Comscore Tracker

Melongok Pemilihan Duta ITERA 2021, Jadi Generasi Menginspirasi

Diperlukan sosok dapat merepresentasikan ITERA

Bandar Lampung, IDN Times - Veronica Indah Puspa H mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Arjuna Bahran Karani (Teknik Biomedik) resmi terpilih sebagai Duta ITERA Tahun 2021.

Sementara Gracia Rismauli Silaban (Teknik Geologi) dan Virya Pasya Aditya (Sains Aktuaria) sebagai 1st Runner Up. Selain itu, Rara Fitra Oktora (Teknik Kimia) dan Joshua Geraldin (Teknik Pertambangan) sebagai 2nd Runner Up.

Pemilihan duta ITERA dilaksanakan di Auditorium Museum Lampung akhir pekan lalu. Berikut IDN Times rangkum ceritanya.

Baca Juga: Panen Budidaya Madu, ITERA Jadi Percontohan Pertama di Lampung

1. Diharapkan jadi generasi menginspirasi

Melongok Pemilihan Duta ITERA 2021, Jadi Generasi MenginspirasiAjang Duta ITERA 2021 memilih sosok generasi menginspirasi. (IDN Times/Istimewa).

Pembina Duta ITERA 2021, Arif Setiajaya menjelaskan, pemilihan Duta ITERA menjadi upaya pemilihan brand ambassador untuk mewakili ITERA di tingkat nasional hingga internasional. Mengusung tema The Majestic Era of Sumatera, diharapkan Duta ITERA 2021 akan memberikan pengaruh positif kepada masyarakat umumnya dan sivitas akademika ITERA sebagai generasi menginspirasi.

“Diperlukan sosok yang dapat merepresentasikan ITERA, sebagai perguruan tinggi yang senantiasa berkomitmen untuk menghasilkan generasi emas Indonesia. Saya berharap ajang Duta ITERA ini menjadi wadah penting disetiap tahunnya dalam mencari putera-puteri hebat yang dapat menginspirasi banyak orang,” ujarnya, Selasa (16/11/2021).

Arif menambahkan, 30 finalis berpartisipasi ajang ini merupakan pemenang bagi dirinya sendiri karena telah berjuang sampai babak final. “Ajang Duta ITERA ini menjadi wadah penting disetiap tahunnya dalam mencari putera-puteri hebat yang dapat menginspirasi banyak orang,” katanya.

2. Ada 30 finalis

Melongok Pemilihan Duta ITERA 2021, Jadi Generasi MenginspirasiAjang Duta ITERA 2021 memilih sosok generasi menginspirasi. (IDN Times/Istimewa).

Ketua Pelaksana Duta ITERA 2021, Muhammad Hafiz Anandirza menyatakan, 30 finalis Duta ITERA 2021 merupakan orang-orang hebat dengan beragam inspirasi serta inovasi untuk membangun ITERA dan Sumatera lebih baik lagi.

“Apalah arti sebuah mahkota tanpa kepala yang menopangnya dan apalah arti sebuah selempang tanpa hati yang menerimanya,” ujarnya.

Kegiatan ini imbuhnya, melibatkan 7 Make Up Artist (MUA) dan desainer Lampung sebagai pendukung para finalis dari segi tata rias dan tata busana. Konsep utama yang diusung antara lain modis dan kekinian, namun tetap bercirikan etnik Lampung.

3. Tiga besar wawancara bahasa Inggris

Melongok Pemilihan Duta ITERA 2021, Jadi Generasi MenginspirasiAjang Duta ITERA 2021 memilih sosok generasi menginspirasi. (IDN Times/Istimewa).

Menentukan pemenang, ajang ini melibatkan 8 juri berkompeten di bidangnya yang berwenang menyeleksi para finalis. Mekanismenya, penyeleksian antara lain 8 besar, 5 besar, dan 3 besar.

Lalu dilakukan wawancara menggunakan Bahasa Inggris terhadap finalis tiga besar untuk melihat kemampuan serta potensi yang dimiliki, serta sebagai upaya memantaskan diri untuk menjadi Duta ITERA 2021.

Setelah dilakukan penyeleksian dengan berbagai sistem, terpilih Aninda Agustia A (Teknik Informatika) dan Rereyn Mordekhai H (Teknik Sipil) sebagai Duta Favorit ITERA 2021. Terpilih juga Najwa Muthmainnah (Teknik Industri) dan M Lesta Alfa Rizq (Perencanaan Wilayah dan Kota) sebagai Duta Berbakat ITERA 2021, serta Adella Kusuma B. (Sains Aktuaria) dan Ezzat Tarekh Dulsari (Teknik Kimia) sebagai Duta Intelegensia ITERA 2021.

“Kalian luar biasa karena telah berada di titik ini. Walaupun ada yang tidak menjadi juara, kalian telah menjadi inspirasi serta representasi dari ITERA sehingga momen ini akan dikenang selama hidup. Saya harap Duta ITERA 2021 dapat bertanggung jawab, rendah hati, serta tetap membangun interaksi yang baik antar sesama sivitas akademika ITERA.” pesan Duta ITERA 2020 Keren Natalia.

Baca Juga: Aplikasi Smagle Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Artikel Ilmiah Nasional

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya