TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Menandakan Harus Keluar dari Zona Nyaman

Kehidupan terasa hambar dan tidak bermakna

ilustrasi bekerja (pexels.com/Antoni Shkraba)

Intinya Sih...

  • Kehidupan stagnan bisa jadi tanda harus keluar dari zona nyaman
  • Perasaan terjebak dalam rutinitas monoton dan penurunan motivasi adalah pertanda penting
  • Tidak tahu cara mengasah keterampilan, kehilangan daya saing, serta tidak puas atas pencapaian hidup merupakan tanda lainnya

Menikmati zona nyaman memang menyenangkan. Kita tidak harus berusaha payah menyelesaikan tantangan. Namun menjalani hidup dengan cara seperti ini juga bukan pilihan yang baik karena tidak menutup kemungkinan kehidupan akan berjalan stagnan.

Entah disadari atau tidak, ternyata beberapa hal menandakan kita harus keluar dari zona nyaman. Saatnya mencari pengalaman serta wawasan baru untuk selanjutnya membangun kehidupan yang lebih berkualitas. Sudahkah kamu menyadari kelima tanda ini?

1. Merasa terjebak dalam rutinitas monoton

Keluar dari zona nyaman memang tidak mudah. Kita harus menantang diri untuk melewati sejumlah fase adaptasi. Tapi memutuskan bertahan di dalam zona nyaman juga bukan pilihan yang tepat. Apalagi sudah merasakan beberapa tanda kehidupan hanya jalan di tempat.

Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah perasaan terjebak dalam rutinitas monoton. Kamu merasa kegiatan sehari-hari tidak ada artinya. Bahkan mengalami penurunan motivasi dari waktu ke waktu. Jika terus seperti ini, akan terjebak dalam suasana jenuh.

2. Tidak tahu cara untuk mengasah keterampilan

Sebenarnya beberapa hal menjadi tanda agar kita segera keluar dari zona nyaman. Namun dalam menjalani hidup, seringkali menjadi sosok individu yang bandel. Seolah menutup mata atas tanda-tanda yang sebenarnya sudah bisa dicermati secara langsung. Kira-kira, apa saja tanda itu?

Salah satunya tidak tahu cara untuk mengasah keterampilan. Bakat dan potensi diri tidak pernah berkembang secara optimal. Bahkan cenderung tidak mengetahui letak sisi keunggulan diri. Padahal bakat dan potensi penting untuk mendukung keberhasilan dalam jangka panjang.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Mengubah Rasa Iri Menjadi Sumber Motivasi Positif

3. Tidak ada catatan kemajuan sama sekali dalam hidup

Menjalani hidup bukan hanya melangkah pada jalan yang monoton. Tapi kita harus memiliki catatan kemajuan secara pasti. Mulai dari pencapaian dalam tahapan kecil, sampai keberhasilan dalam lingkup luas.

Ternyata beberapa hal yang ditandai harus keluar dari zona nyaman. Tidak ada catatan kemajuan termasuk salah satunya. Kita harus sadar melakukan evaluasi dan menetapkan sejumlah langkah perbaikan. Atau mungkin mengubah strategi yang diterapkan agar lebih efektif.

4. Kehilangan daya saing di tengah lingkungan

Adakalanya kita terjebak di tengah lingkungan kompetitif. Persaingan menjadi budaya dan mendominasi. Menghadapi situasi demikian, tentu harus mengambil langkah tepat. Bukan sekadar pasrah dan diam tanpa melakukan upaya apapun.

Kehilangan daya saing di tengah lingkungan termasuk tanda bahwa kita harus segera keluar dari zona nyaman. Kita harus segera menantang diri untuk mempelajari keterampilan-keterampilan baru. Sekaligus meningkatkan kualitas agar tidak tenggelam oleh arus persaingan yang deras.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya