Comscore Tracker

Profil Pandu Kesuma Dewangsa, Wabup Lamsel Lulusan Sarjana Perpustakaan

Keturunan dari Keratuan Darah Putih Radin Inten II

Lampung Selatan, IDN Times - Pandu Kesuma Dewangsa adalah Wakil Bupati Lampung Selatan periode 2021-2026, berpasangan dengan Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto. Sebagai putra daerah kebanggaan Lampung, ia berkeinginan untuk mengabdi membangun tanah kelahirannya.

Pria kelahiran 30 Juli 1988 ini menyelesaikan masa sekolahnya di kota Bandar Lampung. Kemudian ia hijrah ke Bandung, tepatnya di Universitas Padjadjaran, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana mengambil jurusan Ilmu Perpustakaan.

Berikut sekilas profilnya IDN Times rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKM

1. Mengikuti jejak sang ayah, terjun ke dunia politik

Profil Pandu Kesuma Dewangsa, Wabup Lamsel Lulusan Sarjana PerpustakaanWakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa. (instagram.com/pandu_kesumadewangsa).

Selepas mengantongi gelar sarjana, Pandu sempat mencicipi dunia bisnis mendirikan perusahaan bernama CV Pandawa di tahun 2012. Belum puas sampai di situ, ia mengikuti jejak sang ayah, Muhar Gusti, yang seorang politikus, yaitu Dewan Pakar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Lampung.

Anak sulung dari tiga bersaudara ini betul-betul memanfaatkan kesempatan yang diperolehnya untuk belajar politik dari sumbernya langsung. Siapa lagi jika bukan dari ayahnya, yang mentor politik pribadinya.

Melalui PPP, Pandu terpilih menjadi anggota legislatif DPRD Kota Bandar Lampung masa bakti 2014-2019. Kemudian terpilih lagi di periode berikutnya, yakni masa bakti 2019-2024.

Selama menjadi wakil rakyat, Pandu Kesuma Dewangsa selalu mengasah kemampuan politiknya, juga terus belajar meningkatkan pemahaman tentang pemerintahan dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain menjadi wakil rakyat, Pandu juga aktif berkontribusi di berbagai organisasi kepemudaan dan profesional. Di antaranya menjadi Ketua Umum DPC ASPEKNAS Kota Bandar Lampung (2014-2019), Bendahara Umum BPD HIPMI Lampung (2014-2017), dan Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kepemudaan Partai Persatuan Pembangunan Lampung (2016-2020).

2. Dipinang untuk menyukseskan Pilkada 2020

Profil Pandu Kesuma Dewangsa, Wabup Lamsel Lulusan Sarjana PerpustakaanWakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa. (instagram.com/pandu_kesumadewangsa).

Berbekal pengalaman di politik dan organisasi, Pandu dipinang Nanang Ermanto untuk maju bersama di Pilkada 2020 Kabupaten Lampung Selatan. Mereka mencalonkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan, menjadi pemimpin kabupaten berjuluk Khagom Mufakat.

Pandu Kesuma Dewangsa menerima pinangan ini. Terlahir sebagai keturunan dari Keratuan Darah Putih (leluhur Radin Inten II, Pahlawan Nasional dari Lampung), ia merasa terpanggil untuk melanjutkan pengabdian di kampung halamannya.

Duet pasangan ini memenangkan kontestasi Pilkada serentak 2020 dan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan periode 2021-2026.

3. Janji pada masyarakat Lampung Selatan

Profil Pandu Kesuma Dewangsa, Wabup Lamsel Lulusan Sarjana PerpustakaanWakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa. (instagram.com/pandu_kesumadewangsa).

Pasangan ini dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan 26 Februari 2021. Pelantikan ini dilakukan Gubernur Arinal Djunaidi di Balai Keratun , Lampung.

Pascadilantik, Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa menyampaikan visi mereka untuk mewujudkan masyarakat Lampung Selatan yang berintegritas, maju, dan sejahtera, dengan semangat gotong royong. Mereka berjanji untuk merealisasikan program-program kerja unggulan untuk menjadikan Lampung Selatan sebagai daerah termaju di Provinsi Lampung.

Pandu Kesuma Dewangsa adalah seorang tokoh muda yang dapat menginspirasi generasi muda Indonesia lainnya. Tidak ada yang tidak mungkin. Selagi masih muda, terus asah potensi dan pantang menyerah untuk belajar hal yang baru. Pintu kesempatan akan selalu terbuka untuk orang-orang yang bekerja keras. Bagaimana pendapatmu setelah membaca profilnya?

Baca Juga: Profil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Masa Kecil Nakal

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya