuk struktur organisasi formal.

“Sebelum saya jadi ketua, sudah ada sekitar 7 kali pergantian ketua. Kami sebenarnya komunitas santai ya, tapi kami juga banyak diskusi, atau bahasanya sharing lah tentang keluhan pawrent tentang kucingnya dan alhamdulillah akhirnya ada dokter hewan yang join ke komunitas kami,” ujarnya, Selasa (9/8/2022).

2. Konsultasi gratis 24 jam

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 JamGathering Akbar Pecicilan. (Instagram/pecicilanofficial)

Untuk join di Pecicilan, tidak muluk-muluk kata Heri, yang terpenting adalah menyayangi kucing. Hal itu dikarenakan komunitas ini berangkat dari hobi yang sama dan Pecicilan adalah lembaga nonprofit. Sehingga harapannya bisa menjadi wadah hobi masyarakat untuk bisa mengenal dan berteman dengan pecinta kucing lainnya.

“Jadi kalau ada pecinta kucing ayolah join ke komunitas kami, karena kalau konsul ke dokter hewan langsung kan bayar lumayan mahal. Kalau di komunitas ini bebas 24 jam bakal ada dokter yang membalas,” ujarnya.

Untuk saat ini, Heri menambahkan ada sekitar 200-300 anggota aktif tergabung dalam Komunitas Pecinta Kucing Lampung. Namun anggota lain misalnya di grup Facebook dan lainnya itu sudah mencapai angka ribuan.

Baca Juga: 8 Kucing Asli Indonesia, Gak Kalah Lucu dari Kucing Ras!

3. Tak hanya mengayomi pecinta kucing ras

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 JamIlustrasi kucing rumahan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Heri memandang, saat ini masih banyak orang-orang berpikir komunitas kucing termasuk Pecicilan adalah komunitas hanya boleh dimasuki pawrent pemilik kucing ras saja.

“Padahal visi kami menyatukan semua cat lovers di Lampung baik itu bersifat nonpet atau pet, atau bahkan kucing kampung yang sebagian bagi besar orang mungkin agak kurang diminati itupun bisa. Kita gak membatasi pecinta kucing ini hanya di kucing ras saja,” jelasnya.

Meski secara struktur mungkin komunitas ini hanya menampung pecinta kucing di Lampung saja. Namun tak menutup diri juga untuk pecinta kucing luar daerah untuk bergabung dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Pecicilan.

4. Kegiatan Pecicilan

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 JamGathering Pecicilan. (Instagram/pecicilanofficial)

Pasca pandemik COVID-19, Heri mengatakan kegiatan gathering offline kini diadakan kembali. Pertemuan ini dilakukan bisa tiap bulan atau tiap minggu, tergantung kondisi dan situasi.

“Kita lebih sering gathering di Taman Gajah, karena gak perlu biaya. Jadi kita pengin ketemu sesama kucing itu dengan senang tanpa harus memikirkn bayar ini dan itu. Selain Taman Gajah kami juga suka pindah-pindah lokasi seperti di PKOR, atau Unila biar enggak bosan,” imbuhnya.

Selain itu juga ada catshow, lalu gathering akbar yang diadakan setahun sekali mendekati catshow. Di gathering akbar tersebut mereka menggandeng dokter hewan karena akan ada pemberian vitamin gratis, suntik rabies gratis, dan konsultas.

“Pas sebelum COVID-19 itu kami juga ada street feeding. Biasanya kita tentukan lokasinya itu berbeda-beda tiap minggunya. Kemungkinan kita teruskan kegiatan ini lagi,” tambahnya.

5. Cat show sebagai ajang besar Pecicilan

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 JamCat Show Pecicilan. (Instagram/pecicilanofficial)

Heri menyempaikan. anual event tiap tahun paling dinanti dari Pecicilan adalah cat show. Dengan tema berbeda-beda tiap tahun, panitia penyelenggara akan memberikan tema sesuai dengan apa yang sedang in di tahun tersebut.

“Dengan adanya cat show ini, harapan kami pemeliharaan kucing itu bisa lebih baik lagi. Orang-orang itu bisa melihat bahwa ternyata kucing domestik itu bisa menang loh. Punya kucing kampung dan dibawa ke acara show ternyata ga malu loh, kucing kampung kalau dirawat ternyata bisa berkembang,” paparnya.

Bahkan, acara cat show Pecicilan terkenal sampai luar daerah Lampung. Karena tak hanya peserta dari Lampung saja, peserta dari Palembang dan daerah lain juga ada.

6. Rencana podcast tahun ini

Komunitas Pecinta Kucing Lampung Ada Layanan Konsul Gratis 24 JamGathering Pecicilan. (Instagram/pecicilanofficial)

Heri juga berharap, rencana Podcast komunitas ini bisa terealisasi tahun ini. Ia sangat berharap Pecicilan bisa punya ruang berbagi tak hanya untuk dalam komunitas sendiri tapi juga di luar itu.

“Misalnya nanti kita ada tanya jawab atau diskusi dengan para alhi. Pokoknya kita sharing tapi mengedukasi para cat lovers. Insya Allah tahun ini semoga bisa. Karena kita tuh pengin kita gak hanya sekadar kumpul aja, tapi juga bisa memberikan manfaat pada orang lain,” katanya.

Saat ini mereka juga sedang membangun kolaborasi dengan lembaga pemerintahan agar menjadi komunitas yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Kucing Kesayanganmu Suka Spraying? Ini Cara Mengatasinya

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya